Home Beauty Yuk, Intip 7 Manfaat Buah Alpukat untuk Kecantikan Wajahmu

Yuk, Intip 7 Manfaat Buah Alpukat untuk Kecantikan Wajahmu

manfaat fungsi kegunaan khasiat buah alpukat kesehatan kecantikan kulit wajah masker jenis kandungan cara pemakaian bahan alami natural
Manfaat alpukat untuk kecantikan | Foto: time.com
ISEEFEST 2019

Highlight.ID – Selain rasanya yang enak dan lembut, buah alpukat tidak hanya baik untuk kesehatan, tapi juga baik untuk kecantikan juga lho. Kandungan berbagai macam vitamin dan minyak nabati yang dimiliki oleh alpukat sangat membantu untuk menjaga bahkan mengobati berbagai macam permasalahan kulit.

Selain itu, alpukat juga sangat baik digunakan untuk berbagai macam jenis kulit tanpa kalian takut harus memiliki efek samping yang berlebih. Mulai dari wajah yang berjerawat bahkan sampai penyakit kulit serius seperti eksim ternyata bisa diobati dengan alpukat lho.



Sudah tidak perlu berlama-lama untuk berbasa-basi. Langsung saja disimak manfaat buah alpukat untuk kecantikan wajah. Dan tentu saja tidak ketinggalan resep masker alpukat agar kalian bisa mencobanya di rumah. Berikut adalah beberapa manfaatnya.

Khasiat Alpukat untuk Wajah Lebih Cantik Alami

1. Eksofiliasi wajah

Kalian sudah tahu kan betapa pentingnya mengeksofiliasi wajah baik secara chemical maupun physical. Nah salah satu cara eksofiliasi physical yang paling murah, mudah dan alami adalah dengan menggunakan scrub sekaligus masker wajah yang tentu saja dibuat dengan bahan-bahan alami. Salah satu contoh bahan alami yang dapat dengan mudah kita dapatkan tanpa harus merogoh kocek yang terlalu dalam, adalah buah alpukat.

Baca juga:

Alpukat merupakan buah sangat baik untuk dijadikan bahan pendamping untuk eksofiliasi wajah bersama dengan oatmeal dan madu. Kandungan asam nikotinat, salah satu anggota vitamin B kompleks dan vitamin E yang dimiliki alpukat tidak hanya baik untuk menghilangkan sel-sel kulit mati, tapi juga sangat baik untuk membantu memperbaiki teksur kulit dan menjaga kecantikan dan keremajaan kulit kita.

Tertarik mencoba? Caranya cukup mudah kok. Haluskan satu buah alpukat dan tambahkan 2 sendok oatmeal serta 1 sendok madu. Setelah itu, kalian bisa mengaplikasikannya sama seperti menggunakan scrub pada wajah. Ingat jangan langsung dibilas, tapi biarkan sekitar 10 – 15 menit dan sesuaikan dengan kondisi kulit kalian. Setelah itu, bilas sampai bersih dengan air dingin ya. Ingat, jangan lupa gunakan scrub masker alpukat ini setiap dua kali seminggu ya ladies, untuk mendapatkan manfaat yang maksimal!

2. Pelembap bibir

Salah satu bagian yang memiliki kulit yang paling tipis, kalian sudah pada tahu bukan? Yup! Tentu saja jawabannya adalah bibir. Bagaimanapun juga, bibir juga sangat perlu untuk dijaga kelembapannya lho. Salah satu cara untuk menjaga kelembapan bibir, kalian bisa menggunakan alpukat untuk bahan alami.

Caranya cukup mudah. Ambil alpukat secukupnya, dan haluskan menggunakan sendok atau blender. Setelah itu, campur dengan minyak zaitun secukupnya. Lalu, oleskan pada seluruh bibir sampai rata. Tunggu sekitar 5 – 10 menit. Kemudian kalian boleh membilasnya sampai bersih. Gunakan masker alpukat ini dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal ya ladies! Oh, ya jangan lupa jaga kelembapan bibir kalian dengan menggunakan lipbalm dan sunblock juga ya.

3. Mengatasi jerawat dan bekas jerawat

Jerawat dan bekas jerawat merupakan dua hal yang mungkin sangat dibenci, khususnya bagi kaum wanita bukan? Nah, sekarang kalian mungkin sudah ngga perlu khawatir lagi nih. Kalian bisa menggunakan masker alpukat untuk mengatasi jerawat membandel dan bekas jerawat yang memerlukan waktu yang cukup lama untuk menghilangkannya.

