Home Arts Meningkatkan Karier Make Up Artist Lewat Make Over MUA Hunt 2019

Meningkatkan Karier Make Up Artist Lewat Make Over MUA Hunt 2019

Make Over MUA Hunt 2019 merupakan kompetisi makeup artist
Make Over MUA Hunt 2019 di Jakarta Fashion Week (JFW) 2020 | Foto: Highlight.ID

Highlight.ID – Memasuki tahun kelimanya menjadi make up sponsor di Jakarta Fashion Week (JFW) 2020, Make Over kembali menyelenggarakan Make Over Make Up Artist (MUA) Hunt Showcase di gelaran Jakarta Fashion Week (JFW) 2020. Dalam Make Over MUA Hunt 2019 ini, Make Over bersama 3 orang juri make up artist terkemuka tanah air yaitu Dhirman Putra, Marlene Hariman, dan Philipe Karunia, telah menyeleksi lebih dari seribu MUA yang telah mendaftarkan diri melalui karya tata rias masing-masing.

Setelah melalui tahap seleksi menjadi 20 orang finalis, Make Over akhirnya menetapkan 8 pemenang utama untuk berkesempatan terlibat dalam keseluruhan tata rias di JFW 2020. Para pemenang Make Over MUA Hunt 2019 berhak untuk bergabung dalam Tim Professional Make Up Artist Backstage JFW 2020 serta menampilkan karya mereka dalam Make Over MUA Hunt Showcase yang diadakan di Fashion Atrium Senayan City pada 22 Oktober 2019.

Baca juga:

Stephanie Lie selaku Make Over Brand Manager mengungkapkan “Make Over bangga sekali dengan dunia make up artist Indonesia karena selalu muncul make up artist yang sangat bertalenta yang kualitasnya patut diperhitungkan. Sejak awal melaksanakan kompetisi Make Up Artist Hunt hingga kini telah memasuki tahun ketiganya, Make Over telah mengumpulkan 24 pemenang MUA Hunt dari berbagai kota di Indonesia.”

“Ini membuktikan keseriusan kami dalam menemukan dan mengasah talenta MUA baru yang mampu berkolaborasi dengan industri fashion. Berdasarkan hasil penilaian dari para juri yaitu para MUA professional Dhirman Putra, Philipe Karunia dan Marlene Hariman, kedelapan pemenang ini telah dinilai mampu untuk bergabung sebagai Tim Professional Make Up Artist Backstage JFW 2020 yang bertanggung jawab terhadap seluruh riasan yang ada dalam gelaran pekan mode terbesar di Indonesia,” tambahnya.

Menurut Stephanie, tidak sembarang orang dapat memasuki bacstage sekelas Jakarta Fashion Week. “Lewat MUA Hunt ini kita ingin membuka kesempatan yang tidak semua makeup artist dapatkan. Peluang untuk mengembangkan diri sebagai makeup artist di dunia fashion itu masih besar. Mereka bisa memiliki portfolio di backstage (JFW),” imbuh dia.

Make Over MUA Hunt 2019 merupakan kompetisi makeup artist
Make Over MUA Hunt 2019 di Jakarta Fashion Week (JFW) 2020 | Foto: Highlight.ID

Dalam Make Over MUA Hunt 2019 Showcase, kedelapan pemenang antara lain Andronikus, Leo Afandi, Lucky, Niaingrid, Agustine, Florence, Dewa, dan Junnie akan menampilkan rangkuman keseluruhan look sepanjang gelaran JFW 2020. Mereka akan menampilkan beragam warna yang dimiliki Make Over dalam kompleksi wajah yang berbeda.

Sebelumnya, para pemenang Make Over MUA Hunt 2019 telah mengikuti program edukasi mengenai teknik dan tren tata rias terkini yang diajarkan langsung oleh ketiga juri yaitu Dhirman Putra, Philipe Karunia dan Marlene Hariman. Selain itu, para pemenang juga mendapatkan kelas personal branding dari profesional MUA, Rama Jee, serta mendapatkan pelatihan dari Qiqi Franky selaku Head of Make Up Artist Jakarta Fashion Week 2020.

Make Over MUA Hunt 2019 merupakan kompetisi makeup artist
Make Over MUA Hunt 2019 di Jakarta Fashion Week (JFW) 2020 | Foto: Highlight.ID

“Kita memang ingin mempersiapkan para (finalis) MUA Hunt ini untuk bisa menjadi makeup artist yang bisa memasuki dunia kerja yang lebih baik. Karena ada kelas tambahan dari Rama Jee. Selain itu, ada juga digital competition,” kata Stephanie. Menurutnya, digital competition sangat berperan dalam upaya  makeup artist menyusun portfolio dalam bentuk foto.

Dengan demikian maka portfolio sang makeup artsit dapat lebih komersial atau menjual. “Makanya penting sekali bagi makeup artist untuk bisa membuat porfolio makeup yang bagus,” kata dia.

Dalam gelaran Make Over MUA Hunt 2019, kedelapan pemenang wajib mengikuti Digital Competition yang dapat dipilih secara digital oleh para netizen untuk memperebutkan gelar The Most Creative Make Up dan berhak mendapat uang saku tambahan sebesar Rp 10 juta dari Make Over.

Diharapkan ke depannya, para pemenang Make Over MUA Hunt bisa terus berkreasi secara kreatif untuk memajukan industri tata rias di tanah air.