Home Business Lewat Campaign #ForChange, Elizabeth Dukung Pelestarian Air Bersih di NTT

Lewat Campaign #ForChange, Elizabeth Dukung Pelestarian Air Bersih di NTT

elizabeth hanjaya campaign program sosial pelestarian air bersih nusa tenggara timur ntt
Program pelestarian air bersih di NTT | Foto: Dok. Campaign

Highlight.ID – Situasi krisis air di Indonesia semakin memprihatinkan. Salah satu desa yang terdampak parah adalah Desa Golo Ketak, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). Dengan populasi sekitar 1.500 penduduk, desa ini menghadapi  tantangan besar dalam memperoleh air bersih yang memadai. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, penduduk desa harus berjalan kaki 3 sampai 4 kali sehari untuk  menimba 10 hingga 30 liter air bersih dan membawanya kembali pulang. Selama musim  kemarau, mereka terpaksa mengandalkan air kotor dari sungai sebagai sumber air minum yang menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti diare.

Seorang petani di Golo Ketak, Dorotea, hanya pasrah mengharapkan air bersih. “Kami  sudah bersusah payah mencari air bersih, tapi tetap saja sulit didapat. Bahkan, selama musim hujan, sumber air terkontaminasi. Harapan kami di tahun 2023 adalah punya akses yang lebih baik untuk mendapatkan air bersih,” ungkapnya.

Melihat kondisi miris ini, PT Elizabeth Hanjaya, sebuah brand lokal indonesia yang bergerak di industri fashion sejak tahun 1963, berkolaborasi dengan Solar Chapter, organisasi nirlaba terdaftar di Indonesia dan Amerika Serikat yang peduli pada masyarakat kurang beruntung. Kolaborasi tersebut meluncurkan kampanye #WaterForGoloKetak di aplikasi Campaign #ForChange untuk membantu pelestarian air bersih di NTT.

elizabeth hanjaya campaign program sosial pelestarian air bersih nusa tenggara timur ntt
Program pelestarian air bersih di NTT | Foto: Dok. Campaign

Kampanye ini mengajak publik untuk berpartisipasi dalam tantangan sosial di aplikasi Campaign #ForChange. Caranya mudah, cukup dengan mengunduh aplikasi Campaign #ForChange di App Store atau Google Play, mendaftar, dan mencari #WaterForGoloKetak  serta mengikuti instruksi yang diberikan. Bagi pengguna aplikasi yang berada di Indonesia, ubah pengaturan region dari Indonesia menjadi global. Setiap tantangan yang  berhasil diselesaikan akan membuka donasi sebesar $6 atau sekitar Rp90.000 untuk  membiayai pembangunan pipa yang akan menghubungkan sumber air ke desa melalui  waduk.

Vice President Solar Chapter Seattle, Madelyn, menyampaikan, “Akses terhadap air bersih merupakan masalah mendesak dan serius yang membutuhkan perhatian dan tindakan  cepat. Kolaborasi ini memberikan kesempatan tak hanya untuk meningkatkan kesadaran  di komunitas kami, tetapi juga memberikan bantuan nyata.”

Senada dengan Madelyn, Head of Design PT Elizabeth, Vernalyn Subali, menilai kerja sama dengan Solar Chapter merupakan sebuah inovasi yang dapat menumbuhkan  kesadaran tentang air bersih bagi masyarakat. “Teknologi aplikasi memudahkan kami  melakukan kegiatan sosial, seperti yang dilakukan oleh Solar Chapter dan Campaign.  Sesuatu yang interaktif dan menyenangkan, sambil membantu orang-orang yang  membutuhkan. Itulah salah satu alasan mengapa Elizabeth memilih untuk mendukung  kampanye ini,” ungkapnya.

Communications Manager Campaign, Laras Sabila Putri, juga menambahkan, “Campaign  berkomitmen untuk memperluas jaringan agar dapat menjangkau masyarakat dari  seluruh penjuru dunia. Kampanye daring seperti ini memungkinkan kita saling bantu  membantu tanpa batasan, termasuk jarak dan waktu. Kami berharap kampanye yang  dilakukan oleh warga Amerika Serikat ini akan memberikan dampak yang luas, khususnya  masyarakat desa Golo Ketak.”

Sebagai upaya menghadapi krisis air di Indonesia, kolaborasi ini menjadi contoh nyata  bagaimana sebuah brand lokal dan organisasi nirlaba dapat bersatu untuk membantu masyarakat. Kampanye #WaterForGoloKetak diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam pelestarian air bersih di NTT serta menginspirasi inisiatif serupa di seluruh Indonesia.