Home Beauty Cari Tahu Manfaat Rosehip Oil untuk Kecantikan Kulit dan Wajah, Yuk!

Cari Tahu Manfaat Rosehip Oil untuk Kecantikan Kulit dan Wajah, Yuk!

fungsi manfaat kegunaan-tujuan-cara-pemakaian-penggunaan-kandungan-minyak-rosehip-oil-kesehatan-kecantikan-kulit-wajah-produk
Manfaat rosehip oil untuk kecantikan | Foto: stylecraze.com

Highlight.ID – Siapa yang tak ingin memiliki wajah terawat dan menawan? Tentu semua menginginkannya terutama para wanita. Ada banyak cara yang dapat dilakukan demi mendapatkan wajah yang indah dan enak dilihat. Salah satunya dengan memanfaatkan khasiat rosehip oil yang saat ini sudah banyak terkandung di dalam produk kecantikan. Yuk, simak dan cari tahu mengapa rosehip oil begitu banyak diminati untuk kecantikan kulit dan wajah.

Kandungan Rosehip Oil

Rosehip oil ini digadang-gadang memiliki keunggulan yang lebih dibandingkan dengan minyak alami lainnya. Bahkan rosehip oil juga disebut mampu mengalahkan keunggulan minyak kelapa dalam hal merawat kulit bahkan bibir. Rosehip oil dihasilkan dari ekstrak benih bunga mawar yang tumbuh di negara Chili. Ekstrak benih ini lah yang mengandung banyak vitamin, anti-oksidan, dan juga asam lemak esensial.




Jika kandungan yang ada di rosehip oil dijabarkan, maka rosehip oil memang unggul dibandingkan minyak alami lainnya. Rosehip oil memiliki kandungan vitamin E, vitamin C, vitamin D, dan beta karoten yang berfungsi untuk melindungi kulit dan mempercepat memperbaiki kerusakan pada kulit.

Lalu terkandung juga asam lemak esensial yang terdiri dari palmitic acid, oleic acid, linoleic acid, dan gamma linolenic acid yang berfungsi untuk memperbaiki jaringan yang rusak. Dan juga ada polyunsaturated fatty acids yang merupakan salah satu bentuk vitamin F yang bermanfaat untuk perbaikan sel kulit.

Baca Juga: 7 Manfaat Baby Oil untuk Kecantikan Kulit dan Rambut




Berbeda dengan minyak alami lainnya, rosehip oil memiliki kandungan 95% bahan yang bermanfaat untuk kecantikan kulit. Kandungan asam linoleat yang ada di dalamnya diyakini mampu mencegah tanda penuaan dini seperti flek hitam akibat sinar matahari, peremajaan kulit, mengencangkan kulit, serta mengurangi kerut dan kusam.

Selain itu, rosehip oil juga kaya vitamin yang dua puluh kali lebih berlimpah dibandingkan dengan lemon sehingga memberikan efek mencerahkan. Rosehip oil berbahan dasar minyak sehingga dapat digunakan juga sebagai pelembap kulit.

Pilihlah rosehip oil yang sesuai dengan kebutuhan, misalnya saja seperti jenis purified oil yang merupakan minyak yang telah melewati proses pengolahan dengan membuang kotoran serta tidak beraroma, sehingga lebih nyaman digunakan dan tidak berbau. Sebaliknya, unpurified oil minyak yang tidak melewati proses terlebih dahulu sehingga konsentrasi minyak akan lebih tinggi.

Baca Juga: Kenali 5 Jenis Minyak Alami yang Berkhasiat untuk Kecantikanmu

Jika membutuhkan rosehip oil dengan kandungan bahan aktif yang lebih melimpah, maka jenis unpurified oil akan menjadi pilihan tepat. Namun jika memiliki alergi dengan aroma tertentu, maka purified oil merupakan pilihan terbaik.

Manfaat Rosehip Oil

Seperti yang sudah diketahui, rosehip oil memiliki segudang kandungan yang dapat dimanfaatkan untuk perawatan kulit wajah. Jika digunakan secara rutin, maka kulit senantiasa akan terlihat lebih cantik dan sehat. Selain itu, rosehip oil juga biasa terkandung di dalam lip balm yang hingga saat ini pun manfaat lip balm tidak dapat diragukan lagi untuk kesehatan bibir. Selengkapnya, simak manfaat rosehip oil bagi kecantikan kulit dan wajah di bawah ini.

Meregenerasi kulit

Rosehip oil memiliki tiga komponen yang dapat membantu proses regenerasi sel yang termasuk sel kulit. Tiga komponen yang dimaksud yaitu unsaturated fatty acids, linoleic acids, dan linolenic acids. Ada beberapa studi menyatakan sebuah fakta bahwa menggunakan rosehip oil selama kurang lebih 3 bulan secara rutin, maka akan membantu proses penyembuhan luka. Bekas luka yang dimaksud yaitu seperti pemulihan luka pada proses masektomi bahkan pengangkatan payudara sehingga hanya meninggalkan bekas luka yang samar.

