Home Beauty Manfaat Pisang untuk Kecantikan Kulit, Bisa Memperlambat Penuaan, Lho

Manfaat Pisang untuk Kecantikan Kulit, Bisa Memperlambat Penuaan, Lho

Manfaat khasiat buah pisang kecantikan kesehatan kulit wajah
Ilustrasi | Foto: Unsplash.com/Mike Dorner

Highlight.ID – Mengandung vitamin dan mineral, buah pisang tak hanya enak dikonsumsi tetapi juga memiliki sejumlah khasiat untuk kecantikan rambut dan kulit. Pisang yang rasanya manis di setiap gigitan mengandung kalori sedang, air protein, serat, gula, dan karbohidrat. Kandungan karbohidrat pada pisang yang belum matang adalah pati. Ketika sudah masak, gula merupakan jenis karbohidrat yang lebih banyak.

Beberapa jenis gula utama dalam pisang termasuk fruktosa, sukrosa, dan glukosa. Sementara kandungan mineral dalam pisang berupa magnesium, fosfor dan kalium. Pisang juga memiliki kandungan vitamin C, vitamin A, vitamin E dan vitamin B6. Lebih dari itu, terdapat pula beberapa jenis senyawa dalam pisang seperti beta-karoten, katekin, dan dopamin.




Pisang memiliki manfaat untuk kesehatan di antaranya menyehatkan jantung, mengontrol suasana hati (mood), menjaga saluran pencernaan, dan mengendalikan tekanan darah. Selain itu, pisang yang dapat menurunkan risiko diabetes bermanfaat untuk kecantikan kulit dan rambut.

Khasiat Buah Pisang untuk Kecantikan

1. Memperlambat penuaan

Radikal bebas yang dapat memicu penuaan dini dan stres oksidatif bisa diatasi dengan kandungan vitamin B yang terdapat dalam pisang. Vitamin B yang bersifat antioksidan inilah yang memberikan efek anti penuaan. Sementara vitamin A berfungsi untuk menghaluskan kulit yang menua seiring bertambahnya usia.

Buah pisang yang tumbuh subur di daerah tropis memiliki kandungan asam amino yang menyehatkan kulit dengan menguatkan jaringan ikat. Hasilnya, kulit akan menjadi terlihat lebih elastis. Tanda-tanda penuaan seperti garis-garis halus dan keriput pada wajah dan kulit bisa dikurangi dengan mengonsumsi pisang secara teratur.

Baca Juga:
Jenis-jenis Masker Wajah dan Manfaatnya untuk Kecantikan Kulitmu

2. Mengontrol minyak berlebih pada kulit




Kulit dengan minyak berlebih bisa membuat kamu frustasi. Untuk mengatasinya, konsumsi buah pisang yang memiliki kandungan eksfoliasi.

Vitamin C dalam pisang dipercaya mampu menyingkirkan minyak (sebum)berlebih pada kulit. Kamu bisa memanfaatkan pisang yang dicampur dengan madu dan jus lemon untuk diaplikasikan pada wajah.

3. Menghilangkan jerawat

Jerawat membandel adalah salah satu masalah kulit yang paling sering ditemui. Untuk mengatasinya, kamu bisa memanfaatkan pisang untuk diaplikasikan pada wajah.
Kandungan lektin dan zat besi dalam buah pisang diyakini mampu menghancurkan bakteri penyebab jerawat. Campur pisang dengan kunyit dan madu untuk dijadikan masker wajah. Selain mengurangi jerawat, ini juga akan menjaga kelembapan wajah.

4. Melembapkan kulit

Kulit sehat adalah yang terjaga kelembapannya dengan baik. Untuk menjaga kulit wajah tetap lembap, kamu bisa gunakan pisang sebagi masker wajah. Selain menghidrasi kulit dengan baik, pisang juga diyakini bisa mengatasi permasalahan umum seperti kulit kering.

5. Menyingkirkan bintik-bintik hitam

Sinar ultraviolet (UV) dapat mempercepat produksi melanin – pigmen alami yang memberikan kulit warna. Produksi melanin berlebih akan mengakibatkan munculnya bintik-bintik hitam. Selain itu, bintik-bintik hitam yang disebut hiperpigmentasi juga bisa disebabkan oleh bekas jerawat selain faktor hormonal. Dengan memanfaatkan buah pisang yang mengandung vitamin A, kamu bisa menyamarkan bintik-bintik hitam yang mengganggu.