Home Beauty 8 Manfaat Bedak Tabur untuk Merawat Kecantikan Wajah Hingga Rambut

8 Manfaat Bedak Tabur untuk Merawat Kecantikan Wajah Hingga Rambut

Manfaat kegunaan fungsi bedak wajah foundation produk makeup kecantikan cara pemakaian
Ilustrasi | Gambar : lorealparisusa.com

Highlight.ID – Manfaat bedak wajah harus diketahui oleh semua orang, terutama kaum hawa. Faktanya, ada berbagai macam jenis bedak dengan fungsi yang berbeda-beda di seluruh dunia. Kenali terlebih dahulu jenis-jenis bedak dan manfaatnya masing-masing sebelum kamu memutuskan untuk membeli bedak. Kenapa? Karena ketidakpahaman tentang hal ini akan membuatmu salah memakainya. Artikel ini akan membahas secara khusus tentang manfaat bedak tabur (loose powder).

Bedak tabur adalah salah satu jenis bedak yang digunakan oleh orang banyak sedari kecil. Formulasi bedak ini lebih ringan daripada bedak padat sehingga bedak tabur lebih digemari daripada bedak padat. Bedak ini bisa digunakan untuk semua jenis kulit, tetapi pemakaiannya kurang praktis karena sering tumpah ke segala arah, termasuk ke pakaian. Cara pemakaian bedak tabur yang benar adalah memakai spons basah atau kuas supaya tidak berceceran. Pakailah bedak tabur secukupnya supaya wajah tidak terlihat seperti menggunakan topeng.




Kegunaan Bedak Tabur

1. Menyerap minyak pada wajah

Bedak tabur mampu menyerap minyak berlebih pada permukaan kulit sehingga sangat cocok untuk pemilik kulit berminyak. Dengan partikel yang lebih halus bedak tabur bisa diratakan di seluruh wajah dengan mudah. Bagi pemilik kulit berminyak disarankan memakai bedak ini, terutama ketika beraktivitas di luar ruangan. Pakailah bedak ini di wajah dan leher yang berkeringat agar penampilan tidak terlihat mengkilap.

2. Menyamarkan kulit yang bermasalah

Masalah kulit seperti kemerahan karena iritasi dan berjerawat kecil pada wajah bisa disamarkan dengan bedak tabur. Bahkan, bedak ini bisa mengurangi jerawat karena mampu menyerap minyak yang berlebih di wajah. Jika kulit sedang bermasalah maka sangat disarankan untuk memakai bedak tabur saja.

Baca Juga: 9 Macam Bedak dan Kegunaannya yang Bisa Kamu Pilih Sesuai Jenis Kulit




3. Memberikan riasan yang natural

Pemakaian bedak tabur bisa menghasilkan tampilan yang natural. Bedak ini juga mampu membuat kulit wajah lebih halus dan warna kulit merata. Gunakan bedak tabur untuk acara yang lebih santai, riasan kerja di kantor, dan kegiatan harian lainnya. Kesalahan dalam memilih warna (shade) bedak tabur tidak akan membuat wajah cemong karena bedak ini mudah diatur pemakaiannya.

Bedak tabur mampu menyerap minyak tanpa membuat wajah terlihat terlalu tebal (cakey). Cara pemakaian bedak tabur sebaiknya dilakukan pada proses akhir riasan supaya bertahan lama, walaupun terkena keringat. Selain itu, bedak tabur bisa dipakai untuk touch up riasan.

4. Membuat bulu mata lentik dan bervolume

Rasanya, sebagian besar wanita ingin memiliki bulu mata yang lentik dan bervolume. Bulu mata yang menawan akan mengubah penampilan secara keseluruhan. Faktanya, maskara yang dipakai hanya bertahan dalam beberapa jam. Untuk mengatasi masalah ini, taburi bulu mata yang masih basah dengan bedak tabur setelah memakai maskara. Cara pemakaiannya, bedak tabur ini ditutup dengan pemakaian maskara kembali pada bulu matamu. Voila, bulu matamu akan terlihat lebih lentik dan bervolume seketika.

5. Membuat eyeshadow menyatu dengan kulit

Harus diakui,mengaplikasikan eyeshadow bukan perkara mudah. Eyeshadow terkadang tak mampu menyatu dengan kulit kelopak mata saat diaplikasikan. Tapi kamu nggak perlu khawatir karena bedak tabur mampu mengatasinya dengan baik.

Siapkan bedak dan kuas eyeshadow. Kemudian, kamu hanya perlu mengaplikasikan bedak tabur secara perlahan pada riasan termasuk kelopak mata agar garis-garis yang mengganggu bisa hilang.



Baca Juga: Selain Memberi Warna pada Bibir, Lipstik Punya Beragam Manfaat Buat Cewek

Bedak tabur bisa pula dimanfaatkan pada bagian bawah mata agar nggak kusut karena concealer. Dengan begitu, garis halus di bagian bawah mata akan tertutupi serta penggunaan foundation dan concealer yang berlebihan tidak terlalu terlihat.

6. Bikin lipstik glossy jadi matte dan tahan lama

Lipstik glossy bikin bibir kamu nggak nyaman? Tak perlu repot lagi, kamu bisa gunakan bedak tabur untuk membuat lipstik glossy kamu menjadi matte. Bibir yang telah dipulas dengan lipstik glossy ditaburi dengan bedak tabur secara pelan-pelan. Pakai bedak yang netral agar warna lipstik tidak pudar.

Satu hal lagi yang perlu kamu pahami, bedak tabur bermanfaat juga untuk membuat lipstik lebih tahan lama seharian. Caranya, aplikasikan lipstik seperti biasa lalu bibir ditempeli dengan tisu kemudian langkah terakhir, taburi dengan bedak. Dijamin deh lipstik kamu bakal lebih awet meski tanpa touch up berulang-ulang.

7. Lipstik awet seharian

Lipstik yang gak tahan lama kerap bikin repot. Daripada berkali-kali memulaskan lipstik, gunakan bedak tabur agar pulasan tahan lama. Lakukan langkah ini, aplikasikan lipstik seperti biasa kemudian tempeli bibir dengan tisu kering. Setelah itu, taburi dengan bedak. Hasilnya, lipstik kamu bakal lebih awet sehingga intensitas touch up bisa dikurangi.

8. Jadi dry shampoo

Penampilan kamu akan kelihata kusut dengan rambut lepek karena keringat dan minyak berlebih di kulit kepala. Keramas bisa jadi solusi. Namun, ini kerap tidak memungkinkan saat waktu sudah mepet. Kamu bisa memanfaatkan bedak tabur sebagai sampo kering (dry shampoo). Gak nyangka kan? Bedak tabur yang biasa diaplikasikan di wajah ternyata juga bisa digunakan pula untuk merawat rambut.

Masalah rambut lepek dan berminyak bisa kamu atasi dengan menggunakan bedak tabur sebagai dry shampoo. Meski terdengar aneh, cara ini bisa dibilang cukup ampuh loh. Langkah yang bisa kamu lakukan, taburi bedak tabur pada kulit kepala lalu gosok dan sisir hingga merata. Dalam waktu sekejap saja, rambutmu akan terlihat lebih bagus dan tak lagi lepek, sebab bedak tabur mampu menyerap kelebihan minyak dan keringat pada rambut.

Taburkan bedak pada kulit kepala, gosok seperti kamu keramas dengan sampo biasa. Setelah itu, sisir rambut untuk membuang sisa bedak. Fungsi bedak yakni untuk menyerap minyak dan keringat berlebih pada rambut sehingga kamu bisa katakan bye-bye pada rambut lepek.