Baca Juga: Cara Pemakaian Conditioner yang Tepat Agar Rambutmu Lebih Terawat

Menyembuhkan luka

Berkat kelebihan rosehip oil yang mampu meregenerasi kulit, salah satu manfaat yang diminati oleh banyak orang dari minyak ini adalah dapat membantu proses penyembuhan luka. Proses penyembuhan luka diperankan oleh transretinoic acid. Komponen transretionic acid inilah yang memiliki kemampuan sebagai anti-inflamasi untuk membantu sel-sel kulit dalam proses regenerasi. Jadi, tak heran jika pemilik kulit berjerawat menggemari rosehip oil.

Mencegah penuaan

Anti penuaan merupakaan salah satu manfaat dari rosehip oil yang paling banyak digemari oleh para wanita. Rosehip oil memiliki kemampuan terserap hingga ke dalam lapisan kulit sehingga dapat menutrisinya secara menyeluruh. Selain itu, rosehip oil yang kaya anti-oksidan mampu menangkal radikal bebas yang menjadi faktor penuaan. Hal inilah yang membuat rosehip oil digemari oleh semua kalangan.

Melembapkan kulit

Kebanyakan dari kaum wanita memiliki masalah dengan kulit kering dan iritasi. Rosehip oil mampu mengatasi dua masalah tersebut karena mengandung fatty acids yang merupakan kandungan utama di dalam produk moisturizer. Selain melembapkan, rosehip oil juga mampu meredakan iritasi bahkan beberapa kondisi kulit seperti rosacea dan eczema. Rosehip oil juga dapat digunakan untuk melembapkan bibir seperti fungsi lip balm pada umumnya.



Baca Juga: Manfaat Buah Lemon untuk Kecantikan dan Kesehatan Rambut

Sebagai sunscreen

Radikal bebas seperti asap pabrik, asap kendaraan, atau sinar UV yang dapat dijumpai di mana-mana akan berdampak buruk bagi kulit. Dampak buruk yang didapat misalnya muncul flek hitam bahkan hingga timbulnya garis-garis halus yang merupakan tanda penuaan. Anti-oksidan yang terdapat pada rosehip oil mampu membantu menangkal radikal bebas dan juga memperkuat lapisan kulit. Selain itu, kandungan fatty acids dan vitamin A di dalam rosehip oil juga dapat membantu memperbaiki kondisi, tekstur kulit, dan warna kulit yang mungkin terpengaruh oleh polusi maupun sinar UV.

Meratakan warna kulit

Rosehip oil juga menjadi incaran lantaran memiliki kemampuan meratakan warna kulit. Selain itu, rosehip oil juga dapat membuat kulita terlihat lebih flawless dari sebelumnya. Jika memiliki warna kulit yang tidak merata, maka rosehip oil bisa menjadi pilihan terbaik. Penggunaan rosehip oil secara rutin akan meratakan warna kulit sekalipun digunakan pada pemilik kulit sensitif.

Pelembap bibir

Seperti manfaat lip balm yang mampu melembapkan bibir dan melindunginya dari sinar UV, rosehip oil juga bisa digunakan sebagai pelembap bibir. Kandungan vitamin C, anti-oksidan, dan asam lemak esensial yang terdapat di dalamnya mampu menghidrasi kulit serta menjaga kelembapan alami pada bibir.

Baca Juga: 10 Macam Hair Oil yang Bikin Rambutmu Lebih Sehat Alami

Minyak ini kerap kali digunakan oleh orang-orang di luar negeri pada musim dingin untuk mencegah kulit kering maupun pecah-pecah. Jika ingin lebih praktis, gunakanlah lip balm dengan kandungan rosehip oil. Fungsi lip balm yang mengandung rosehip oil di dalamnya juga sama manfaatnya dengan minyak itu sendiri.

Merangsang produksi kolagen

Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa minyak ini mengandung vitamin A dan vitamin C. Keduanya sudah dikenal sebagai anti-oksidan yang baik. Rosehip oil, terutama yang yang melewati proses cold-pressed, akan meresap baik hingga ke jaringan paling dalam pada kulit. Proses tersebut mampu merangsang kulit dalam memproduksi kolagen.

Tekstur rosehip oil yang ringan dan mudah menyerap membuat minyak ini sangat nyaman digunakan untuk segala jenis kulit, termasuk bagi kulit berminyak. Berbeda dengan minyal natural lainnya yang cenderung berkonsentrasi tinggi sehingga perlu dilarutkan dahulu. Penggunaan rosehip oil ini sangat aman bahkan dapat diaplikasikan langsung pada kulit, pemakaiannya pun bisa digunakan setiap hari. Keunggulan inilah yang menyebabkan produk kecantikan yang mengandung rosehip oil di dalamnya begitu banyak diminati.