Home Beauty Khasiat Pijat Batu Panas, Merelaksasi Tubuh Hingga Melancarkan Sirkulasi Darah

Khasiat Pijat Batu Panas, Merelaksasi Tubuh Hingga Melancarkan Sirkulasi Darah

Jenis macam fungsi manfaat pijat batu panas hot stone massage khasiat therapist kecantikan
Ilustrasi | Gambar: collegeparkmassagetherapy.net

Highlight.ID – Pernah dengar hot stone massage atau pijat batu panas? Atau mungkin kamu malah sering melakukannya? Teknik pijat memijat ada banyak ragamnya, salah satu yang bisa kamu coba adalah hot stone atau batu panas. Teknik pijatan batu panas ini asalnya dari daratan China dan telah dipraktikkan selama sekitar 2.000 tahun yang berlangsung turun temurun.

Batu yang dipakai dalam metode pijat batu panas adalah jenis batuan vulkanik warna abu-abu kehitaman bernama batu basalt. Batu basalt dipercaya dapat menahan panas lebih lama ketimbang jenis batu lainnya. Sejumlah batu direndam dalam air panas selama beberapa waktu sebelum dilakukan pemijatan batu panas di tubuh.




Sebelum kamu pilih metode pijat batu panas, pastikan ditangani oleh terapis profesional. Hanya terapis profesional yang bisa tahu titik mana di bagian tubuh yang semestinya dilakukan pemijatan. Saat pemijatan, biasanya terapis bakalan menaruh batu panas di sepanjang tulang belakang, wajah, dada, atas perut, telapak tangan, dan kaki serta jari kaki.

Tak sekadar menaruh, supaya manfaat hot stone meresap ke dalam tubuh, terapis juga punya ragam metode dengan bikin gerakan memanjang, melingkar, mengetuk, menggetarkan, dan lainnya. Kadang merak juga memakai batu dingin, yang fungsinya menutup kembali pori-pori dan kurangi iritasi akibat panas. Nah, khasiat hot stone massage yang bisa kamu dapatkan adalah sebagai berikut.

Baca Juga:
7 Manfaat Totok Wajah yang Luar Biasa Bagi Kesehatan Tubuhmu




Khasiat Terapi Hot Stone Massage untuk Kesehatan Tubuh

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Sering sakit-sakitan adalah dampak dari daya tahan tubuh kamu yang lemah. Perkuat sistem imun bisa kamu lakukan dengan beragam cara, pijat batu panas juga jadi pilihan jika ingin tubuh kamu lebih sehat dan bugar. Tapi tentunya harus dibarengi dengan pola hidup sehat, makan teratur dan tidur cukup dan teratur.

Rutin dipijat, daya tahan tubuhmu bisa lebih kuat dan bikin kamu jarang sakit. Seperti yang diungkap lewat satu riset Journal of Complimentary and Alternative Medicine, teknik pijatan yang benar bisa meningkatkan sistem imun. Dalam teknik pijat dan akupuntur, manfaat hot stone bisa langsung kamu rasakan.

2. Mengurangi stres berlebih

Seperti apa rasanya melemaskan otot-otot sambil dipijat hot stone, menghirup aromaterapi dan mendengarkan musik klasik? Bikin tenang, kan? Seperti itulah manfaat hot stone yang bakal kamu dapatkan jika memilih metode pemijatan ini. Ketenangan yang kamu rasakan tak bersifat sementara, tapi ikut kamu sampai rumah dan membawa mood baik.

Dengan pijatan ini, ritme jantung kamu jadi lebih tenang sehingga stres berkurang dan kesehatan jantung membaik. Sebuah komunitas di Amerika bernama The American Massage Therapy Association mempunyai klaim bahwa pemijatan adalah cara paling efektif untuk mengurangi stres.



Baca Juga:
Memanjakan Diri di Salon Kecantikan dengan Perawatan Body Spa

3. Merelaksasi sendi dan otot kaku

Saat terapis memija tubuhmu dengan batu panas, mau tak mau tubuhmu diam tanpa melawan. Tindakan tanpa lawanan dan disertai dengan pijatan batu panas yang menenangkan ini bikin tubuhmu lemas sehingga peredaran darah dalam tubuhmu kembali lancar. Sirkulasi darah lancar bikin otot dan sendi kaku bisa kembali rileks seperti halnya otak kamu yang tadinya stres.

Ternyata manfaat hot stone lebih dari sekadar bikin rileks otot dan sendi, tapi lebih jauh dari itu. Mungkin kamu pernah merasa otot pegal seperti ada sebongkah batu di punggung dan tidak nyaman kamu gerakkan. Pijatan batu panas ini rupanya mampu membuat otot yang tadinya pegal jadi hilang tanpa bekas.

4. Bikin tidurmu semakin pulas

Pernahkah kamu perhatikan bayi yang dipijit orang tuanya lalu tertidur pulas setelahnya? Hal yang sama sebetulnya terjadi pada orang dewasa dan bisa jadi kamu tidak sadar akan hal itu. Dipercaya, pijatan pada punggung adalah obat tidur alami jika dilakukan dengan benar. Memilih terapis profesional bakal membantu kamu mendapatkan manfaat hot stone yang bikin insomniamu hilang.

Mengapa pijatan bisa bikin kamu pulas tidur? Insomnia yang semula kamu derita disebabkan oleh banyak faktor, seperti rasa cemas dan stres berlebih, rasa lelah, dan kondisi kamar yang tak mendukung untuk tidur. Memijat adalah terapi untuk merelaksasi dan melancarkan sirkulasi darah pada otot dan pikiran sehingga rasa tidak nyaman yang menganggu tidurmu bisa lenyap.

Baca Juga:
Manfaat dan Kekurangan Body Massage yang Perlu Kamu Kenali

5. Melancarkan sirkulasi darah

Terapi pijatan khususnya pijat batu panas membuka pembuluh darah lebih lebar sehingga pembuluh darah yang tadinya sempit kembali lancar. Pembuluh darah yang lancar kemudian memperbaiki kinerja oksigen dan darah di seluruh tubuhmu. Tubuh kamu yang tadinya lelah karena kurangnya asupan oksigen setelah terapi kembali sehat dan bugar.

Tapi sebelum pijat batu panas sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter apakah terapi ini cocok untuk kamu. Cocok atau tidaknya terapi ini juga dipengaruhi oleh riwayat kesehatanmu. Kamu mungkin tidak bisa coba pijat batu panas jika kamu punya riwayat osteoporosis, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, penyakit autoimun, jumlah trombosit rendah, diabetes, varises, epilepsi, baru saja menjalani operasi, dan penyakit lainnya.

Kamu juga tidak bisa menikmati manfaat hot stone jika kedapatan sedang sakit demam. Karena saat tubuh demam, tubuh yang tengah melawan patogen masuk dalam tubuh tak bisa mengatur suhu dengan baik. Begitu juga jika kamu sedang hamil, tunggu sampai lahir dulu baru kamu bisa coba pijatan hot stone. Terapi ini tidak disarankan tidak untuk anak-anak.

Saat pemijatan berlangsung, supaya manfaatnya lebih optimal bagi tubuh, pastikan suhu batunya sesuai dengan standar kenyamananmu. Beritahu pada sang terapis, apakah batunya terlalu panas ataukah tekanannya terlalu kuat. Jangan sampai batu terlalu panas sehingga kulitmu memerah karena iritasi.