Home Arts Lomba Foto Terbaru dari Kemenpar, Promosikan Pariwisata Berkelanjutan

Lomba Foto Terbaru dari Kemenpar, Promosikan Pariwisata Berkelanjutan

lomba kontes kompetisi fotografi kementrian pariwisata terbaru paling update hadiah pemenang syarat mengikuti kriteria juri hadiah siapa berapa instagram
unsplash.com

Highlight.ID – Pariwisata berkelanjutan (sustainable tourism) menjadi pusat perhatian Kementrian Pariwisata (Kemenpar). Hal itu sesuai dengan Peraturan Menteri Pariwisata No. 14 Tahun 2016 tentang “Pedoman Destinasi Pariwisata Berkelanjutan”. Untuk mempromosikan pariwisata berkelanjutan kepada masyarakat luas, Kemenpar menggelar kompetisi foto lewat Indonesia Sustainable Tourism Photo Competition (ISTPC).

Lomba foto ini diselenggarakan pada 17 September hingga 28 Oktober 2018 dengan mengangkat tema “Kearifan Lokal untuk Pariwisata Berkelanjutan” atau “Local Wisdom for Indonesia Sustainable Tourism”.




Arief Yahya, Menteri Pariwisata mengatakan, “Kompetisi tersebut ditujukan untuk umum perorangan. Kompetisi digunakan sebagai alat untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat, serta untuk mengenalkan dan memberi pemahaman lebih lanjut mengenai pariwisata berkelanjutan di Indonesia”.

“ISTPC diadakan melalui Instagram @Indtravel. Peserta kompetisi harus meng-upload foto yang menggambarkan unsur ECE (environment, community, economy) sebagai unsur utama dari pariwisata berkelanjutan,” tambah Arief.

Baca juga:

Valerina Daniel, Tenaga Ahli Menteri Pariwisata Bidang Pembangunan Pariwisata Berkelanjutan mengatakan bahwa kompetisi bertujuan untuk mempromosikan tempat-tempat wisata di Indonesia terutama yang mengacu pada prinsip-prinsip pariwisata berkelanjutan.

“Diharapkan kompetisi ini menghasilkan user-generated content yang menggambarkan prinsip-prinsip pariwisata berkelanjutan dan akhirnya meningkatkan citra Indonesia sebagai destinasi wisata berkelanjutan dunia,” jelasnya lagi.

Syarat dan Kriteria Mengikuti Lomba

Menurut valerina, peserta memiliki kesempatan menang karena dapat mengirimkan karya baru setiap minggunya. Bagi peserta yang tidak menang dalam kompetisi pada minggu sebelumnya dapat kembali mengikuti lomba pada minggu berikutnya. Syaratnya, foto yang akan dikirimkan harus baru, bukan foto yang pernah diukutsertakan pada lomba.

Selanjutnya, peserta harus melengkapi formulir registrasi yang tersedia di indonesia.travel untuk bisa mengikuti lomba. Lalu, peserta wajib mengunggah foto dalam bentuk file digital format JPG dengan sisi terpanjang 1024 pixels dan resolusi gambar minimum 300 dpi.


Valerina menambahkan, “Foto yang telah didaftarkan harus di-upload ke akun Instagram peserta. Lalu tag dan mention @Indtravel. Jelaskan di caption ketiga aspek sustainable tourism dari foto tersebut. Jangan lupa beri hashtag #sustainabletourismindonesia, #ISTPC2018, dan #WonderfulIndonesia”.

Adapun syarat dan peraturan ISTPC selengkapnya yaitu:

  1. Peserta harus berusia lebih dari 18 tahun dan memiliki paspor aktif
    2. Kompetisi berlangsung selama 6 minggu, mulai 17 September 2018 jam 00:00 (GMT+7) dan berakhir pada 28 Oktober 2018 pukul 23:59 (GMT+7)
    3. Foto yang dikirimkan menjelaskan pariwisata berkelanjutan Indonesia dengan tema: “Local Wisdom for Sustainable Tourism”
    4. Foto harus mencerminkan “Environment, Community, and Economy”
    5. Mengisi formulir registrasi di https://www.indonesia.travel/gb/en/photo-competition-form dan meng-upload foto dengan format JPG dan sisi terpanjang setidaknya 1024 pixels serta minimum resolusi 300 dpi
    6. Mengu-upload foto yang telah dikirim di akun Instagram pribadi dengan tag dan mention @Indtravel, menyusun caption yang menarik tentang pariwisata berkelanjutan di Indonesia, dan menyertakan hashtags: #sustainabletourismindonesia #ISTPC2018 #WonderfulIndonesia.
    7. Mem-folow akun @Indtravel di Instagram

Foto yang dikirim haruslah karya original peserta dan bukan hasil rekayasa digital atau karya reproduksi. Selain itu, foto tidak menampilkan segala bentuk signature, logo atau watermark.

Valerina menjelaskan lagi, “Seluruh foto yang diunggah oleh peserta untuk kepentingan kompetisi akan menjadi hak milik Kemenpar. Karenanya, Kemenpar berhak menggunakan foto tersebut untuk publikasi dan kegunaan lain dengan menyertakan nama fotografer foto tersebut”.

Selanjutnya, akan dipilih 6 pemenang yang berhak mendapatkan hadiah berupa perjalanan wisata yang menyenangkan di Bali dan Labuan Bajo. Pemenang diumumkan setiap minggu selama periode lomba berlangsung. Selanjutnya, hadiah diberikan pada malam penganugerahan Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) 2018 di Bali pada 8 Oktober 2018.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here