Home Beauty 9 Manfaat Stroberi untuk Kecantikan, Bisa Mencegah Jerawat!

9 Manfaat Stroberi untuk Kecantikan, Bisa Mencegah Jerawat!

Manfaat kegunaan khasiat buah strawberi kecantikan kesehatan kulit wajah
Ilustrasi | Foto: Unsplash.com/Alexas_Fotos

Highlight.ID – Berada dalam keluarga rosaceae, kandungan nutrisi dalam buah stoberi (strawberry) cukup banyak. Buah yang mudah dikenali karena warnanya yang merah menyala dan penuh dengan bintik ini bisa tumbuh subur di berbagai negara. Biasanya, stroberi memiliki rasa yang asam tapi ada pula yang rasanya manis.

Beberapa nutrisi yang terkandung dalam stoberi di antaranya yakni vitamin C, karbohidrat, air, kalori, lemak, serat, gula, dan protein. Stoberi juga menyimpan kandungan antioksidan dan senyawa tanaman di antaranya asam ellagic, procyanidins, dan anthocyanin. Kandungan lainnya yang juga bermanfaat bagi tubuh yakni vitamin B6, vitamin E, fosfor, tembaga, zat besi, dan magnesium.




Berkat kandungan antioksidan di dalamnya, stoberi dipercaya mampu menangkal radikal bebas, mencegah kanker dan mengurangi peradangan dalam tubuh. Stoberi dengan kandungan anthocyanin diyakini dapat menurunkan risiko serangan jantung. Manfaat lain dari strawberry untuk kesehatan yakni membantu menurunkan berat badan berkat kandungan seratnya yang tinggi, menjaga gula darah tetap stabil, dan meredakan sembelit.

Gak hanya berguna untuk kesehatan, stroberi juga memiliki sederet manfaat untuk kecantikan kulit, wajah, dan rambut. Untuk mendapatkan khasiat dari stoberi, biasanya orang memakannya langsung, menjadikannya sebagai jus buah atau masker wajah.

Baca Juga:
Yuk, Intip 7 Manfaat Buah Alpukat untuk Kecantikan Wajahmu

Manfaat Strawberry untuk Kecantikan




1. Menghambat penuaan dini

Kandungan likopen dalam stroberi yang merupakan antioksidan berguna untuk menghambat munculnya tanda-tanda penuaan. Sementara kandungan vitamin C dan asam elagik berkhasiat untuk melawan radikal bebas. Jika radikal bebas tidak ditangkal akan dapat merusak jaringan kolagen yang menyebabkan munculnya garis-garis halus di wajah.

2. Mengatasi jerawat membandel

Jerawat yang mengganggu bisa mengurangi rasa percaya diri dan mempengaruhi penampilan. Apalagi jika jerawat menimbulkan bekas yang sulit dihilangkan. Salah satu penyebab jerawat yakni akibat produksi sebum berlebih.

Kamu bisa menjadikan stroberi yang kaya nutrisi sebagai masker untuk diaplikasikan pada wajah. Stroberi yang mengandung vitamin C, alpha hydroxy acids (AHAs), flavonoid, dan salicylic mampu melawan peradangan dan menyingkirkan kuman penyebab jerawat.

3. Menyamarkan bintik-bintik hitam

Salah satu tanda penuaan yakni munculnya kerutan, garis-garis halus dan bintik-bintik hitam. Hal ini seringkali terjadi pada setiap orang seiring bertambahnya usia. Tanda-tanda penuaan tersebut bisa diatasi dengan memanfaatkan buah stroberi.

Stoberi yang mengandung vitamin C mampu mendorong peningkatan produksi kolagen. Kolagen itu sendiri merupakan protein alami di dalam tubuh yang dapat mencegah penuaan dan mengencangkan kulit.

4. Mengontrol minyak berlebih



Secara alami, kulit memproduksi minyak (sebum) yang berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit. Apabila minyak diproduksi secara berlebihan, yang terjadi malah justru permasalahan kulit seperti jerawat.

Masker wajah menggunakan stroberi bisa menjadi pilihan berkat kandungan vitamin C yang mampu mengatasi minyak berlebih. Dengan demikian, kulit kamu akan terhindar dari jerawat dan masalah kulit lainnya.

5. Melindungi kulit dari radiasi UV

Satu lagi penyebab penuaan dini yakni paparan sinar ultraviolet (UV) yang terlalu sering. Sinar UV mampu menembus kulit hingga lapisan dermis, menyebabkan sel kulit rusak. Akibatnya, elastisitas kulit berkurang dan muncul kerutan atau garis-garis halus terutama pada wajah.

Pasalnya, wajah adalah salah satu area yang paling sering terpapar sinar matahari. Kandungan asam elagik yang merupakan antioksidan memiliki khasiat untuk menangkal radikal bebas dan melindungi kulit dari sinar UV.

Baca Juga:
5 Manfaat Menakjubkan Buah Kurma untuk Kecantikan

6. Mengatasi bibir yang menghitam

Konsumsi kafein, rokok, dan gaya hidup tidak sehat bisa menyebabkan bibir jadi berwarna kehitaman. Bibir yang menghitam tentu membuat penampilan wajah kurang menarik.

Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan stroberi dengan cara memotongnya menjadi beberapa bagian. Lalu, potongan stroberi digosokkan secara perlahan pada bibir. Hasil yang didapatkan, sel-sel kulit mati pada bibir akan lenyap dan bibir akan terjaga kelembapannya.

7. Mengatasi ketombe dan kerontokan

Masalah rambut yang sering menghantui wanita adalah ketombe dan kerontokan. Produksi minyak berlebih atau infeksi jamur bisa memicu munculnya ketombe. Sementara kerontokan banyak terjadi pada wanita berambut panjang.

Kandungan asam folat dalam stroberi dipercaya dapat menguatkan akar dan batang rambut. Sementara kandungan vitamin C bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut dan mengatasi ketombe. Untuk mendapatkan manfaat dari stroberi, kamu bisa memakannya secara langsung atau menjadikannya sebagai hair mask.

8. Mencerahkan wajah

Asam alfa-hidroksi yang terdapat di dalam stroberi efektif untuk menghilangkan sel-sel kulit mati melalui proses pengelupasan. Permukaan kulit juga akan terhindar dari minyak berlebih. Untuk mendapatkan manfaat kecantikan, stoberi dipakai sebagai masker wajah.

Caranya cukup mudah yakni aplikasikan stoberi pada wajah lalu diamkan selama sekira 10 – 15 menit. Kemudian, bilas wajah hingga bersih. Hasil yang kamu peroleh, selain sel-sel kulit mati akan terkelupas, garis-garis halus juga akan tersamarkan. Kulit akan menjadi lebih cerah berkat kandungan asam elagik dalam stroberi.

9. Menghaluskan kulit

Kulit yang halus dan lembut merupakan idaman setiap wanita. Itu juga menandakan kulit yang sehat dan terawat. Beberapa kandungan dalam stroberi seperti vitamin B1, vitamin B2, dan provitamin 1 diyakini dapat membantu menghaluskan kulit.

Selain itu, dengan aroma khasnya yang menyegarkan, stroberi bisa merangsang memori positif, membuat tubuh menjadi rileks. Manfaat tersebut bisa didapatkan dengan menggunakan stroberi sebagai face mist yang bisa kulit menjadi segar dan terjaga kelembapannya.