Home Beauty Gak Cuman Sekadar Foto-foto Diri Sendiri, Ini 5 Manfaat Selfie

Gak Cuman Sekadar Foto-foto Diri Sendiri, Ini 5 Manfaat Selfie

Manfaat tujuan alasan selfie kegiatan swafoto memotret memfoto firi sendiri media sosial efek dampak
Ilustrasi | Foto: Unsplash.com/Maxim Potkin

Highlight.ID – Dari hari kehari, media sosial (medsos) dan smartphone menambah fitur-fiturnya yang semakin membuat penggunanya merasa terhibur. Majunya media sosial dan hape ternyata diimbangi pula dengan kegiatan memotret yang banyak dilakukan orang-orang. Termasuk memfoto diri sendiri atau sering kita kenal dengan selfie. Kegiatan selfie ini mulai populer seiring dengan berkembangnya medsos semacam Instagram.

Platform media sosial penampil foto dan video ini memang menjadi primadona saat ini. Hanya di platform inilah, kegiatan selfie menemukan tempatnya yang paling pas. Meskipun orang bisa saja mengunggah foto selfie di medsos lainnya seperti Facebook atau Twitter, namun tidak sebanyak yang ditemukan di Instagram. Alasan orang untuk melakukan selfie pun bermacam-macam mulai dari pengin eksis di medsos hingga menghilangkan ‘kegabutan’.




Indonesia termasuk negara yang penduduknya paling doyan selfie. Menurut survei, daerah yang paling banyak orang selfie-nya adalah Bali dan Yogyakarta. Nggak heran, karena kedua tempat tersebut adalah daerah tujuan wisata paling populer di Indonesia. Orang pada umumnya menganggap bahwa selfie hanya cuman aktivitas foto-foto diri sendiri yang kemudian diunggah di medsos. Tapi tahukah kamu, kegiatan selfie ternyata mempunyai beragam manfaat?

Manfaat Selfie yang Perlu Kamu Pahami

1. Mengabadikan momen

Semenjak medsos terutama Instagram berkembang, kegiatan traveling semakin diminati saja. Kita dapat dengan mudah melihat foto-foto selfie orang yang sedang berada di sebuah tempat yang menarik dengan pemandangan yang bagus. Tempat-tempat yang keren tersebut dikenal dengan istilah spot instagrammable. Nah, inilah salah satu manfaat dari selfie yang paling umum, yakni mengabadikan momen penting atau berkesan yang mungkin tidak akan terulang kembali.

Baca juga:

Momen lainnya yang gak kalah serunya yakni ketika kamu bersama orang-orang terdekat seperti keluarga, teman atau bahkan pasangan. Kesempatan tersebut mungkin saja bisa dimanfaatkan dengan mengambil foto bersama baik

2. Melatih kreativitas

Saat ini, smartphone telah dilengkapi dengan berbagai macam fitur canggih yang semakin memanjakan penggunanya. Misalnya adalah hape dengan fitur kamera resolusi tinggi yang mampu menghasilkan foto yang jernih bahkan dalam kondisi cahaya yang minim. Selain itu, ada pula hape dengan fitur artificial intelegence (AI) yang mampu fokus secara otomatis pada suatu objek dalam frame. Hasilnya, foto akan menjadi terlihat lebih tajam.

Fitur-fitur kamera hape bahkan mampu menandingi kamera profesional semacam DSLR baik dari segi kelengkapan maupun kualitas foto yang dihasilkan. Menghasilkan foto dengan latar belakang yang kabur atau disebut dengan bokeh bukan lagi hal yang mustahil bagi pengguna hape. Para penggemar selfie pun bisa memiliki kesempatan lebih besar untuk mengungkapkan kreativitasnya lewat foto selfie. Gak cuma itu, mereka juga dapat bereksperimen dengan mencoba berbagai macam angle dan background yang berbeda.

3. Menaikkan kepercayaan diri

Berbeda dengan tahun 2010 ke belakang, kegiatan selfie saat ini merupakan suatu hal yang lumrah. Sepertinya terlihat sangat mudah namun tak semua orang bisa melakukan selfie. Pasalnya, untuk bisa selfie membutuhkan kepercayaan diri yang cukup. Orang yang gak terbiasa berada di depan kamera mungkin akan merasa canggung saat selfie.



Kabar baiknya, semua orang bisa berlatih agar bisa selfie dengan hasil yang baik. Selain kemampuan orang dalam mengambil komposisi, satu hal yang mempengaruhi kualitas selfie adalah ekspresi orang tersebut. Sering kita melihat orang yang terlihat tampak sangat bahagia di depan kamera. Ternyata, itu memerlukan latihan khusus yang tak selalu dilakukan orang-orang. Citra diri juga dapat terlihat dari foto selfie yang dapat menggambarkan kepribadian seseorang.

4. Membuat bersemangat

Selfie tak hanya berhenti pada aktivitas pengambilan foto. Bagian paling menegangkan dari selfie sebenarnya terletak pada saat kamu mengunggahnya ke medsos. Kenapa menegangkan? Ya, kamu pastinya akan sangat penasaran bagaimana reaksi netizen ketika melihat foto selfie yang diunggah.

Selain itu, kamu mulai berpikir berapa jumlah like pada foto selfie-mu. Apabila jumlah like dan komentarnya positif maka itu akan bisa menambah semangat kamu di hari itu maupun hari-hari berikutnya. Komentar yang positif dari orang lain itu merupakan motivasi yang bisa membuatmu lebih bergairah menjalani hidup ini.

5. Membentuk pikiran positif

Ada kalanya, kamu merasa bete dengan suatu kondisi tertentu. Nah, selfie ini bisa menjadi kegiatan yang pas untuk menghilangkan kebosanan. Boleh dibilang, selfie merupakan kegiatan refreshing yang berguna untuk menyegarkan pikiran apalagi kalo kamu sedang dilanda kepenatan.

Orang yang melakukan selfie biasanya merasa nyaman dengan dirinya. Perasaan nyaman inilah yang menjadi pemicu kita untuk selalu berpikir positif baik terhadap diri sendiri maupun lingkungan sekitar. Namun ada satu hal yang perlu diingat saat melakukan selfie, yakni tetap memikirkan etika dan norma yang berlaku di masyarakat.