Caranya cukup mudah lho. Alpukat yang tentunya sudah dihaluskan, dicampur dengan menggunakan putih telur. Setelah itu, diamkan selama maksimal 15 menit pada wajah kalian, dan cuci bersih. Campuran masker ini bagus untuk kulit kering dan berminyak lho. Kabar baiknya, bukan hanya dapat mengatasi jerawat, tapi campuran alpukat dan putih telur ini juga bagus untuk melindungi selaput sel kulit dari penyakit eksim rosacea.

4. Melembapkan kulit kering

Menjaga kelembapan kulit itu memang sangat penting. Bagaimanapun juga, kosmetik lain tidak akan menempel sempurna jika kelembapan kulit tidak terjaga. Masker alpukat bisa menjadi solusinya lho.


Kalian bisa menghaluskan alpukat dengan menggunakan blender atau sendok. Setelah itu, oleskan secara merata pada seluruh wajah dan tunggu sekitar 15 – 20 menit. Lalu bilas sampai bersih. Kalian juga bisa menambahkan madu juga lho, supaya kulit jadi semakin lembab.

5. Menjadikan wajah lebih bersinar

Kulit kusam akibat sinar UV memang sangat mengganggu penampilan bukan, para ladies? Berbagai perawatan dan penangkalan dengan menggunakan sunblock nyatanya sekarang tidak lagi cukup. Tentu saja perawatan dengan menggunakan berbagai macam obat baik dari dokter maupun tidak, harus dilakukan.

Salah satu cara mengembalikan sinar wajah akibat paparan UV kalian bisa menggunakan masker alami. Kandungan vitamin E dan zat besi dalam alpukat, sangat dibutuhkan terutama oleh kulit wajah. Selain biaya yang relatif sangat murah, kalian juga tidak perlu takut dengan efek sampingnya. Seperti yang kita ketahui, bahan alami tentu memiliki efek samping yang juga relatif lebih sedikit dibandingkan bahan kimia.

Lalu bagaimana caranya? Kalian cuma butuh alpukat, madu, dan air lemon untuk membuat masker alami ini. Campurkan alpukat yang sudah halus dengan menggunakan madu. Lalu tambahkan air perasan lemon secukupnya. Setelah itu diamankan selama 15 – 20 menit pada wajah kalian. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, disarankan menggunakan masker ini dua kali seminggu ya ladies! Tertarik mencoba?

6. Menjaga kulit dari penuaan dini

Penuaan dini? Ini salah satu hal yang paling ditakuti oleh para wanita. Mereka berlomba-lomba menggunakan berbagai macam perawatan demi mendapatkan wajah yang tampak lebih muda. Nah, sekarang kalian tidak perlu khawatir lagi harus mengeluarkan biaya perawatan yang mahal untuk mendapatkan wajah baby-face yang diidamkan, ladies!

Kalian bisa menggunakan bahan alami seperti alpukat. Kandungan vitamin E dan karotenoid dalam alpukat sangat baik untuk menghilangkan kerutan dan menjaga kadar air dalam kulit. Sementara kandungan vitamin C dan minyak nabati dalam alpukat dapat mengembalikan collagen yang mengakibatkan kulit menjadi menurun dan tidak lagi elastis.

Baca juga:

Untuk menjaga kulit dari penuaan dini dengan menggunakan alpukat, kalian bisa mencampurnya dengan garam laut, madu dan minyak kelapa sebagai bahan masker wajah. Caranya, haluskan alpukat dan berikan garam laut, madu serta minyak kelapa secukupnya. Setelah itu oleskan secara merata pada seluruh wajah dan leher. Dan diamkan selama kurang lebih 15 – 20 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih.

7. Mengatasi minyak berlebih pada wajah

Seperti yang diketahui, masker alami dari bahan alpukat sangat baik untuk segala jenis kulit. Permasalahan kulit kering maupun berminyak dapat diatasi dengan mudah. Bukan hanya dapat melembabkan wajah yang kering, alpukat ternyata dapat mengatasi minyak berlebih pada wajah.

Caranya sangat mudah. Kalian bisa mendapatkan bahan-bahan di sekitar kalian tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal. Bahan utama yang bisa kalian pakai adalah alpukat. Setelah menghaluskan alpukat kalian bisa menambahkan lemon, madu dan cuka apel secukupnya. Setelah itu kalian bisa mendiamkan masker alami ini selama kurang lebih 10 menit lalu kalian bisa membilasnya dengan air bersih.

Nah, itu tadi beberapa manfaat yang dapat kita dapatkan dengan menggunakan masker alami berbahan alpukat. Kalian tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam bukan?

Selain buah alpukat dan bahan-bahan pendamping yang mudah didapat, masker alami tentu memiliki efek samping yang cukup kecil atau bahkan bisa dikatakan tidak ada. Kira-kira kalian tertarik mencoba jenis masker yang mana nih? Selamat bereksperimen ya ladies!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here