Home Beauty 7 Manfaat Totok Wajah yang Luar Biasa Bagi Kesehatan Tubuhmu

7 Manfaat Totok Wajah yang Luar Biasa Bagi Kesehatan Tubuhmu

Manfaat khasiat kegunaan totok wajah terapi face acupressure
Ilustrasi | Gambar: getthegloss.com

Highlight.ID – Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat kulit cantikmu, salah satunya totok wajah. Totok wajah (face acupressure) adalah terapi pemijatan lembut pada area atau titik tertentu di wajah. Terkadang, ada penambahan metode bio energy atau penyaluran tenaga dalam agar energi mengalir lancar sehingga manfaat totok wajah bisa kamu rasakan setelahnya.

Manfaat totok wajah hanya bisa kamu rasakan jika kamu datang ke terapis profesional yang lebih mengetahui titik-titik mana saja yang perlu ditekan. Pada dasarnya, kamu tidak bisa sembarangan totok wajah dengan orang yang tidak punya keterampilan. Karena perawatan ini dilakukan oleh orang ahli, tentu khasiat totok wajah tak cuma satu dua.




Khasiat Totok Wajah yang Perlu Kamu Sadari

1. Melancarkan peredaran darah

Tekanan pekerjaan yang tak kunjung selesai, masalah hidup yang tak tuntas, dan ada segudang keruwetan lain yang terjadi sepanjang usia, perlahan bikin kamu jadi jarang senyum. Bahkan senyum untuk diri sendiri nyaris tak pernah. Tak jarang, terlalu lama berwajah datar bikin peredaran darahmu tak lancar.

Apa yang bisa kamu lakukan untuk kembali melancarkan peredaran darah di area wajahmu dan sekitarnya? Sering senyum bisa saja membantu, tapi sudahkah kamu coba perawatan wajah satu ini? Kegunaan totok wajah paling utama adalah melancarkan sirkulasi darah di wajah.

Baca Juga:
Khasiat Pijat Batu Panas, Merelaksasi Tubuh Hingga Melancarkan Sirkulasi Darah




2. Mencegah tanda-tanda penuaan dini

Semakin banyak aktivitas tiap hari, semakin kamu rentan stres sehingga otot-otot di wajahmu jadi tidak elastis. Belum lagi ditambah pemakaian makeup yang bisa merusak kulit di wajah. Coba lihat wajahmu di cermin, sudah berapa banyak keriput di dahi, ujung mata, pipi? Tidak elastisnya kulit wajahmu adalah penyebab keriput itu.

Jika kamu rutin perawatan, khasiat totok wajah dalam jangka panjang yang bisa kamu rasakan adalah jumlah kerutan di wajah cantikmu berkurang drastis. Pijatan lembut yang dibarengi dengan krim pelembap bisa kecilkan pori-pori dan kembalikan kulit elastismu, sehingga wajahmu tampak lebih muda.

3. Merelaksasi otot-otot wajah yang kaku

Otot-otot wajah yang kaku bisa terjadi karena kamu terlalu jarang menggerakkan indera di wajah. Seperti terlalu lama menatap monitor, otot sekitar mata pasti lelah. Sama halnya jika kamu jarang menggerakkan anggota badan untuk sekadar olah raga ringan tiap hari, seperti itulah yang terjadi pada otot di wajahmu; kaku.

Terapis biasanya memijat titik-titik tertentu yang jadi penyebab kelelahan sesuai jenis kulit dan usia kamu. Tak hanya di wajah, sang terapis totok wajah juga bakalan memijat area leher dan punggung atas. Jadi bukan hanya dipijat di satu titik tertentu otot wajah yang kaku, tapi hampir menyeluruh.



Baca Juga:
Memanjakan Diri di Salon Kecantikan dengan Perawatan Body Spa

Pijatan di leher dan di punggung inilah yang ikut merileksasi otot wajah yang kaku. Jadi fungsi totok wajah ini sebetulnya tak cuma merelaksasi otot di wajah tapi juga punggung yang pegal.

4. Membantu meredakan pusing dan sakit kepala

Saat terapis memijat, biasanya ia bakal menekan satu titik di antara dua alis selama sekitar satu menit dan terus sampai pangkal hidung. Sedikit terasa sakit memang, tapi lama-lama kamu bisa menikmati pijatan lembut itu. Sebaiknya, kamu jangan melawan rasa sakitmu. Karena melawan sakit saat terapi pemijatan justru bakal menambah sakit otot-otot yang ditekan.

Rupanya pijatan di antara kedua alis berguna untuk meredakan pusing dan sakit kepala yang mungkin kamu derita selama ini. Mata lelah dan sinusitis serta otot-otot di sekitar mata yang tegang bisa jadi penyebab sakit kepala. Sebetulnya kamu bisa coba melakukan pijatan sendiri, tapi lebih menyenangkan jika ditangani oleh ahlinya, bukan?

5. Menghilangkan racun di wajah secara alami

Kaku dan tidak elastisnya kulit wajahmu bukan saja disebabkan oleh stres pekerjaan bertumpuk dan masalah hidup yang terus mengekor, tapi juga bisa karena kamu sering terpapar polusi dan kurangnya asupan makan sehat dan bernutrisi. Masalah yang terjadi selanjutnya adalah kamu menimbun racun di tubuh dan harus segera dinetralisasi.

Kamu mungkin sudah terbiasa bergaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bernutrisi. Tapi bagaimana dengan tubuhmu yang juga perlu relaksasi? Manfaat totok wajah tak cuma merelaksasi wajah, tapi juga sekaligus menghilangkan detoks. Kamu bisa menikmati lembutnya pijatan terapis bersama baluran krim nutrisi yang membantu mengangkat racun di wajahmu secara alami.

Baca Juga:
Manfaat dan Kekurangan Body Massage yang Perlu Kamu Kenali

6. Makeup lebih meresap sempurna

Kuncinya ada pada sirkulasi darah yang lancar. Manfaat totok wajah selain menghilangkan racun adalah mengecilkan pori-pori wajah dan mengangkat sel kulit mati sehingga wajah kamu tampak lebih cerah dan keriput berkurang. Tanda-tanda penuaan yang kamu takutkan menyingkir satu per satu.

Kalau kamu suka berdandan, memang baiknya rutin perawatan totok wajah. Manfaat lainnya adalah bikin kulit kamu lembap dan halus. Kulit lembap bakalan membantu produk makeup yang kamu pakai terserap dan terlihat menyatu alami dengan kulit wajahmu. Makeup yang terlihat menyatu bisa lebih tahan lama.

7. Meningkatkan produksi kolagen

Mengapa manfaat totok wajah bisa meningkatkan produksi kolagen? Kolagen adalah sejenis protein penyusun tulang, kulit, tendon, dan ligamen yang juga terdapat pada pembuluh darah, gigi, dan kornea mata. Kendati kolagen bisa terproduksi secara alami oleh tubuh, tapi kamu bisa mengonsumsi kolagen melalui suplemen maupun suntikan.

Peran penting totok wajah adalah melancarkan aliran darah yang kemudian membantu merangsang titik-titik tertentu untuk memproduksi kolagen secara alami di wajahmu. Produksi kolagen kamu bisa berkurang karena faktor usia, kurang tidur, dan sering terkena paparan sinar matahari. Yuk, cegah semua itu dengan totok wajah.