Home Beauty Manfaat Mandi Susu, Mulai dari Mencerahkan Kulit Sampai Detoksifikasi Alami

Manfaat Mandi Susu, Mulai dari Mencerahkan Kulit Sampai Detoksifikasi Alami

manfaat fungsi kegunaan mandi susu spa salon kecantikan therapist cewek bahan alami natural kesehatan kulit rambut macam jenis
Manfaat mandi susu | Foto: verywellhealth.com
ISEEFEST 2019

Highlight.ID – Sejarah mencatat bahwa mandi susu sudah jadi bentuk perawatan bagi perempuan sejak ribuan tahun silam. Cleopatra saja setiap harinya merawat diri dengan mandi susu. Plinii Secundi atau Pliny the Elder dalam bukunya Natural History, pernah menyebut bahwa Poppaea Sabina dari Kerajaan Roma adalah orang yang memulai tradisi mandi susu. Sepenggal cerita tentang Poppaea ini memang masih kontroversial. Namun yang pasti, hingga kini mandi susu adalah salah satu perawatan favorit dan populer di kalangan perempuan.

Mengapa susu? Kandungan lactic acid di dalam susu termasuk dalam alpha-hydroxy acids (AHAs) yang bisa memecah sel kulit mati. Saat hal ini terjadi, maka peremajaan kulit bisa terjadi dengan sendirinya secara alami. Hanya itu saja? Tentu tidak! AHAs juga berperan penting untuk melembabkan kulit dan membuat proses penyerapan kelembaban lebih mudah. Hasilnya? Selanjutnya, kita bahas lebih lengkap dalam 8 manfaat mandi susu di bawah ini!



Manfaat/Kegunaan Mandi Susu yang Harus Kamu Ketahui

1. Menjaga kelembapan kulit

Seperti yang sudah disinggung sedikit sebelumnya, mandi susu membuat kulit lebih lembap. Itu pasti. Dengan menjaga kelembaban kulit, artinya kamu bisa mendapat kulit yang lebih muda dan yang terpenting jauh lebih sehat. Sudah bukan hal baru lagi bahwa sejak zaman kerajaan, para ratu dan permaisuri rutin mandi susu agar tetap awet muda.

Saat kulit terjaga kelembapannya, artinya lemak dan protein akan menjadi lembut. Jangan kaget ya, jika usai mandi susu kulitmu akan terasa kian halus. Lakukan hal ini terutama saat cuaca sedang kurang bersahabat yang menyebabkan kulit mudah hilang kelembabannya.

Baca juga:

2. Mencerahkan warna kulit

Mandi susu bisa memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dari luar. Dengan rutin melakukan mandi susu, maka regenerasi kulit akan lebih terjaga. Hasilnya adalah kulit yang lebih cerah dan segar. Tentu hal ini tidak akan terjadi dengan instan ya, perlu perawatan yang rutin dan pola hidup sehat seperti banyak mengkonsumsi air putih. Mandi susu juga bisa mengurangi titik-titik gelap yang biasanya terjadi seiring dengan penuaan.

3. Mengatasi iritasi kulit

Jika kamu punya masalah kulit seperti iritasi, eczema, alergi, jerawat, atau lainnya, coba mandi susu untuk mengatasinya. Memang tidak serta merta akan menyembuhkan, namun akan membantu proses penyembuhannya. Kandungan lactic acid dalam susu akan membuat sel kulit mati terangkat dan membersihkan area kulit yang bermasalah.

Atau saat kulit sedang iritasi karena terbakar matahari, mandi susu bisa jadi pilihan untuk mengatasinya. Dengan mandi susu, sensitivitas kulit bisa menurun dan kembali seperti sedia kala.

Salah satu hal yang membedakan mandi susu dengan lainnya adalah tidak perlu ada scrubbing dan sangat lembut bagi kulit. Kandungan nutrisi dalam susu seperti amino acids, vitamin A, D, dan E akan bersatu padu tak hanya mengurangi gatal dan merah-merah, tetapi juga melembutkan.

