Home Beauty Manfaat Body Scrub untuk Kecantikan Kulit dan Cara Pemakaiannya

Manfaat Body Scrub untuk Kecantikan Kulit dan Cara Pemakaiannya

Manfaat kegunaan fungsi body scrub treatment perawatan tubuh salon spa
Ilustrasi | Gambar: pinterest.com

Highlight.ID – Apa yang kamu lakukan jika kamu punya waktu luang untuk me-time setidaknya sekali seminggu? Traveling, hangout bareng teman atau, cukup diam di rumah? Berada di rumah tentu kamu bisa manjain diri dengan berbagai aktivitas, seperti merawat diri sendiri misalnya. Ada banyak jenis perawatan tubuh, salah satunya body scrub.

Body scrub adalah perawatan tubuh seperti facial dan fungsinya menambah hidrasi tubuh kamu. Bahan-bahannya terdiri dari garam, gula, ampas kopi, green tea, massage oil, essential oil, dan beberapa bahan kimia yang sifatnya abrasif. Kamu bisa beli di apotek, toko kosmetik, dan pusat perbelanjaan. Kalau punya cukup waktu, kamu pun bisa meracik sendiri bahannya di rumah.




Apa bedanya body scrub dengan lulur? Lulur biasanya terbuat dari bahan rempah seperti cengkeh, jahe, kunyit, dan lainnya, sedangkan scrub lebih banyak mengandung buah-buahan. Tapi tak jarang lulur juga memakai bahan-bahan berkarbohidrat tinggi seperti cokelat dan beras. Kamu juga bisa membedakannya dengan mencermati tekstur lulur yang lebih kasar ketimbang body scrub.

Selain itu, lulur biasanya kamu pakai sebelum mandi. Sedangkan fungsi body scrub lebih optimal dipakai setelah mandi saat kulit cantikmu lembap supaya bahannya dapat meresap ke tubuh. Kalau kamu punya kulit sensitif, kegunaan body scrub lebih manjur untuk menghidrasi kulitmu dengan teskturnya yang lembut. Kemudian kamu juga bisa tentukan jenis body scrub mana yang cocok.

Baca Juga:
Khasiat Pijat Batu Panas, Merelaksasi Tubuh Hingga Melancarkan Sirkulasi Darah




Kamu harus memperhatikan beberapa hal sebelum membeli jenis body scrub yang beredar di pasar. Ada banyak jenis body scrub, tapi tentunya kamu harus jeli memilih apa kandungan dan khasiat body scrub terbaik untuk kulitmu. Ketahui jenis kulitmu, lihat apakah ada komposisi yang bikin kulit alergi.

Ternyata jenis body scrub terbaik adalah yang mengandung bahan-bahan murni alami, tapi tentu saja dengan harga yang cukup mahal. Beberapa jenis body scrub lokal dengan harga murah seperti Sari Ayu, Bali Ratih, Wardah, Purbasari, Mustika Ratu dan lainnya bisa kamu pertimbangkan. Beberapa jenis body scrub memang memakai bahanbahan kimia, tapi pilihlah yang tidak bikin kulitmu rusak, ya.

Kegunaan Body Scrub

Bahan body scrub berbahan dasar garam laut ternyata mengandung mineral yang cukup baik untuk kesehatan kulitmu. Jika kamu rutin melakukan scrub sekali seminggu, manfaat body scrub yang akan kamu dapatkan adalah kulit yang bersinar cerah. Siapa, sih, wanita yang tidak senang punya kulit cerah alami?

Regenerasi kulit terjadi setiap hari, sel kulit baru menggantikan sel kulit mati. Tapi tak jarang sel kulit mati masih menempel di tubuhmu hingga bikin kamu terlihat kusam tak terawat. Body scrub yang rutin kamu aplikasikan bakal membantu sel kulit mati terangkat dari tubuhmu sehingga pergantian sel kulit lancar dan bikin kamu terlihat menawan.



Baca Juga:
Memanjakan Diri di Salon Kecantikan dengan Perawatan Body Spa

Kalau kamu mencoba body scrub di salon dan spa, tentu kamu bakalan dapat poin tambahan seperti pemijatan. Tapi kamu bisa lakukan sendiri di rumah, meskipun hasilnya tak semaksimal di spa. Nah, pemijatan saat body scrub membantu merelaksasi tubuhmu dan melancarkan sirkulasi darah yang semula sempat terhambat.

Cara Pemakaian Body Scrub yang Benar

1. Bersihkan tubuh sebelum pakai body scrub

Sebelum mulai ritual perawatan diri body scrub, kamu wajib mandi pakai sabun mandi sampai bersih. Bersihkan semua kotoran yang masih nempel di pori-pori tubuh kamu supaya scrub bisa lebih optimal kinerjanya. Kalau kamu punya sabun antiseptik, itu juga bagus untuk menghilangkan kuman dan patogen yang nempel di kulit.

Bilas sabun dengan air, pastikan busa sabun tak lagi melekat. Kalau kamu tak suka langsung memakai body scrub saat tubuh masih sedang basah-basahnya, kamu bisa tunggu dulu sebentar. Jika diam bikin kamu merasa terlalu lama, kamu bisa sedikit melap sisa air di tubuhmu pakai handuk. Tapi ingat, ya, jangan sampai benar-benar kering, karena body scrub harus dalam kondisi lembap.

2. Oleskan body scrub dengan gerakan memutar

Setelah tubuh kamu bersih dan tidak terlalu basah, oleskan body scrub pelan dengan gerakan memutar. Gerakan ini lebih efektif dan bikin scrub cepat meresap ke pori-pori ketimbang kamu melakukannya dengan gerakan dari atas ke bawah. Salah-salah malah kulitmu jadi keriput. Pastikan juga jenis body scrub yang kamu pilih cocok untuk kulitmu dan tidak bikin alergi.

Baca Juga:
Manfaat Perawatan Luluran dan Kerugian yang Perlu Diketahui

3. Lakukan pemijatan tubuh

Pijat tubuhmu sembari oleskan scrub. Tak masalah kalau kamu lebih suka meratakannya dulu ke tubuh dan memijat setelahnya. Pijatanmu tak perlu sekeras tukang urut panggilan, cukup pijat lembut bagian tubuh yang perlu direlaksasi. Selesai pemijatan, diamkan sebentar. Koreksi juga bagian tubuh mana yang belum digosok maksimal, seperti siku, lutut, bokong, dan mata kaki.

4. Bilaslah dengan air dingin

Saat scrub dirasa sudah meresap sekitar 2 – 3 menit di pori-pori, bilas tubuhmu pakai air sambil terus digosok. Penggosokan ini fungsinya menghilangkan scrub yang masih nempel di tubuh jika tekanan air tak cukup menghilangkannya. Jangan sampai ada sisa scrub yang nempel di kulit karena akan jadi kerak jika sudah kering.

5. Keringkan dengan handuk

Tahap terakhir body scrub, keringkan tubuhmu dengan handuk yang lembut setelah selesai kamu bilas. Jangan pernah gosok tubuhmu pakai handuk karena gesekan justru bikin kulitmu iritasi dan perih. Sebaiknya, kamu tempel pelan-pelan handuk di kulit yang basah. Kalau bahan handukmu mudah menyerap, kulitmu bakalan cepat kering tanpa harus menggosoknya.

Dengan tubuh wangi dan segar, manfaat body scrub bikin kamu lebih percaya diri jalani hari.