Home Arts Lomba Perancang Mode (LPM) 2021 Usung Tema “Esensi Indonesiana”

Lomba Perancang Mode (LPM) 2021 Usung Tema “Esensi Indonesiana”

Jakarta Fashion Week (JFW) 2022 menghadirkan Lomba Perancang Mode (LPM)
Jakarta Fashion Week (JFW) 2022 menghadirkan Lomba Perancang Mode (LPM) | Foto: Dok. JFW

Highlight.ID – Akan diselenggarakan selama empat hari, mulai dari 25 hingga 28 November 2021, Jakarta Fashion Week 2022 hadir secara virtual site di JFW.tv dan YouTube Jakarta Fashion Week, dengan “Excellence in Disruption” menjadi tema besar kampanye JFW 2022.

Rangkaian acara disiapkan JFW untuk mendukung perkembangan dunia mode di Indonesia, salah satunya melalui Lomba Perancang Mode (LPM). Sejak diselenggarakan pada tahun 1979, LPM telah melahirkan nama-nama besar di industri mode Indonesia—dari Samuel Wattimena, Itang Yunasz, Denny Wirawan, Hian Tjen, Albert Yanuar, Friederich Herman hingga Lulu Lutfi Labibi—dan menjadi wadah bagi para desainer muda untuk mengasah diri dan mendapat kesempatan berkembang lebih luas.

Hadir sebagai bagian dari Jakarta Fashion Week setiap dua tahun, tahun ini Lomba Perancang Mode kembali diadakan untuk menampilkan fashion designer muda berbakat dari seluruh Indonesia. Tema “Esensi Indonesiana” pun dipilih dan menantang para peserta menerjemahkan gaya baru dalam desain kontemporer tentang Indonesia di masa sekarang, baik melalui konsep, bahan, warna, motif, maupun siluet.

Baca Juga:
Jakarta Fashion Week (JFW) 2021 Ajak Desainer untuk Terus Berkarya

Jakarta Fashion Week (JFW) 2022 menghadirkan Lomba Perancang Mode (LPM)
Jakarta Fashion Week (JFW) 2022 menghadirkan Lomba Perancang Mode (LPM) | Foto: Dok. JFW

Penyelenggaraan LPM 2021 ini tidak luput dari dukungan penuh para partner yang ikut serta, yaitu Lazada, Asia Pacific Rayon, dan Istituto Marangoni, Italia. LPM 2021 semakin spesial karena Asia Pacific Rayon juga menghadirkan APR Award, yaitu penghargaan khusus dari juri kepada peserta yang berhasil menginterpretasikan “Esensi Indonesiana” menggunakan bahan rayon ke dalam desain busana mereka.

Setelah menjaring 176 peserta, 10 Finalis LPM 2021 dipilih oleh Dewan Juri yang terdiri atas Athina Tokan (Senior Category Manager Women’s Shoes and Clothing Lazada Indonesia), Sheila Rachmat (Head of Marketing & Communications Asia Pacific Rayon), Denny Wirawan (desainer/alumnus LPM), Hian Tjen (desainer/alumnus LPM), Lisa Malonda (Indonesia Representative Istituto Marangoni), dan Jessica Esther (Senior Fashion Editor Dewi Media).

“LPM adalah kesempatan bagi para talenta muda di bidang fashion untuk mendapatkan exposure yang lebih besar. Menarik sekali rasanya bisa melihat talenta-talenta baru dengan ide berbeda yang bisa kami temukan untuk menjadi trendsetters berikutnya di Indonesia,” ungkap Athina Tokan dari Lazada Indonesia. Para Finalis juga mendapat ilmu berharga lewat coaching tentang digital marketing dari Lazada Academy.

“Sebagai juri, saya sangat tertarik mengetahui bagaimana para peserta LPM 2021 menginterpretasikan konsep ‘Esensi Indonesiana’ ke dalam karya busana mereka,” kata Sheila Rachmat dari APR. Para Finalis harus mewujudkan salah satu koleksi mereka menggunakan bahan rayon yang disediakan oleh APR.

Baca Juga:
Secara Virtual, Jakarta Fashion Week (JFW) 2022 Siap Digelar November Ini

Akan ada total lima pemenang dari LPM 2021 yang terdiri atas Pemenang 1, 2, 3, Favorit pilihan umum, serta Pemenang APR Award. Sebagai hadiah utama, Pemenang 1 LPM 2021 mendapat beasiswa fashion short course di Istituto Marangoni, Milan, Italia, dan mendapatkan uang tunai, serta suplai kain berkualitas. Sepuluh Finalis LPM 2021 akan memamerkan karya mereka di Jakarta Fashion Week 2022 pada tanggal 27 November 2021 pukul 16.00 WIB, dan pemenangnya akan diumumkan di Instagram @lpmode setelah show berlangsung.

Bekerja sama dengan Senayan City untuk official production space, Jakarta Fashion Week 2022 juga didukung penuh oleh Lazada Indonesia, eCommerce destinasi fashion di Indonesia, sebagai official sponsor untuk ketiga kalinya. Untuk tahun ini, JFW memercayakan Make Over sebagai makeup partner dan L’Oréal Professionnel sebagai hairdo partner.

Mandiri Private, TikTok, dan APR (Asia Pacific Rayon) juga menjalin kerja sama dengan JFW 2022 selaku official sponsor. Seluruh rangkaian acara JFW 2022 didukung pula oleh GSI Lab, Softies, Fibe-Mini, ERHA, Heavenly Blush, Sunpride, Teh Botol, Astagraphia, Pinterest, LINE, Gushcloud, dan CBN Fiber.

Kolaborasi pun dilakukan JFW 2022 dengan sejumlah institusi, baik nasional maupun internasional, yaitu Enjoy Jakarta, Plus Jakarta, Istituto Marangoni, Indonesian Contemporary Art & Design, British Council, Institut Français Indonesia, Erasmus Huis, Asia Model Festival Organizing Committee (AMFOC), dan Department of International Trade Promotion (DITP-Thai Trade Center, Jakarta).

Jakarta Fashion Week 2022 bisa kalian nikmati secara virtual di site JFW.tv dan YouTube Jakarta Fashion Week.