Home Beauty 5 Ragam Manfaat Madu untuk Kecantikan Kulit

5 Ragam Manfaat Madu untuk Kecantikan Kulit

Manfaat kegunaan madu wajah kulit khasiat kecantikan kesehatan
Ilustrasi | Foto: Unsplash.com/Alexander Mils

Highlight.ID – Madu yang rasanya manis biasanya digunakan sebagai pemanis atau perasa untuk bahan makanan dan minuman. Sebagian orang lebih menyukai untuk mengonsumsinya langsung. Cairan kental yang dihasilkan oleh lebah dari nektar bunga ini mengandung unsur glukosa dan mosakarida fruktosa. Unsur-unsur itulah yang membuat madu memilikii rasa yang manis.

Kandungan lainnya yang terdapat dalam madu di antaranya yakni senyawa termasuk vitamin C, pinobanksin, pinocembrin, dan chrysin, katalase. Beberapa senyawa tersebut berperan sebagai antioksidan yang diyakini mampu menangkal radikal bebas berbahaya penyebab keriput. Madu juga mendandung vitamin dan mineral seperti niacin, riboflavin, asam askorbat, zat besi, magnesium, dan kalsium. Terdapat pula enzim yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh.

Khasiat Madu untuk Kesehatan




Sejumlah manfaat kesehatan yang dapat kamu peroleh salah satunya yakni melegakan tenggorakan. Madu dengan sifat antiradang mengandung flavonoid yang mampu menghambat hormon pemicu peradangan dalam tubuh. Bahkan, madu dipercaya memberikan khasiat yang lebih baik daripada obat batuk terutama apabila dikonsumsi pada malam hari.

Proses penyembuhan luka akan semakin cepat dengan bantuan madu yang bisa menghambat pertumbuhan bakteri termasuk e-coli dan salmonella. Sementara kandungan senyawa fenolik dalam madu berguna untuk menurunkan tekanan darah. Lebih dari itu, madu juga memberikan deretan manfaat untuk kecantikan kulit.

Baca Juga:
Jenis-jenis Masker Wajah dan Manfaatnya untuk Kecantikan Kulitmu

Masker Madu untuk Wajah

Khasiat madu untuk kecantikan kulit bisa diperoleh dengan cara menjadikannya sebagai masker wajah. Masker madu memberikan banyak manfaat termasuk mengatasi jerawat dan kulit kering. Cara memakai masker madu untuk wajah yakni dengan membilas wajah terlebih dulu dengan air hangat agar pori-pori kulit terbuka.

Kemudian, aplikasikan madu ke beberapa bagian wajah dan diamkan selama sekira 30 menit. Langkah terakhir yakni membilas wajah kembali dengan air hangat dan membersihkan dengan air dingin untuk menutup pori-pori. Madu yang kamu gunakan untuk masker wajah sebaiknya yang murni dan alami tanpa campuran bahan-bahan kimia.

Khasiat Madu untuk Kecantikan Kulit




1. Mengatasi jerawat membandel

Sifat antibakteri madu dipercaya dapat membantu melawan bakteri penyebab jerawat terutama apabila diresapi dengan propolis. Selain itu, madu juga mempunyai sifat antiperadangan, antiseptil, dan antijamur yang bagus untuk kulit. Jenis madu yang berguna untuk mengatasi jerawat yakni madu manuka yang berasal dari Selandia Baru.

Untuk mengatasi jerawat dengan madu, kamu bisa mengoleskannya langsung pada jerawat atau bekas jerawat. Kamu juga bisa menambahkan 1 sendok teh kayu manis yang dihaluskan. Setelah didiamkan selama kurang lebih 30 menit, bilas wajah dengan air hangat sampai bersih.

Baca Juga:
Jenis-jenis Masker Wajah dan Manfaatnya untuk Kecantikan Kulitmu

2. Mencerahkan wajah

Belum ada penelitian yang kuat untuk membuktikan kaitan langsung antara penggunaan madu untuk wajah dan pencerahan wajah. Meski demikian, madu dengan khasiat pengelupasannya dipercaya bisa menghilangkan sel kulit mati yang membuat wajah terlihat kusam.

Untuk mencerahkan wajah, basuh muka dengan sabun dan air secukupnya. Kemudian, secara perlahan, oleskan madu manuka atau jenis madu mentah yang tidak dipasteurisasi ke wajah. Agar tidak terlalu lengket, campur madu dengan air murni. Diamkan madu di kulit selama beberapa sebelum dibersihkan.

Bagi kebanyakan orang, madu tidak akan menimbulkan reaksi alergi. Namun jika kamu alergi terhadap seledri, racun lebah atau serbuk sari, maka kamu harus hati-hati dalam menggunakan madu. Pastikan madu yang dipakai di wajah tidak tersisa agar tidak menarik debu dan kotoran lain.

3. Mengatasi kondisi kulit kronis



Kondisi kulit kronis seperti psoriasis dan eczema bisa diatasi dengan madu yang diaplikasikan pada wajah. Madu terbaik untuk mengatasi kondisi kulit ini yakni yang tidak dipasteurisasi seperti madu manuka.

Agar dapat bekerja secara efektif, madu yang digunakan harus tetap mengandung bakteri sehat. Adapun fungsi bakteri ini untuk mengaktifkan sistem kekebalan tubuh, membantu mengatasi peradangan dan kemerahan serta noda di wajah. Sebelum menggunakannya pada wajah, sebaiknya kamu melakukan patch test agar tidak terjadi reaksi alergi.

4. Membantu penyembuhan luka

Madu dengan sifat antiseptik alami mampu melindungi luka dan mencegah infeksi yang dapat mengurangi jaringan parut dan mempersingkat waktu penyembuhan. Madu manuka dengan kandungan antioksidan berfungsi sebagai obat alami yang menutrisi kulit.

Sifat antioksidan dalam madu dapat menutrisi kulit yang rusak dan membantu proses penyembuhan luka. Sementara ksifat anti-inflmasi membantu mengrurangi tampilan stretch marks dan perubahan warna kulit. Dengan gerakan memutar, aplikasikan madu pada area yang terkena. Lakukan pijatan selama sekira satu sampai dua menit, lalu bilas dengan air hingga bersih.

5. Melembapkan kulit

Dengan efek yang menenangkan, madu dapat menjadi pelembap alami berkat kandungan gula di dalamnya. Ini akan meningkatkan kadar air dan mengurangi kekeringan di kulit setelah dicuci bersih. Kamu juga bisa menemukan madu mentah dengan konsentrasi tinggi seperti royal jelly yang sangat baik untuk meningkatkan kolagen.

Madu mentah mengkristal dari waktu ke waktu berguna sebagai pengelupas lembut. Karena sifat antibakterinya, kamu bisa memakai madu untuk mencuci muka sehari-hari. Hangatkan madu di tangan dengan mengosokkannya di antara jari-jari. Setelah itu, oleskan madu pada kulit dengan gerakan memutar. Diamkan selama beberapa menit dan pijat dengan handuk basah.