Home Business L’Oréal Indonesia Raih 3 Prestasi di Sustainable Business Awards (SBA) 2020-2021

L’Oréal Indonesia Raih 3 Prestasi di Sustainable Business Awards (SBA) 2020-2021

L’Oréal Indonesia penghargaan prestasi Sustainable Business Awards (SBA) 2020-2021
L’Oréal Indonesia raih prestasi di Sustainable Business Awards (SBA) 2020-2021 | Foto: Dok. L’Oréal Indonesia

Highlight.ID – L’Oréal Indonesia menerima kembali penghargaan Sustainable Business Awards (SBA) 2020-2021 yang diumumkan pada acara pemberian penghargaan yang berlangsung pada 2 Juni 2022 melalui tiga prestasi, yakni:

  1. Overall Winner Award, atas upaya yang luar biasa dan komprehensif dari L’Oréal Indonesia dalam keberlanjutan, di mana L’Oréal merupakan perusahaan dengan jumlah penghargaan untuk pilar-pilar keberlanjutan yang terbanyak dari keseluruhan kontestan SBA 2020-2021,
  2. Significant Achievement Award, untuk pilar-pilar Sustainability Strategy, Community, Waste and Resource Management, Supply Chain Management, Stakeholder Management, dan UN SDGs,
  3. Winner Award, untuk pilar-pilar Workforce, Business Ethics & Responsibility, di mana L’Oréal merupakan perusahaan berkinerja terbaik pada pilar-pilar tersebut,

Penghargaan ini adalah bukti nyata komitmen keberlanjutan L’Oréal Indonesia yang konsisten dan ambisius, dalam misinya untuk menciptakan kecantikan yang menggerakkan dunia.

Diadakan oleh Global Initiatives, bermitra dengan PwC Indonesia dan Indonesian Business Council for Sustainable Development (IBCSD), SBA Awards Indonesia adalah penghargaan di Asia yang mengakui dan memberikan penghargaan kepada perusahaan-perusahaan yang menjadi pemimpin dalam pembangunan yang berkelanjutan dan mengintegrasikan tujuan tersebut dalam strategi bisnis jangka panjang.

Baca Juga:
Produk Hairspa dari L’Oreal Professionnel untuk Rambut Lebih Sehat dan Pikiran yang Rileks

L’Oréal Indonesia penghargaan prestasi Sustainable Business Awards (SBA) 2020-2021
L’Oréal Indonesia raih prestasi di Sustainable Business Awards (SBA) 2020-2021 | Foto: Dok. L’Oréal Indonesia

“Acara ini merupakan momen yang sangat baik untuk merayakan keunggulan keberlanjutan dan praktik kepemimpinan di sektor bisnis dan swasta, yang memainkan peran sangat strategis dalam mengejar pencapaian SDGs. Dengan munculnya SDGs sebagai paradigma pembangunan baru, peran dunia usaha dan swasta dalam pembangunan semakin nyata dan memiliki peran ganda di semua aspek keberlanjutan,” tegas Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, Dr. Suharso Monoarfa.

“Kita hidup di era di mana setiap keputusan bisnis yang kita buat dapat memicu tantangan Triple Planetary Crisis, yaitu: iklim, alam, dan polusi. Sebagai pemimpin dalam industri kecantikan, L’Oréal memiliki tanggung jawab besar untuk berkontribusi dalam memecahkan tantangan sosial-lingkungan di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Itulah sebabnya, satu dekade lalu kami meluncurkan komitmen keberlanjutan yang sangat ambisius bernama Sharing Beauty With All dan kami menyempurnakannya lebih jauh melalui peluncuran L’Oréal for the Future (L4TF) pada tahun 2020, yang ditetapkan berdasarkan target berbasis sains di berbagai SDG masalah terkait,” jelas Mohamad Fikri, Corporate Responsibility Director, L’Oréal Indonesia.

Umesh Phadke, President Director, L’Oréal Indonesia menegaskan, “Bagi L’Oréal Indonesia, SBA tahun ini menjadi sebuah momentum baru di mana kami berhasil mendapatkan Significant Achievement Award, Winner Award, dan juga sebagai salah satu dari dua Overall Winner atas kerja keras kami dalam keberlanjutan melalui program L’Oréal for the Future. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan kami siap dan akan selalu menjadi pionir dalam memberikan dampak positif bagi Indonesia melalui berbagai inisiatif kami, untuk menciptakan kecantikan yang menggerakkan Indonesia dan dunia.”

L’Oréal for the Future (L4TF) adalah komitmen keberlanjutan L’Oréal yang ambisius untuk mentransformasi perusahaan dengan menghormati batasan-batasan planet. L4TF bertujuan untuk memecahkan berbagai masalah lingkungan dunia melalui 3 pilar yakni Respect Planetary Boundaries, Empower Business Ecosystem, dan Contribute Externally.

Baca Juga:
Matrix Indonesia Kenalkan Tren Warna Rambut Terbaru Matrix Multi-Melt

Berbagai tindakan nyata telah L’Oréal Indonesia lakukan untuk merealisasikan L4TF seperti:

  • Mendukung Peta Jalan Perencanaan Pemerintah untuk Pengurangan Sampah sebagai bentuk Extended Producer Responsibility di antaranya L’Oréal Indonesia secara bertahap melakukan peralihan ke plastik daur ulang pasca konsumen (PCR) sebesar 48% dari total kemasan produknya hingga tahun 2025 untuk mengurangi penggunaan plastik baru (virgin plastics). Untuk mendukung visi ini, berbagai produk yang diproduksi di pabrik memiliki kemasan yang terbuat dari plastik daur ulang pasca konsumen (PCR), komponen r-PET, dan juga memiliki sifat dapat didaur ulang kembali,
  • Pabrik L’Oréal Indonesia memiliki manajemen pengeringan lumpur melalui pengiriman lumpur basah dari Waste – Water Treatment Plant ke built-in greenhouse untuk proses pengeringan dengan menggunakan energi alami dari matahari dan proses robotika untuk kemudian disalurkan lebih lanjut ke perusahaan semen,
  • L’Oréal Indonesia berupaya agar rantai pasokan lebih sustainable contohnya di mana L’Oréal Indonesia memasok dari pemasok lokal untuk kebutuhan perusahaan sebanyak 80% dan 73% untuk kebutuhan pabrik,
  • Untuk menekan jumlah emisi karbon, salah satu inisiatif L’Oréal Indonesia adalah dengan menggunakan truk Compressed Natural Gas sebagai moda transportasi baru dalam pengiriman barang pemasok, untuk mengurangi distribusi produk melalui angkutan udara guna mengurangi emisi CO2 dari transportasi,
  • L’Oréal Indonesia juga tengah mendukung pengembangan mekanisme Product Environmental & Social Impact Labelling secara global sebagai bagian dari transparansi & edukasi konsumen,
  • L’Oréal Indonesia secara konsisten menerapkan kebijakan terkait hak asasi manusia dan proses audit untuk seluruh karyawan dan mitra-mitra bisnisnya yang dipantau oleh koresponden hak asasi manusia in-house agar seluruh karyawan dan rekan bisnis dapat bersama-sama secara aktif meningkatkan strategi keberlanjutan perusahaan L’Oréal dan perusahaan mereka.