Home Lifestyle Drinks Jangan Abaikan, Ini Manfaat Sarapan Pagi untuk Kesehatan

Jangan Abaikan, Ini Manfaat Sarapan Pagi untuk Kesehatan

Manfaat kegunaan sarapan pagi menu makanan minuman untuk kesehatan tubuh badan
Ilustrasi sarapan | Foto: Unsplash.com/Eiliv-Sonas Aceron

Highlight.ID – Keterbatasan waktu di pagi hari menjadi alasan bagi sebagian orang untuk melewatkan sarapan. Umumnya, orang akan terburu-buru di pagi hari dengan harapan agar bisa secepatnya sampai ke tempat tujuan. Selain itu, menyiapkan makanan sarapan mungkin dianggap cukup merepotkan. Padahal, sarapan memiliki beragam manfaat yang penting bagi kesehatan tubuh. Sebaliknya, jika melewatkan sarapan, maka kamu berpotensi mengalami gangguan kesehatan.

Beragam menu sarapan bergizi yang bisa disantap sebenarnya dapat disajikan secara praktis. Misalnya, roti tawar yang dapat diolesi selai dengan beragam rasa. Kamu juga bisa memanggang roti tawar untuk meningkatkan selera makan. Pilihan sarapan lainnya yakni sandwich yang dihidangkan bersama telur dan sayuran seperti selada. Kamu juga bisa sarapan dengan oatmel yang mengandung serat tinggi dan segelas susu yang kaya akan protein.

Kabar baiknya, menu-menu sarapan tersebut bisa disiapkan dengan waktu yang relatif cepat dan dapat dibawa dalam perjalanan. Jika tidak memiliki cukup waktu untuk makan sarapan di rumah, kamu dapat menikmatinya di sekolah, kampus atau kantor. So, nggak ada alasan lagi, kan, untuk melewatkan sarapan?

Kegunaan Sarapan Bagi Tubuh yang Perlu Kamu Ketahui

1. Memberikan asupan nutrisi untuk tubuh

Agar dapat beraktivitas dengan optimal, tubuh memerlukan energi yang diperoleh dari makanan. Orang yang terbiasa sarapan setiap hari secara rutin dapat melakukan kegiatan dengan baik dan merasa lebih segar dan bersemangat karena asupan nutrisinya tercukupi.

Baca Juga: Mau Makan di Mana? Ini Cara Memilih Restoran Sesuai Kantong Anak Kos

2. Meningkatkan konsentrasi dan kemampuan berpkir

Perut yang belum terisi membuat orang cepat lelah dan tidak bergairah. Akibatnya, daya pikir dan konsentrasi menjadi turun. Padahal, pagi hari merupakan momen yang paling tepat untuk memulai segala aktivitas. Menu sarapan yang menyehatkan dapat memberikan asupan nutrisi yang diolah menjadi energi. Hasilnya, konsentrasi dan kemampuan kognitif otak bisa meningkat.

3. Menjaga tubuh dari serangan penyakit

Sarapan sehat di pagi hari dapat mencegah kamu dari berbagai macam penyakit seperti diabetes dan penyakit jantung. Menu sarapan seperti sereal gandum utuh dan biji-bijian utuh serta susu dapat mengikat kolesterol jahat dan membuangnya ke luar tubuh. Sementara orang yang tidak terbiasa sarapan, menurut sebuah studi, memiliki kadar kolesterol jahat yang lebih tinggi di dalam tubuh daripada mereka yang sarapan setiap hari. Selain itu, sarapan juga dapat mencegah dari penyakit maag yang menyerang lambung.

4. Memperbaiki mood

Di pagi hari, orang biasanya masih merasa kurang segar karena istirahat yang mungkin masih kurang cukup. Ditambah lagi, perut yang belum terisi membuat mood sesorang terganggu, Nah, menyantap sarapan dapat membuat mood kamu menjadi lebih baik sehingga terhindar dari stres.

5. Menurunkan berat badan

Sarapan di pagi hari membuat perut kamu menjadi terisi sehingga selera makan yang berlebihan di siang hari dapat dicegah. Lain halnya jika melupakan sarapan, kamu akan terdorong untuk mengonsumsi makanan yang mengandung banyak kalori. Dengan tidak makan yang berlebih di siang hari, maka berat badan kamu akan lebih ideal.