Home Arts Mahasiswa ISWI Fashion Academy Ikuti Thailand Fashion Week

Mahasiswa ISWI Fashion Academy Ikuti Thailand Fashion Week

Thailand Fashion Week Spring-Summer '23 ISWI Fashion Academy
ISWI Fashion Academy ikuti Thailand Fashion Week 2023 | Foto: Dok. ISWI Fashion Academy

Highlight.ID – ISWI Fashion Academy telah memberangkatkan mahasiswanya ke acara Thailand Fashion Week. Thailand Fashion Week Spring-Summer ’23 yang merupakan event reguler di Bangkok,Thailand akan diselenggarakan pada 29 – 30 November 2022

Dengan mengikuti Thailand Fashion  Week diharapkan mahasiswa ISWI dapat menambah ilmu dan juga pengalaman baru yang nantinya akan berguna dalam perjalanan kariernya di dunia fashion. Keberangkatan ISWI Fashion Academy pada event Thailand Fashion Week ini tak lepas dari berbagai dukungan, baik dari Yayasan, Ida Wahyuni, Rumah Ampiek, civitas kampus, JAPA, dan TravelWifi.

Mahasiswa ISWI Fashion Academy yang akan dikirim ke ajang Thailand Fashion Week  yaitu Syarifah Nadhila S, Natania Laurens, Nadia Veronica, Fidela Azalia H, Mayna Isniati,  Julia Alfarzca S. Kakiay, dan Prajna Ayu Majedah.

Thailand Fashion Week Spring-Summer '23 ISWI Fashion Academy
ISWI Fashion Academy ikuti Thailand Fashion Week 2023 | Foto: Dok. ISWI Fashion Academy

Pada kegiatan Thailand Fashion Week ini, ISWI Fashion Academy berpartisipasi dalam 2  slot. Masing-masing slot berkolaborasi dengan brand lokal yang hendak go internasional yaitu ISWI Fashion Academy x Ida Wachyuni dan ISWI Fashion Academy x Rumah Ampiek.

Koleksi ISWI Fashion Academy x Ida Wachyuni akan membawakan Burung  Enggang dari Kalimantan Tengah sebagai ikon. Koleksi ini menyiratkan harapan bahwa budaya Indonesia dapat dilihat dan dinikmati di tingkat internasional. Koleksi ini  terinspirasi dari filosofi burung enggang asal pedalaman Kalimantan tengah yang bermakna sebagai satu tanda kedekatan masyarakat Indonesia dengan alam sekitarnya.

Menurut Ida Wachyuni, salah satu dari sepuluh koleksi ini memiliki filosofi yang sangat  bermakna yaitu desainnya yang seperti sayap burung yang merengkuh dari belakang. Ini memiliki arti Ida Wahyuni yang merangkul generasi muda dan mendukung mereka dalam membuat karya.

Thailand Fashion Week Spring-Summer '23 ISWI Fashion Academy
ISWI Fashion Academy ikuti Thailand Fashion Week 2023 | Foto: Dok. ISWI Fashion Academy

Koleksi memadukan gaya klasik dan elegan dengan kebudayaan Indonesia yang berasal dari Kalimantan Tengah. Garis busananya simple namun menggunakan teknik yang detail. Koleksi terdiri dari celana, dress, dan jubah dengan gaya busana ini exotic dramatic membuat koleksi ini lebih attraktif.

Sedangkan untuk slot ke-2, ISWI Fashion Academy berkolaborasi dengan Rumah Ampiek, yaitu salah satu penggiat atau pelopor batik Balikpapan. Pada koleksi ini, Rumah Ampiek  membawakan Batik Balikpapan sebagai ikon. Ini menyiratkan harapan kaum muda dapat lebih mengenal dan mencintai budaya Nusantara yang beragam.

Koleksi ini bertemakan gemulai yang terinspirasi dari sirip dan ekor ikan Cupang dengan bentuk dan karakter yang unik dan cenderung agresif dalam mempertahankan wilayahnya. Ekor ikan cupang yang seperti melangsai terbawa arus air menjadikannya inspirasi koleksi Rumah Ampiek. Koleksi ini menampilkan desain yang simple dengan detail plisket tetapi menggunakan bahan bermotif batik Balikpapan sehingga desain ini terlihat kuat dan berani.