Home Beauty 7 Manfaat Saffron Bagi Kecantikan Kulit dan Wajah

7 Manfaat Saffron Bagi Kecantikan Kulit dan Wajah

Manfaat kegunaan khasiat bunga saffron kecantikan kesehatan kulit wajah masker
Ilustrasi | Foto: Unsplash.com/Mohammad Amiri

Highlight.ID – Berasal dari bunga Crocus sativus, saffron atau disebut juga dengan bunga kuma-kuma termasuk komoditas rempah yang memiliki tiga kepala putik (stigma). Ketiga kepala putik pada bunga itu adalah saffron yang sering dipakai untuk perisa, pewarna, dan penyedap makanan.

Berbentuk benang halus dan tipis dengan warna merah, saffron tergolong jenis rempah termahal di dunia. Pasalnya, saffron melewati proses penanaman dan pemanenan yang dilakukan secara manual. Dibutuhkan teknik khusus untuk untuk mengembakbiakkan saffron. Sebagai gambaran, untuk memproduksi 1 gram benang saffron diperlukan 150 bunga.




Tak hanya dimanfaatkan untuk memasak, saffron yang banyak ditemukan di daerah Iran, China, dan Spanyol ternyata mempunyai beragam manfaat untuk kesehatan. Saffron dipercaya mampu meningkatkan kemampuan kognitif secara signifikan untuk meringankan penyakit Alzheimer. Selain itu, saffron juga berfungsi untuk membantu meringankan nyeri haid, membantu pengobatan kanker, dan menurunkan kadar lemak darah.

Lebih dari itu, saffron yang mengandung komponen kimia seperti crocin, picrocrocin, dan safranal juga berkhasiat untuk kecantikan kulit. Bahkan, saffron telah menjadi salah satu bahan pembuat produk kosmetik. Banyak orang percaya, saffron mampu mengatasi permasalahan kulit seperti jerawat dan inflamasi.

Baca Juga: Manfaat Buah Lemon untuk Kecantikan dan Kesehatan Rambut




Beragam cara bisa dilakukan untuk mendapatkan khasiat dari saffron. Salah satunya dengan mencampurkan saffron dengan bahan-bahan alami sebagai masker wajah. Karena setiap orang mempunyai jenis dan kondisi kulit yang berbeda, maka sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter untuk memastikan bahwa saffron benar-benar aman diaplikasikan ke kulitmu.

Manfaat Saffron Agar Kulitmu Makin Cantik

1. Mengatasi hiperpigmentasi

Bagian kulit yang lebih gelap dibandingkan kulit di sekitarnya disebabkan oleh pigmen atau melanin berlebih. Kondisi kulit ini sering disebut juga dengan hiperpigmentasi yang dipicu oleh beberapa faktor seperti paparan sinar matahari, perubahan hormonal atau jaringan parut.

Sebuah riset pada manusia menemukan bahwa crocin yang merupakan senyawa aktif bisa menurunkan melanin. Senyawa tersebut bekerja dengan menekan enzim bernama tyrosinase yang penting untuk produksi melanin.

Baca Juga: Cari Tahu Manfaat Rosehip Oil untuk Kecantikan Kulit dan Wajah, Yuk!

2. Melindungi kulit dari radiasi UV

Radiasi ultraviolet (UV) bisa meningkatkan radikal bebas yang berpengaruh pada kondisi dan kesehatan kulit. Kulit yang terkena paparan sinar matahari bisa lebih cepat menua dan rusak sel. Oleh sebab itu, mencegah kulit dari paparan sinar matahari merupakan salah saru cara untuk menjaga kesehatan kulit.

Crocin yang merupakan senyawa aktif dalam saffron mempunyai kandungan antioksidan. Fungsinya untuk menetralkan radikal bebas dan mengurangi stres oksidatif. Selain itu, berdasarkan studi, crocin juga melindungi kulit dari sinar ultraviolet A (UVA) dan sinar ultraviolet B (UVB).

3. Mengatasi inflamasi

Jumlah radikal bebas di dalam tubuh yang melebihi kapasitas tubuh untuk menetralkannya disebut dengan stres oksidatif. Ketidakseimbangan antara radikal bebas dan antioksidan dalam tubuh bisa menimbulkan berbagai macam penyakit termasuk inflamasi. Kandungan antioksidan crocin dalam safron dapat mengatasi stres oksidasi dan inflamasi.

4. Mengatasi jerawat

Saffron dapat digunakan sebagai masker untuk mengurangi bekas jerawat. Biar lebih maksimal, campurkan saffron dengan susu agar sel-sel kulit mati dapat terangkat.



Baca Juga: Ragam Manfaat Buah Mentimun untuk Kulit yang Lebih Sehat Natural

Cara lain yaitu dengan mencampurkan saffron dengan daun basil yang memiliki kandungan antibakteri. Sebagai tambahan, gunakan pula bubuk kunyit agar jerawat segera lenyap dari wajahmu.

5. Mencerahkan kulit wajah

Beberapa helai saffron yang dicampur dengan minyak esensial akan membuat wajahmu lebih bercahaya. Minyak esensial yang mengandung asam lemak dapat terserap bersama saffron yang telah dihaluskan. Kemudian, oleskan campuran tersebut pada wajah sembari lakukan gerakan memijat. Jika sudah, bilas wajah kamu dengan air untuk membersihkannya.

Cara lainnya, campurkan saffron dengan perasan air lemon dan susu yang belum dipasteurisasi. Setelah tercampur dengan baik, oleskan secara merata untuk mendapatkan wajah yang lebih glowing.

6. Mengurangi iritasi kulit pada wajah

Zat-zat dalam saffron berkhasiat untuk mengatasi iritasi kulit dan kulit kering di bagian wajah. Untuk mengatasi masalah tersebut, gunakan saffron sebagai masker wajah. Tambahkan pula bahan-bahan alami lainnya seperti madu atau minyak zaitun.

7. Menyamarkan lingkaran hitam di area mata

Lingkaran hitam di area mata akan membuat wajah kamu terlihat lelah dan tua. Selain itu, lingkaran hitam di sekitar mata juga bisa mempengaruhi penampilan. Untuk mengatasinya, manfaatkan saffron yang telah direndam dan dihaluskan. Saffron kemudian dilarutkan dalam air dan dioleskan di area mata. Didiamkan selama sekiar 15 – 20 menit, area mata lalu dibilas hingga bersih.

Hasil yang didapatkan, wajah akan terlihat lebih segar karena lingkaran hitam mulai tersamarkan. Kamu dapat mencobanya secara rutin terutama di pagi hari untuk memperoleh hasil maksimal.