Home Beauty Manfaat Ikut Audisi Model & Persiapan yang Harus Dilakukan

Manfaat Ikut Audisi Model & Persiapan yang Harus Dilakukan

tips audisi model fashion persiapan
Ilustrasi | Foto: Unsplash.com

Highlight.ID – Industri permodelan menawarkan banyak kesempatan untuk meraih kesuksesan karier. Beragam cara bisa dilakukan untuk menjadi model profesional termasuk lewat audisi model. Di Indonesia, ada beberapa audisi model yang rutin dilakukan setiap tahun.

Biasanya, event-event fashion mengumumkan pencarian model menjelang pelaksanaan acara. Mereka menetapkan kriteria dan persyaratan tertentu bagi calon model yang akan dipilih. Mereka yang lolos audisi akan ditampilkan di fashion show

Audisi model adalah proses seleksi di mana individu yang tertarik untuk menjadi model hadir di depan agen, klien, atau juri untuk menampilkan kemampuan mereka dalam berpose, berjalan, dan mengekspresikan diri.

Proses ini bertujuan untuk menilai apakah kandidat cocok untuk proyek tertentu, seperti pemotretan, peragaan busana, atau kampanye iklan. Audisi model bisa melibatkan beberapa tahap, termasuk pengambilan foto, wawancara, dan demonstrasi keterampilan modeling.

Manfaat Audisi Model

Mengikuti audisi model memiliki berbagai manfaat, di antaranya:

1. Pengalaman & pembelajaran

Kandidat dapat belajar banyak tentang industri fashion dan modeling, serta mendapatkan pengalaman berharga yang dapat meningkatkan keterampilan dan kepercayaan diri mereka.

Baca Juga:
6 Sekolah Modeling di Indonesia Latih Siswa Jadi Model Profesional

Ketika mengikuti audisi model, kamu akan bersaing dengan kandidat lainnya. Ini menumbuhkan sikap untuk terus berusaha menampilkan performa terbaikmu. Selain itu, penilaian dari para juri bisa menjadi masukan dan memacumu untuk memperbaiki diri.

2. Peluang karier

Audisi membuka pintu untuk peluang karier, baik itu menjadi model runway, model cetak, atau terlibat dalam kampanye iklan besar. Kamu juga bisa berpotensi mendapat job dari brand atau perusahaan.

tips audisi model fashion persiapan
Ilustrasi | Foto: Unsplash.com

Tak sebatas di dunia modeling, pelajaran dan pengalaman selama audisi juga bisa menjadi bekal untuk mendapatkan berbagai macam pekerjaan. Peluang mendapatkan job semakin besar jika kamu bergabung dengan modeling agency ternama.

3. Jaringan & koneksi

Kamu dapat bertemu dengan agen, fotografer, desainer, dan profesional lainnya dalam industri fashion, yang dapat membantu memperluas jaringan dan koneksimu. Bukan tidak mungkin, mereka akan melirikmu untuk menjadi model untuk pemotretan atau fashion show.

Selain itu, kamu juga bisa berkenalan dan berteman dengan sesama peserta audisi. Kalian bisa saling bertukar informasi tentang peluang-peluang yang mungkin ada.

4. Portofolio yang kuat

Berpartisipasi dalam audisi dan mendapatkan pengalaman modeling membantu membangun portofolio yang kuat, yang penting untuk menarik perhatian klien dan agensi di masa depan.

5. Pengembangan diri

Melalui audisi, kandidat dapat mengembangkan disiplin, keterampilan komunikasi, dan kemampuan untuk menerima kritik konstruktif, yang semuanya bermanfaat dalam kehidupan profesional dan pribadi.

6. Peluang internasional

Beberapa audisi, terutama yang diadakan oleh agensi besar, dapat membuka kesempatan untuk bekerja di tingkat internasional, memperluas cakupan karier modeling.

7. Potensi penghasilan

Jika berhasil, modeling dapat menjadi sumber penghasilan yang baik, dengan proyek-proyek yang dibayar dengan baik dan kontrak jangka panjang.

8. Eksposur media

Audisi dan proyek modeling sering kali melibatkan liputan media, yang dapat meningkatkan profil dan popularitas model secara signifikan.

Baca Juga:
11 Modeling Agency di Jakarta Wadah Bagi Para Model Profesional

Persiapan Audisi Model

Persiapan untuk audisi model melibatkan beberapa langkah penting untuk memastikan kandidat tampil sebaik mungkin. Berikut adalah beberapa tips persiapan yang bermanfaat:

1. Penelitian

Ketahui sebanyak mungkin tentang agensi atau klien yang mengadakan audisi. Pahami jenis model yang mereka cari dan gaya yang mereka sukai.

2. Penampilan Fisik

Pastikan kulitmu bersih dan sehat. Jaga rutinitas perawatan kulit beberapa minggu sebelum audisi. Selain itu, kamu juga harus membuat rambut selalu tampak bersih dan tertata rapi. Hindari gaya rambut yang terlalu berlebihan.

Jaga kebersihan gigi dan pastikan senyummu terlihat alami dan menawan. Pertahankan pola makan sehat dan rutin berolahraga untuk menjaga bentuk tubuh.

3. Pakaian

Kenakan pakaian yang sederhana dan pas di tubuh, seperti jeans dan kaos polos atau tank top. Hindari pakaian dengan pola yang mencolok atau aksesori berlebihan. Pakai sepatu yang nyaman, seperti sepatu hak tinggi untuk wanita, yang cocok untuk catwalk.

Baca Juga:
2 Icons Management, Wadah Menyalurkan Bakat Bagi Para Model

4. Portofolio & komposit kartu

Sertakan foto-foto terbaikmu, termasuk headshots dan full-body shots. Pastikan foto-foto tersebut profesional dan bervariasi. Lalu, siapkan juga komposit kartu (comp card) yang mencakup beberapa foto dan informasi kontakmu.

5. Latihan

Latih cara berjalan di catwalk di depan cermin atau rekam dirimu untuk melihat bagaimana kamu bisa memperbaiki postur dan gaya berjalan. Selain itu, berlatih lah berbagai pose di depan cermin atau kamera untuk mengetahui sudut terbaikmu.

Siapkan jawaban untuk pertanyaan umum yang mungkin diajukan selama wawancara, seperti alasan ingin menjadi model dan pengalaman sebelumnya.

6. Istirahat cukup

Pastikan kamu mendapatkan tidur yang cukup malam sebelum audisi agar terlihat segar dan energik.

7. Bawa perlengkapan

Bawa makeup dasar untuk touch-up, sikat rambut, dan air minum untuk tetap terhidrasi.

8. Sikap positif

Tetaplah tenang dan percaya diri. Sikap positif dan profesional akan membuat kesan yang baik pada juri atau agen.

Dengan persiapan yang baik, kamu dapat tampil maksimal dan meningkatkan peluang untuk sukses dalam audisi model.