Home Tips Education Gak Hanya Membersihkan Tangan, Ini 7 Manfaat Hand Sanitizer

Gak Hanya Membersihkan Tangan, Ini 7 Manfaat Hand Sanitizer

Manfaat kegunaan fungsi hand sanitizer kebersihan kesehatan tangan cara pemakaian bahan
Ilustrasi | Foto: nextgov.com

Highlight.ID – Padatnya aktivitas seringkali membuat kita mengabaikan kebersihan diri. Padahal, menjaga kebersihan diri penting dilakukan agar kuman seperti virus, bakteri, dan jamur tidak bersarang di tubuh. Namun dengan adanya protokol kesehatan untuk menanggulangi pandemi Covid-19, masyarakat mulai sadar pentingnya menjaga kesehatan.

Salah satu organ tubuh yang perlu selalu diperhatikan kebersihannya yakni tangan. Pasalnya, tangan merupakan bagian tubuh yang paling sering berinteraksi dengan benda-benda, baik memegang maupun hanya sekadar menyentuhnya. Misalnya ketika kamu memegang gagang pintu, menyentuh smartphone atau keyboard laptop/komputer atau memencet tombol lift. Belum lagi, jika kamu harus berjabat tangan dengan orang lain.




Ketika tangan menyentuh dan memegang sesuatu itulah, kuman atau virus berpotensi untuk menyebar. Apalagi jika kamu langsung menyentuh anggota tubuh lainnya seperti mata, hidung atau mulut tanpa membersihkan tangan terlebih dahulu, maka virus akan dengan mudah bersarang di tubuh.

Agar virus dan kuman tidak menyebar ke mana-mana, seharusnya kamu mulai membiasakan diri untuk senantiasa menjaga kebersihan tangan. Cara paling mudah seperti yang disarankan WHO yakni dengan mencuci tangan memakai sabun dengan air yang mengalir. Namun dalam kondisi tertentu, orang lebih memilih hand sanitizer untuk membersihkan tangan karena mudah dibawa dan tentunya lebih praktis.

Kamu juga nggak perlu khawatir apabila tidak membawa hand sanitizer karena selama pandemi ini, hand sanitizer gampang ditemukan di tempat-tempat umum. Sebelum wabah Covid-19 melanda dunia, orang mungkin jarang menggunakan produk berbahan etanol, gliserol, hidrogen peroksida, dan air steril ini. Tapi kini, memakai hand sanitizer untuk membersihkan tangan sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian orang.

Baca Juga: Mencuci Tangan Pakai Sabun, Apa Saja Kegunaannya?




Cara pemakaian hand sanitizer yang benar bisa dipraktikkan oleh siapa saja. Langkah pertama yakni menuangkan hand sanitizer pada telapak tangan secukupnya. Kemudian gosok hand sanitizer di tangan selama kurang lebih 20 – 30 detik sehingga tangan akan menjadi seperti basah. Pastikan semua bagian tangan termasuk sela-sela jari dan kuku. Sesudah itu, jangan membasahi tangan dengan air atau mengeringkannya dengan kain. Hand sanitizer yang telah diaplikasikan lama-lama akan mengering sendiri.

Hand sanitizer memang dapat menjadi pilihan terutama ketika kamu tidak menemukan sabun atau air. Walau demikian, hand sanitizer sebenarnya tidak menggantikan cuci tangan sepenuhnya. Pasalnya, sabun diklaim lebih efektif untuk membersihkan tangan dibandingkan hand sanitizer. Selain itu, hand sanitizer juga akan memberikan dampak negatif jika terlalu sering menggunakannya. Misalnya kulit akan menjadi lebih kering karena kandungan alkohol dalam hand sanitizer dapat mengangkat sel-sel kulit.

Kegunaan Hand Sanitizer dalam Kehidupan Sehari-hari

1. Menjaga kebersihan

Sesuai namanya, fungsi utama hand sanitizer yakni untuk membersihkan tangan dari debu dan kuman pembawa penyakit sperti virus, bakteri, dan jamur. Selain itu, hand sanitizer yang merupakan produk antiseptik juga bisa menjaga kulit tetap lembut dan halus.

2. Mencegah kuman

Kuman dapat dengan mudah menyebar melalui tangan. Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk selalu menjaga kebersihan tangan salah satunya lewat pemakaian hand sanitizer. Oleskan hand sanitizer pada keseluruhan bagian tangan dan biarkan mengering dengan sendirinya.

Baca Juga: Giatkan CPTS, Lifebuoy Luncurkan Inisiatif “C untuk Cuci Tangan”



3. Membersihkan benda-benda

Mungkin banyak orang yang belum tahu, bahwa ternyata hand sanitizer bisa juga untuk membersihkan barang-barang, lho! Contohnya, kamu bisa membersihkan kacamata, layar smartphone, laptop, jam tangan, dan lainnya.

4. Mudah dibawa

Satu hal yang membuat orang lebih memilih hand sanitizer yakni karena kepraktisannya. Umumnya dikemas dalam botol dengan berbagai ukuran, hand sanitizer tentu lebih mudah dibawa bepergian ke manapun. Bandingkan jika kamu harus membawa sabun dalam tas, pasti akan sangat merepotkan, bukan?

5. Pengganti deodoran

Kehabisan deodoran? Jangan khawatir karena kamu bisa menggunakan hand sanitizer sebagai pengganti deodoran. Caranya, aplikasikan hand sanitizer di area ketiak seperti halnya kamu memakai deodoran. Kandungan alkohol dalam hand sanitizer lumayan efektif untuk membunuh bakteri penyebab bau badan.

6. Menghapus noda membandel

Hand sanitizer dapat dimanfaatkan untuk membersihkan noda tinta atau spidol permanen yang menempel di pakaian. Selain mengganggu, noda di pakaian akan dapat mempengaruhi penampilan seseorang. Untuk menghilangkan noda di pakaian, letakkan tisu atau kertas di bawah kain lalu oleskan hand sanitizer pada noda dan diamkan sebentar. Selanjutnya, gosok dengan kain atau tisu. Ulangi langkah-langkah tersebut hingga noda benar-benar hilang.

7. Mengurangi rasa gatal akibat gigitan nyamuk

Tanpa disangka-sangka, nyamuk seringkali datang menggigit tubuh kita. Kebanyakan dari kita, akan langsung menggaruknya. Dengan hand sanitizer, kamu bisa meredakan rasa gatal pada bagian tubuh yang digigit nyamuk.