Home Beauty 7 Manfaat Baby Oil untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

7 Manfaat Baby Oil untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

Manfaat kegunaan baby oil minyak bayi orang dewasa kesehatan kecantikan kulit rambut
Ilustrasi | Foto: simplemost.com

Highlight.ID – Orang dewasa yang sudah memiliki bayi tentu gak asing dengan baby oil. Pasalnya, baby oil merupakan salah satu produk yang digunakan untuk merawat bayi. Aman untuk kulit bayi yang sensitif, baby oil memiliki fungsi utama membersihkan, memijit, dan melembapkan kulit bayi. Sebagian besar terbuat dari mineral oil yang tidak berbau dan tidak berwarna, baby oil juga memiliki kandungan lainnya seperti pewangi.

Asal kamu tahu, minyak mineral yang terdapat dalam baby oil diambil melalui proses penyulingan dan pemurnian minyak bumi. Sementara zat pewangi dalam baby oil berguna untuk membuat pikiran dan tubuh bayi lebih nyaman. Produk baby oil yang beredar di pasaran ada pula yang dicampuri dengan bahan-bahan lainnya seperti lidah buaya misalnya.




Dalam perkembangannya, baby oil tidak sebatas dipakai untuk merawat bayi saja. Baby oil ternyata banyak digunakan oleh orang dewasa untuk berbagai keperluan, khususnya yang berkaitan dengan kecantikan. Terlebih lagi, baby oil juga bisa menggantikan produk-produk lainnya seperti makeup remover dan krim cukur.

Kegunaan Baby Oil untuk Orang Dewasa

1. Menghapus makeup di wajah

Biasanya, kaum wanita akan menggunakan produk kecantikan seperti makeup remover untuk menghapus riasan di wajah. Pembersihan makeup ini perlu dilakukan setiap hari agar wajah terhindar dari masalah kulit kering, jerawat, dan penuaan dini.

Baca Juga: Cari Tahu Manfaat Rosehip Oil untuk Kecantikan Kulit dan Wajah, Yuk!




Cara pemakaiannya, tuangkan baby oil secukupnya pada kapas. Kemudian, usap kapas yang telah ditetesi baby oil pada bagian wajah yang ada riasannya. Langkah terakhir, bilas muka dengan air hangat dan keringkan dengan handuk. Selain menghapus makeup, baby oil juga dapat menghilangkan noda di wajah.

2. Menyamarkan lingkaran hitam di area mata

Munculnya lingkaran hitam di bawah mata disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya yakni kelelahan atau kurang tidur. Selain itu, lingkaran hitam tersebut pada dasarnya merupakan bayangan kelopak mata atau cekungan yang terjadi proses penuaan. Bagi sebagian orang, bayangan hitam ini adalah sesuatu yang dianggap mengganggu penampilan.

Dengan baby oil, kamu bisa sedikit menyamarkan bayangan hitam dengan cara mengoleskannya dengan kapas atau tisu di area mata secara hati-hati. Jangan sampai baby oil mengenai mata karena akan menimbulkan iritasi. Pijat dengan ringan selama sekira 2 menit kemudian bersihkan sisa baby oil yang ada.

3. Menggantikan krim cukur

Mencukur bulu-bulu (shaving) yang tidak diinginkan di bagian tubuh tanpa krim merupakan kebiasaan yang harus dihindari. Sebabnya, kulit kamu akan lebih rentan terkena iritasi akibat penggunaan alat cukur selama proses shaving. Nah buat para pria yang biasa melakukan shaving, baby oil bisa dipakai untuk menggantikan krim cukur.



Baca Juga: Kenali 5 Jenis Minyak Alami yang Berkhasiat untuk Kecantikanmu

Sebelum maupun sesudah shaving, aplikasikan baby oil pada bagian tubuh yang dicukur rambutnya. Sama dengan krim pencukur, baby oil ini juga berfungsi untuk mencegah iritasi maupun goresan. Meskipun demikian, baby oil sebagai pengganti krim cukur sebaiknya dipakai dalam keadaan tertentu saja.

4. Melembapkan kulit dan bibir

Kandungan minyak mineral dalam baby oil berguna untuk membuat kulit dan bibir tetap lembap. Hasilnya, kulit dan bibir akan menjadi lebih bercahaya, cerah, dan terhidrasi dengan baik. Kulit dan bibir yang terjaga kelembapannya akan terhindari dari pecah-pecah dan kering.

Tahap pertama, tuangkan baby oil pada telapak tangan secukupnya saja. Jika terlalu berlebihan, baby oil malah justru akan menutup pori-pori kulit. Usapkan baby oil secara merata pada permukaan wajah dan bibir. Untuk bagian bibir, kamu juga bisa memanfaatkan baby oil sebagai scrub bibir, lho. Caranya, campurkan baby oil dengan perasan jeruk lemon dan setengah sendok teh gula pasir lalu oleskan dan gosokkan secara perlahan pada permukaan bibir.

5. Menguatkan dan melindungi rambut

Pengaplikasian baby oil pada rambut berguna untuk agar pori-porinya terlindungi. Dengan demikian, maka risiko penyerapan air ke dalam pori-pori rambut yang terlalu banyak bisa diturunkan. Jika air yang terserap ke dalamnya terlalu banyak maka bisa rambut menjadi lemah dan cepat rusak.

Baca Juga: 10 Macam Hair Oil yang Bikin Rambutmu Lebih Sehat Alami

Tak hanya itu, baby oil juga dipercaya mampu melindungi rambut pada paparan zat kimia terutama pada saat berenang. Kutu rambut juga bisa disingkirkan dengan pemakaian baby oil yang tepat.

6. Melembapkan dan melembutkan rambut

Baby oil yang diusapkan ke rambut dapat menciptakan penghalang yang berguna untuk menjaga kelembapan rambut. Jika tidak terjaga kelembapannya, kulit kepala dan akar rambut akan menjadi kering dan bisa memicu ketombe.

Selain itu, kutikula rambut dapat terlindungi sehingga lapisan dalam rambut tidak mudah rusak. Dengan demikian, maka rambut akan terlihat lebih bersinar, lembut, dan terjaga keindahan alaminya.

7. Mengurangi ketombe

Umumnya, ketombe muncul di kepala karena jamur yang mampu menguraikan kelenjar minyak atau sebum. Kurangnya perawatan rambut juga bisa menjadi pemicu ketombe mengganggu. Jika dibiarkan, maka ketombe dapat memberikan dampak buruk seperti kerontokan rambut misalnya. Selain membuat tidak nyaman, ketombe juga bisa membuat rambut sering gatal-gatal.

Untuk mengatasi ketombe, kamu bisa mengoleskan baby oil di area kepala lalu mendiamkannya selama kurang lebih 1  jam. Jika sudah, kamu dapat membersihkan kembali rambut dengan shampo biasa. Dengan cara yang mudah dipraktikkan ini, rambut kamu akan terhindar dari ketombe maupun kulit kepala bersisik.