Home Beauty 7 Manfaat Argan Oil untuk Kecantikan Rambutmu, Cek di Sini!

7 Manfaat Argan Oil untuk Kecantikan Rambutmu, Cek di Sini!

Fungsi manfaat khasiat kegunaan minyak argan oil kecantikan kesehatan rambut
Ilustrasi | Gambar: verywellhealth.com

Highlight.ID – Sering disebut liquid gold, argan oil merupakan produk organik yang diekstraks dari pohon argan yang berasal dari Maroko. Punya kandungan vitamin E dan asam lemak tinggi, khasiat argan oil untuk kecantikan rambut tak perlu diragukan lagi. Satu hal terbaik dari argan oil yaitu bisa digunakan secara langsung tanpa harus diolah lebih dulu.

Manfaat argan oil nyatanya tak hanya terbatas untuk rambut, minyak ini juga menawarkan fungsi yang sama baiknya saat diaplikasikan ke kulit. Tak perlu heran jika produk treatment rambut yang mengandung argan oil banyak difavoritkan. Lalu, apa saja fungsi argan oil untuk kesehatan dan kecantikan rambut?




Kegunaan Minyak Argan untuk Rambut Lebih Sehat

1. Melindungi rambut dari kerusakan

Sinar UV dari matahari, garam yang dihasilkan keringat, dan panas akibat proses styling rambut punya kontribusi langsung terhadap kerusakan rambut. Antioksidan yang ada pada argan oil mampu memberi proteksi dari berbagai kondisi yang merusak tersebut. Treatment rambut dengan argan oil akan memastikan rambut tetap natural dan sehat secara alami serta aman dari kerusakan.

Teruntuk rambut yang sering ganti warna, rambut rusak pasti tak bisa dihindari lagi. Rambut bisa teriritasi, pecah, dan kurang sehat. Satu manfaat argan oil paling krusial yaitu berperan sebagai agen penyembuh, terutama karena komposisi antioksidan yang ada di dalamnya. Selain menyembuhkan, minyak ini juga mencegah rambut kering dan kusut.

Baca Juga:
Treatment Rambut di Salon Kecantikan yang Biasa Dilakukan Cewek




Terkait perlindungan rambut, manfaat argan oil justru lebih luas lagi. Selain mengurangi iritasi dan kerusakan lain, argan oil juga mampu mempercepat proses penyembuhan. Bahkan hanya dengan beberapa tetes saja, berbagai kondisi rambut rusak bisa segera disembuhkan.

2. Memberi nutrisi paling dibutuhkan rambut

Argan oil sangat bagus untuk rambut karena punya kandungan minyak esensial dan asam lemak yang mampu mengembalikan rambut kering dan rusak. Tak hanya memperbaiki rambut rusak tapi juga membantu menjaga kesehatan rambut sehingga tetap terlihat supple, lembut, dan ternutrisi.

Tak seperti produk treatment rambut lain, argan oil tak akan membuat kulit kepala atau rambut menjadi lepek ketika digunakan. Minyak ini mampu menyeimbangkan nutrisi yang dibutuhkan rambut untuk berkembang secara stabil, dan inilah manfaat argan oil yang bisa didapat saat diterapkan ke rambut.

Baca Juga:
Manfaat Buah Lemon untuk Kecantikan dan Kesehatan Rambut

3. Mengakselerasi pertumbuhan rambut

Kegunaan argan oil untuk rambut selanjutnya muncul dari senyawa phenol yang berguna untuk menguatkan folikel rambut dan mendukung pertumbuhan rambut, selain juga mengakselerasi produksi sel dalam rambut. Vitamin dalam argan oil mampu meningkatkan kesehatan kulit rambut. Dengan begitu, argan oil tak hanya berguna membantu pertumbuhan rambut, tapi juga menebalkan rambut.

