Home Beauty Manfaat dan Cara Pemakaian Toner Wajah yang Benar

Manfaat dan Cara Pemakaian Toner Wajah yang Benar

Manfaat fungsi kegunaan toner wajah cara pemakaian penggunaan produk kecantikan kulit
Ilustrasi | Gambar: verywellhealth.com

Highlight.ID – Toner adalah salah satu jenis produk perawatan kulit yang mampu mengangkat sisa-sisa kotoran pada kulit wajah karena penggunaan make up atau debu. Toner yang memiliki beberapa istilah lain, yaitu astringent, clarifier atau water refiner ini juga memberikan manfaat bagi kesehatan kulit wajah. Faktanya, belum banyak orang yang tahu manfaat toner wajah dan cara pemakaiannya yang benar.

Wajah tidak cukup bersih jika hanya dibersihkan dengan sabun pencuci atau susu pembersih (milk cleanser). Cara pemakaian toner pada wajah yang utama adalah dengan memakai kapas. Toner ini berupa cairan yang encer, berbahan lembut, dan tidak iritatif sehingga aman digunakan oleh berbagai jenis kulit dan mampu mempertahankan kondisi kulit supaya tetap sehat.

Manfaat Utama Toner

Toner memiliki banyak manfaat untuk wajah sesuai dengan kandungan dan komposisinya. Beberapa manfaat toner wajah yang utama sebagai berikut.




1. Membersihkan sisa-sisa kotoran

Toner mampu membersihkan sisa-sisa kotoran, minyak, dan produk kosmetik yang belum terangkat oleh susu pembersih atau sabun pencuci (face wash).

2. Memaksimalkan penyerapan skin care

Toner juga mampu memengaruhi kinerja skincare pada kulit wajah sehingga hasilnya akan terlihat nyata. Skincare bisa bekerja lebih efektif karena toner mampu menyeimbangkan pH kulit yang mungkin berubah akibat produksi minyak berlebih, polusi, make up, atau produk kecantikan yang mengandung alkohol. Beberapa toner tertentu mampu menyeimbangkan pH sekitar 5 – 5,5 yang sesuai dengan pH alami kulit.

3. Melembapkan dan menghaluskan kulit wajah

Toner yang mampu melembapkan dan menghaluskan kulit adalah toner yang mengandung asam amino, mineral oil, atau hyaluronic acid.

Baca Juga: Mau Belajar Makeup? Kenali 5 Peralatan Kosmetik yang Wajib Dimiliki




4. Mengecilkan pori-pori wajah

Pemakaian toner sebagai salah satu rangkaian skincare routine akan menyebabkan pori-pori wajah yang cenderung besar menjadi lebih kencang dan mengecil. Manfaat yang dirasakan adalah risiko munculnya jerawat akibat pori-pori yang tersumbat menjadi berkurang.

5. Mengatasi kulit kering

Toner sangat baik untuk kulit kering atau sensitif karena mampu mencegah hilangnya air sehingga permukaan kulit tetap lembap. Namun sebenarnya, toner sangat bagus untuk semua jenis kulit wajah agar tetap sehat dan bercahaya (glowing).

6. Mengatasi jerawat dan bekasnya

Toner juga bisa mengatasi jerawat jika pemakaiannya dipakai sebelum produk untuk mengatasi jerawat. Bahkan, kondisi jerawat yang masih ringan bisa diatasi dengan toner saja yang memiliki kandungan benzoil peroksida atau asam salisilat. Selain itu, toner dengan kandungan tersebut bisa menutup pori-pori, mencegah timbulnya jerawat dan komedo, serta menghilangkan bekas jerawat.

7. Menghilangkan minyak di kulit

Jenis toner yang mengandung alkohol (astringent) mampu menghilangkan sebum atau minyak pada kulit wajah yang menyebabkan penampilan menjadi kurang maksimal. Toner ini juga mampu mengurangi kilap sehingga riasan wajah lebih awet karena tidak tertutup keringat atau minyak.

Cara Memakai Toner yang Tepat



Baca Juga: Bagus untuk Kesehatan Kulit, Ini Perbedaan Day Cream dan Night Cream

Hal yang harus diperhatikan ketika memilih toner adalah tidak memilih produk toner yang mengandung alkohol atau toner jenis astringent karena bisa menyebabkan kulit kering. Setiap orang memiliki kecocokan yang berbeda-beda terhadap jenis toner. Selain itu, setiap orang juga harus tahu cara memakai toner yang benar. Simak ulasan tentang cara pemakaian toner berikut ini.

1. Toner dipakai setelah membersihkan wajah

Pertama, wajah dibersihkan terlebih dahulu dengan memakai pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit. Pembersih wajah bisa berupa sabun (facial foam), susu pembersih (milk cleanser), atau micellar water. Jika memakai riasan (makeup) yang tebal sebaiknya dibersihkan dengan makeup remover terlebih dahulu, kemudian memakai produk pembersih wajah. Kulit harus benar-benar bersih sebelum memakai toner.

2. Tangan harus bersih

Sebelum membersihkan wajah, cucilah tangan terlebih dahulu dengan sabun supaya kulit tidak terkontaminasi bakteri. Jika semua sudah bersih, toner akan bekerja secara maksimal.

Baca Juga: Girls, Ini Perbedaan AA Cream Hingga EE Cream yang Harus Kamu Tahu

3. Gunakan kapas

Tuangkan ke kapas sekitar satu hingga tiga tetes toner supaya cukup untuk seluruh wajah. Namun, kapas sebaiknya tidak terlalu basah. Lalu usapkan kapas tersebut ke seluruh wajah dan leher. Lakukan gerakan ke atas wajah dan beri tekanan yang cukup ketika memakai toner supaya wajah menjadi segar.

4. Waktu terbaik untuk pemakaian toner

Toner tidak boleh digunakan secara berlebihan karena bisa menyebabkan wajah memproduksi minyak yang terlalu banyak sehingga berisiko timbul jerawat. Waktu dan cara pemakaian toner terbaik adalah pada pagi dan malam hari saja bagi pemilik kulit berminyak. Penggunaan toner setiap pagi dan malam bisa menghilangkan sisa-sisa makeup yang belum terangkat oleh facial wash, minyak, dan kotoran lain yang masuk ke pori-pori sehingga kulit menjadi lebih bersih dan cerah.

Sedangkan bagi pemilik kulit kering, toner sebaiknya digunakan pada malam hari saja supaya pori-pori tidak tersumbat. Pemakaian toner hanya pada malam hari ini juga mampu menghapus setiap kotoran dan membantu proses pembaruan kulit ketika kita sedang tidur.

5. Pakailah pelembap

Mungkin masih belum banyak orang yang tahu bahwa setelah menggunakan toner sebaiknya memakai pelembap supaya kulit tetap lembap dan halus. Dengan demikian, kulit wajah akan lebih sehat. Pakailah pelembap yang sesuai dengan jenis kulit wajah.

Setelah tahu manfaat toner wajah dan cara pemakaian toner yang benar, kamu sebaiknya mulai mempraktikkan dalam rutinitas perawatan wajah. Pilihlah toner yang terbuat dari bahan alami supaya lebih aman untuk digunakan dan hasilnya lebih maksimal. Selain itu, gunakan toner sebelum menggunakan essence dan serum. Selamat mencoba!