4. Melembutkan rambut

Ternyata tidak hanya kulit saja, rambut pun bisa mendapat manfaat dari mandi susu secara rutin! Richard Marin, seorang hairstylist dari Remington mengaku bahwa membasuh rambut dengan susu adalah hal yang telah dilihatnya bertahun-tahun.


Ahli kimia kosmetika, Ginger King juga mengakui bahwa dia menggunakan AHAs yang ada dalam susu sebagai formula shampoo untuk membantu melembutkan rambut. Bahkan Danny Jelaca, seorang hairstylist kondang Amerika Serikat mengaku bahwa susu bisa menambah bobot rambut, rahasia di balik perawatan keratin rambut.

5. Relaksasi

Rasa-rasanya tidak ada perawatan memanjakan diri yang tidak jadi sumber relaksasi, bukan? Setiap perawatan, apalagi berendam diri dalam cairan susu, diiringi musik lembut adalah impian setiap perempuan. Tambahkan cairan essential dengan aroma favorit kamu untuk menambah rasa nyaman. Manjakan diri dengan cara ini sekali dalam satu minggu atau satu bulan. Saat merasa rileks, hormon serotonin akan terstimulus dan bonusnya, membuat regenerasi sel semakin baik.

6. Mengatasi radang sendi

Dalam beberapa aspek, ternyata mandi susu bukan hanya pilihan untuk menjaga keremajaan kulit saja. Ada juga tujuan lainnya yang berkaitan dengan kesehatan. Salah satunya adalah untuk mengatasi radang sendi atau arthritis. Sejarah bahkan pernah menyebut di era sebelum Revolusi Perancis, gubernur Avignon yang bernama Marquis de Rochechouart memilih mandi susu untuk mengatasi penyakitnya.

Mandi susu dengan suhu cukup tinggi juga bisa memberi fasilitas bagi otot-otot agar lebih rileks. Hal ini juga bisa menghindari kram dan sakit kepala. Jika dilakukan secara rutin, maka elastisitas otot juga akan semakin baik.

Baca juga:

7. Meningkatkan kekebalan tubuh

Siapa sangka bahwa mandi susu juga berperan penting bagi imunitas? Ternyata, kandungan yang sangat baik dalam formula susu bisa menjaga imunitas. Dengan rutin mandi susu, maka kesehatan akan terjaga dan tidak mudah jatuh sakit. Mandilah dengan air susu hangat untuk memperlancar peredaran darah dan meningkatkan kekebalan tubuh. Sangat masuk akal jika kemudian dengan perawatan rutin semacam ini, tubuhmu bisa menangkal bakteri dan virus.

8. Membuang racun tubuh

Satu lagi bonus dan manfaat dari mandi susu bagi kesehatan yaitu detoksifikasi. Ya, racun tubuh bisa terbuang lewat mandi susu dengan rutin. Bagaimana caranya? Pastikan kamu berendam dalam cairan mandi susu yang cukup hangat.

Dengan berendam hangat, tubuh akan merespon dengan cara menghasilkan keringat. Cara ini akan membuang racun tubuh secara alami. Detoksifikasi yang natural ini bisa berdampak pada banyak hal, mulai dari kulit yang lebih sehat hingga tubuh yang semakin bugar.

Lihat, kan? Ada begitu banyak manfaat mengagumkan dari mandi susu. Rasakan sendiri pengalaman yang membawa begitu banyak manfaat ini. Kamu bisa memilih sendiri cara untuk mandi susu sesuai dengan kenyamanan. Badan yang sudah bekerja keras dalam rutinitas sehari-hari sudah selayaknya mendapat hadiah seperti mandi susu.

Saat kamu merasa lelah, itu artinya tubuh telah memberi sinyal untuk sedikit santai dan relaksasi. Begitu banyaknya manfaat dari mandi susu, tentu kesehatan akan membaik secara menyeluruh dan bisa membuatmu punya kualitas tidur yang lebih baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here