Home Beauty Manfaat Buah Lemon untuk Kecantikan dan Kesehatan Rambut

Manfaat Buah Lemon untuk Kecantikan dan Kesehatan Rambut

manfaat fungsi kegunaan buah lemon alami natural untuk kecantikan kulit kepala rambut kesehatan apa saja nutrisi kandungan vitamin
Manfaat buah lemon untuk kecantikan rambut | Foto: stylecraze.com

Highlight.ID – Buah lemon ternyata telah lama digunakan sebagai bagian dari perawatan rambut dan masker untuk menambah kesehatan rambut. Kandungan nutrisi dalam lemon pun sangat kaya. Sebut saja citric acid, kalsium, magnesium, vitamin C, pectin, dan flavonoids.

Tapi apakah kamu masih ragu karena pernah mendengar mitos bahwa lemon bisa membuat rambut beruban? Singkirkan keraguan itu karena tidak ada bukti yang mendasarinya. Justru sebaliknya, lemon memberi begitu banyak manfaat bagi rambut. Apa saja? Simak di bawah ini.




Khasiat Lemon untuk Rambut Lebih Cantik

1. Mencegah kerontokan rambut

Begitu kayanya lemon dengan vitamin C sehingga bisa meningkatkan pertumbuhan rambut lewat produksi kolagen. Selain itu, sifat acidic dari lemon bisa membantu merapatkan folikel rambut dan mencegah kerontokan. Bagaimana cara mencegah kerontokan sekaligus menstimulus tumbuhnya rambut?

Gabungkan satu sendok makan minyak zaitun dengan setengah sendok makan castor oil. Tambahkan tiga tetes essential lemon. Campur dan pijat ke kulit kepala selama 5 hingga 10 menit. Diamkan semalaman. Saat pagi harinya, bilas dengan shampoo. Lakukan hal ini secara rutin misalnya seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca juga:

Cara kedua adalah dengan menggabungkan dua sendok makan gel aloe vera dengan satu sendok makan lemon. Pijat ke kulit kepala secara menyeluruh selama kurang lebih lima menit. Sesekali gunakan juga lidah buaya untuk memijat area kulit kepala. Baru kemudian bilas setelah 30 menit berselang.

2. Menjaga kebersihan kulit kepala

Dengan mengaplikasikan lemon di kulit kepala, maka folikel yang tersumbat bisa teratasi. Tahukah kamu, penyebab ketombe dan rambut rontok di antaranya adalah karena ada sumbatan di bagian folikel rambut. Selain itu, buah yang satu ini juga punya kandungan anti jamur sehingga bisa menjaga kesehatan sekaligus kebersihan dari kulit kepala.

Caranya, cukup gabungkan lemon dengan cuka. Setelah larutannya jadi, pijat perlahan ke kulit kepala selama 10 menit. Diamkan sejenak, baru kemudian dibilas dengan shampoo yang lembut.

3. Mengatasi rambut lepek


Jika rambut mengandung minyak berlebih, maka ada kecenderungan akan mudah lepek. Tentu tidak mau kan, tampil dengan rambut lepek di acara penting? Nah, dengan mengaplikasikan air lemon di rambut, kadar minyak di kepala akan terjaga. Rambutmu bisa tetap mengembang meski digunakan beraktivitas.

4. Mengatasi rambut bercabang

Jika kamu mengalami keluhan rambut bercabang, coba gunakan lemon untuk mengatasinya. Caranya mudah, cukup campurkan dengan minyak zaitun dan dibalurkan ke rambut. Lakukan metode ini secara rutin agar rambut tidak bercabang lagi.

5. Menghilangkan bau rambut

Kadangkala, aroma tidak sedap atau bau tertentu muncul dari rambut yang berminyak atau terpapar debu dan sinar matahari. Siasati dengan selalu membawa botol semprot kecil berisi air lemon. Cukup mudah caranya, hanya dengan memeras sari lemon ke dalam botol kecil. Saat merasa rambut terpapar bau dari sekitar, semprotkan sari lemon tersebut agar rambut kembali segar.

6. Membasmi kutu rambut

Bahkan lemon juga yang bisa mengatasi masalah kutu pada rambut. Asam sitrat yang terkandung dalam lemon bisa ampuh mengusir kutu. Caranya bagaimana? Cukup peras lemon dan campur dengan cuka. Lalu oleskan pada kulit kepala dengan merata, dan diamkan selama 30 menit. Gunakan shower cap untuk menutupi rambutmu. Setelah itu, bilas dan keramas hingga bersih menggunakan shampoo.

Baca juga:

7. Mengatasi infeksi kulit kepala

Jika kulit kepalamu mengalami infeksi, gunakan air lemon untuk mengobatinya. Memang air lemon terasa asam, tapi pada dasarnya lemon bersifat sangat basa, dengan PH yang sangat rendah. Jadi, jika ada infeksi karena tidak sengaja menggaruk terlalu keras atau tergores, oleskan saja air lemon di kulit kepala untuk mengatasinya dari infeksi.

8. Sebagai metode bleaching

Apakah kalian gemar mewarnai rambut? Jika jawabannya adalah iya, maka perlu proses bleaching untuk menghilangkan pigmen alami rambutmu. Ini adalah tahap pertama sebelum rambut bisa menerima warna “baru” agar lebih mudah terserap. Nah, biasanya dalam proses bleaching tersebut, air lemon bisa juga membantu jika dioleskan secara merata ke rambut. Ingat, buah lemon merupakan salah satu buah yang mengandung bleaching agent.

9. Melembapkan rambut

Saat melon berpadu dengan madu, ada begitu banyak manfaat yang bisa diambil. Tidak hanya untuk kesehatan tubuh saja jika dikonsumsi, tetapi juga untuk kesehatan rambut. Kombinasi madu dan lemon sangat sempurna untuk mempertahankan kelembapan rambut. Madu bisa menjaga kelembapan batang rambut dan membuatnya berkilau.

Perawatan yang secara rutin dilakukan akan membuat rambut terjaga kelembapannya. Lakukan terapi ini satu minggu sekali dengan cara melapisi kulit kepala dengan campuran madu dan lemon. Tunggu selama 20 menit, dan basuh dengan shampoo lembut.

Nah, bagaimana? Melihat begitu banyaknya manfaat dari lemon, tidak ada salahnya mencoba untuk menambah kesehatan rambut. Terlebih jika kamu memiliki keluhan yang juga sama seperti hal-hal di atas.

Tapi ingat, ada beberapa aturan yang harus diingat sebelumnya yaitu: Gunakan dengan frekuensi yang wajar jangan terlalu sering. Lalu, perhatikan reaksi kulit kepala, jika terasa perih atau tidak cocok, jangan dilanjutkan dan segera bilas dengan air bersih. Dan, jangan lakukan terapi ini pada wilayah di rambut yang sedang luka atau teriris.

Jika sudah mencoba pengalaman saat merawat rambut dengan lemon, atau punya saran lain untuk perawatan, bagikan di kolom komentar, ya! Cheers!



Artikel Menarik:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here