Pertumbuhan rambut dipengaruhi kondisi kulit kepala. Semisal kulit kepala kering, gatal, pecah-pecah, dan terdapat banyak flek, otomatis pertumbuhan rambut menjadi terganggu. Untuk kondisi ini, asam lemak pada argan oil mampu memperbaiki kondisi kulit kepala dan menyediakan nutrisi yang diperlukan sehingga mencegah kulit rusak kembali.

4. Mengurangi rambut kusut dan rontok

Sementara beberapa produk perawatan rambut lain menghasilkan efek samping seperti ketombe dan kondisi lain, argan oil justru menawarkan efek sebaliknya. Tak ada efek samping bersifat negatif yang muncul dari argan oil saat digunakan untuk treatment rambut. Bisa dikatakan kalau argan oil seperti minyak ajaib yang menawarkan beberapa fungsi sekaligus.

Perawatan rambut dengan argan oil mampu membuat kilau rambut lebih tampak karena batang rambut akan diberi lapisan protektif. Dengan begitu, tak ada lagi rambut kusut, rontok, atau bercabang.



Baca Juga:
Ragam Manfaat Buah Mentimun untuk Kulit yang Lebih Sehat Natural

Fungsi argan oil yang sama juga bisa didapat semisal diterapkan pada tangan, kaki, bahkan kuku. Komposisi alami dari argan oil mampu melembutkan kulit dan menguatkan kuku. Kurang lebih sama seperti saat diaplikasikan ke rambut, gunakan beberapa tetes argan oil lalu pijatkan secara pelan ke bagian kulit tiap malam.

5. Melembabkan rambut

Komposisi vitamin E dan asam lemak yang tinggi membuat rambut selalu terlihat lembab tanpa harus kelihatan lepek. Dua bahan tersebut dianggap sebagai kondisioner alami yang mampu melembapkan tiap helai rambut untuk jangka waktu lama. Kelembaban yang terjaga otomatis membuat rambut terlihat lebih bercahaya dan tampak mengembang.

Selain rambut, argan oil kerap dimanfaatkan sebagai pelembap bibir, terutama saat musim kering. Pada musim ini, baik rambut dan bibir serta kulit cepat mengalami kering dan pecah. Untuk kondisi tersebut, argan oil merupakan produk ideal yang bisa memastikan rambut tetap lembut dan bibir tetap sehat. Khusus bibir, cukup gunakan satu dua tetes lalu usapkan di bibir.

Baca Juga:
Cari Tahu Manfaat Rosehip Oil untuk Kecantikan Kulit dan Wajah, Yuk!

6. Meningkatkan elastisitas rambut

Treatment rambut dengan argan oil bisa meningkatkan elastisitas rambut berkat komposisi vitamin E tinggi. Hanya dengan beberapa tetes dari argan oil lalu usapkan ke semua bagian, rambut jadi lebih elastis meski tetap kuat. Elastisitas rambut tetap terjaga untuk waktu lama karena secara bersamaan argan oil akan menghidrasi rambut.

7. Menghilangkan ketombe

Ketombe muncul saat kulit kepala memproduksi minyak berlebih. Minyak sebenarnya diperlukan untuk melindungi kulit kepala dari kekeringan, tapi kelebihan produksi juga memicu efek kurang baik pada kepala. Treatment rambut dengan argan oil mampu mengatasi persoalan tersebut. Komposisi alami yang ditawarkan argan oil akan menyeimbangkan kadar produksi minyak sesuai kebutuhan yang diperlukan kulit kepala.

Hasilnya, produksi minyak dapat dikontrol sehingga ketombe menjadi berkurang. Jika ingin mengambil khasiat argan oil secara maksimal, usapkan pelan ke kulit kepala sambil diberi pijatan. Ulangi dua kali sehari untuk mendapat efek maksimal.

Kagunaan argan oil untuk kecantikan rambut, juga kulit, jelas tak perlu diragukan lagi. Komposisi alami yang terdapat dalam minyak ini berguna untuk menyehatkan rambut meski hanya digunakan dalam jumlah kecil. Tak hanya memperbaiki kondisi rambut, tapi juga mampu meningkatkan kondisi kulit yang menjadi tempat tumbuhnya rambut.