Home Beauty Keajaiban Lidah Buaya untuk Rambut yang Lebih Sehat Alami

Keajaiban Lidah Buaya untuk Rambut yang Lebih Sehat Alami

jenis macam manfaat khasiat kegunaan aloe vera lidah buaya shampo condisioner kesehatan kecantikan rambut fungsi cara membuat alami mengatasi kerontokan
Manfaat aloe vera untuk rambut | Foto: goqii.com

Highlight.ID – Tak hanya di dunia medis saja, industri kecantikan mengakui khasiat tumbuh-tumbuhan bagi tubuh manusia. Di antara banyaknya flora, Aloe vera atau lidah buaya menjadi jenis tanaman yang banyak dicari karena manfaatnya yang menjanjikan untuk menjaga keindahan kulit dan kesehatan rambut manusia.

Diperkaya dengan berbagai kandungan seperti vitamin c, asam amino, zinc, mineral, protein hingga enzim germanium. Manfaat lidah buaya ini punya potensi besar dalam memperbaiki kerusakan rambut maupun menjaga kualitasnya. Nah, ingin tau lebih banyak tentang keuntungan dari tumbuhan tropis ini bagi rambut kita? yuk, simak selengkapnya di sini.




Manfaat/Khasiat Aloe Vera untuk Kecantikan Rambutmu

Menghitamkan rambut

Hitamnya warna rambut bisa berubah jadi kemerahan akibat paparan sinar matahari atau kontaminasi bahan kimia. Agar keindahanya terpancar kembali, kamu bisa menggunakan lidah buaya sebagai masker rambut.

Untuk mencobanya, ambil 1 batang lidah buaya, potong, kupas kulit dan ambil daging/gelnya. Kemudian oleskan keseluruh rambut dan kulit kepala. Bungkus dengan handuk hangat, lakukan sebelum keramas.

Baca juga:

Mengatasi gatal dan ketombe

Selain merusak penampilan, ketombe sangat menganggu karena menimbulkan rasa gatal pada kulit kepala. Jika ini yang kamu alami, lidah buaya bisa bantu mengobati karena kandungan asam di dalamnya mampu berfungsi penting membasmi ketombe di kulit kepala.

Caranya, oleskan gel lidah buaya pada bagian kulit kepala secara merata. Setelah itu, biarkan selama 30 menit, lalu bilas hingga bersih.

Menyuburkan rambut

Para ahli kesehatan kulit dan rambut sependapat jika pertumbuhan rambut rata-rata setiap orang ialah 1 cm per bulannya. Namun bila kamu masih kurang percaya diri dengan rambut yang tipis, manfaat lidah buaya terbukti efektif menyuburkan rambut lebih cepat. Bahkan tak hanya pada rambut kepala saja, kamu juga bisa menggunakanya pada bulu alis atau bulu mata jika ingin menyuburkannya.

Sebelum keramas, tambahkan satu sendok minyak zaitun ke dalam gel lidah buaya. Lalu, campur hingga rata lalu oleskan pada permukaan kulit kepala dan rambut. Bilas hingga bersih saat keramas.

Menjaga kelembapan rambut


Teriknya sinar matahari bisa membuat rambut kering dan rusak. Nah, lidah buaya mampu menjaga kelembapan rambut karena kandungan kolagen dan sifat pendinginnya yang tinggi. Sedangkan vitamin di dalamnya ikut efektif memperbaiki helai rambutmu yang telah rusak. Untuk hasil yang maksimal, oleskan gel lidah buaya pada permukaan kulit kepala dan rambut secara merata lalu pijat sebentar sebelum dibilas dengan air.

Memperkuat dan memperbaiki tiap helai rambut

Lidah buaya mengandung vitamin A, C, dan E yang berkontribusi terhadap pergantian sel yang hasilnya membuat rambut makin berkilau. Vitamin B-12 dan asam folat juga terkandung dalam gel lidah buaya. Kedua komponen bekerja sempurna dalam mencegah kerontokan rambut.

Mengobati dermatitis pada kulit kepala

Dermatitis atau penyakit kulit dengan ruam kemerahan dan sisik berwarna kuning-putih, biasanya muncul di permukaan kulit yang berminyak atau bengkak. Tak hanya di wajah, banyak orang yang mengalaminya di bagian kulit kepala yang mengakibatkan kerontokan rambut hingga berujung kebotakan.

Pada kasus ini, kandungan lidah buaya bermanfaat melancarkan sirkulasi darah sehingga oksigen dan nutrisi tersalurkan dengan baik pada folikel rambut. Keseimbangan pH pun kembali dan iritasi maupun gatal dapat teratasi.

Caranya, coba oleskan gel lidah buaya beberapa kali sehari pada permukaan kulit kepala, bisa juga dibantu dengan meminum beberapa gram jus lidah buaya untuk semakin mempercepat penyembuhannya.

Nah itulah beberapa manfaat dari kandungan lidah buaya bagi kesehatan rambut kita. Selain berbahan alami kamu juga bisa lebih berhemat jika mau menanamnya sendiri di rumah. Hanya saja di awal pemakaian, disarankan untuk menggosokan sedikit gel lidah buaya pada permukaan tangan 1-2 jam dan lihat apa reaksinya.

Jika dirasa aman, kamu bisa melanjutkanya pada bagian lain. Namun bila tidak, hentikan pemakaian dan gunakan cara lain yang sesuai. So, selamat mencoba. (nu/fi/ar)



Artikel Menarik:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here