Home Business Lewat Cekfintech.id, Masyarakat Bisa Ketahui Legalitas Pinjaman Online

Lewat Cekfintech.id, Masyarakat Bisa Ketahui Legalitas Pinjaman Online

AFTECH bersama Pemerintah resmi meluncurkan website cekfintech.id
Ilustrasi | Foto: Unsplash.com/John Schnobrich

Highlight.ID – Bank Indonesia bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH), Asosiasi Fintech Syariah Indonesia (AFSI), dan Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) menyelenggarakan Bulan Fintech Nasional (BFN) & Indonesia Fintech Summit 2021. Acara yang berlangsung mulai 11 November hingga 12 Desember 2021 ini menghadirkan serangkaian acara yang diisi oleh sejumlah pakar di bidang keuangan.

Pada Upacara Pembukaan yang dilakukan secara digital, Filianingsih Hendarta selaku Asisten Gubernur & Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia mengatakan, “Kegiatan BFN 2021 pada tanggal 11 November ini sekaligus menjadi tanggal bersejarah dengan penetapan sebagai Hari Fintech Nasional yang merepresentasikan kolaborasi nyata antara pemerintah, regulator, industri fintech, dan juga seluruh stakeholders dalam mengembangkan ekosistem ekonomi keuangan digital nasional yang lebih inovatif, inklusif, berdaya saing. Ke depan, sinergi fintech dan lembaga keuangan lain dapat menjadi motor percepatan pemulihan ekonomi nasional.”

Baca Juga: BFN & Indonesia Fintech Summit 2021 Kembangkan Ekosistem Keuangan Digital

AFTECH bersama Pemerintah resmi meluncurkan website cekfintech.id
Filianingsih Hendarta selaku Asisten Gubernur & Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia | Foto: Tangkapan layar

“Sinergi dan kolaborasi seluruh pemangku kepentingan dalam EKD (ekonomi keuangan digital) merupakan keniscayaan. Regulator juga harus melihat kembali, mereformasi dirinya menghadapi situasi yang cepat berubah. Apalagi kita tahu karakteristik digitalisasi semakin mengaburkan batas kewenangan antara otoritas dan ini juga mengubah struktur ekonomi keuangan. Bagi pelaku fintech sendiri, kolaborasi dan sinergi ini merupakan opsi dan strategi dalam menghadapi siklus inovasi yang semakin cepat serta tuntutan konsumen yang semakin dinamis,” jelasnya.

“Tidak hanya di sektor keuangan, kolaborasi digital juga bisa dimanfaatkan oleh berbagai sendi kehidupan. Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025 merupakan jawaban Bank Indonesia dalam menavigasi industri sistem pembayaran di era digital termasuk hadirnya fintech sebagai pelaku baru,” Filianingsih menambahkan.

Menurut Filianingsih, setiap kesempatan ada risiko. “Tuntutan terbesar adalah menakar kebijakan secara tepat sehingga digitalisasi ini mampu memberikan manfaat yang optimal dan berkelanjutan bagi inklusi keuangan tetapi juga sanggup memitigasi risiko. Oleh karena itu, trust and integrity menjadi hal yang utama. Perkembangan industri fintech yang sangat impresif dalam 3 tahun ini merupakan bukti bahwa industri fintech dapat diterima masyarakat.”

Pada kesempatan yang sama, AFTECH bersama Pemerintah secara resmi meluncurkan website cekfintech.id. “Hal ini merupakan bentuk komitmen asosiasi dalam mendukung upaya memberantas maraknya pinjaman online (pinjol) yang ilegal,” Filianingsih menambahkan.

“Melalui situs ini, masyarakat dapat mengetahui legalitas penyedia pinjol dan menampilkan daftar penyelenggara fintech dengan status tercatat, terdaftar maupun berizin dari regulator dan pemerintah. Hal ini tentu akan memberikan manfaat besar bagi masyarakat dan bisa memperoleh informasi yang akurat dan terpercaya,” kata Filianingsih.