Home Beauty 5 Manfaat Menakjubkan Buah Kurma untuk Kecantikan

5 Manfaat Menakjubkan Buah Kurma untuk Kecantikan

Manfaat kegunaan khasiat buah kurma kesehatan kecantikan kulit rambut
Ilustrasi | Foto: Unsplash.com/Jocelyn Morales

Highlight.ID – Jazirah Arab dipercaya sebagai tempat asal kurma, buah yang banyak dicari-cari orang Indonesia terutama pada bulan puasa. Di seluruh dunia, buah kurma yang rasanya manis mempunyai banyak varian, digolongkan menjadi lunak, semi kering dan kering. Buah kurma mempunyai ciri-ciri yang mudah dikenali yakni berbentuk lonjong dan silinder dengan panjang sekitar 3 – 7cm.

Terdapat berbagai macam kurma yang dikategorikan berdasar kandungan glukosa, sukrosa dan fruktosa. Beberapa jenis kurma lunak yakni Barhee, Halaw, Khadrawy, dan Medjool. Sementara kurma semi kering termasuk Zahidi, Deglet Noor, dan Dayri. Lalu, kurma kering salah satunya yakni Thoory.




Buah yang berasal dari tanaman palma yang menjadi makanan pokok warga Timur Tengah ini mengandung banyak nutrisi yang berkhasiat untuk kesehatan. Buah kurma mencukupi kebutuhan nutrisi termasuk karbohidrat, serat, kalium, zat besi, protein, vitamin B6, tembaga dan magnesium. Terdapat pula kandungan antioksidan dalam kurma seperti fenolik, karoten, avanoid, dan anthocyanin.

Kandungan nutrisi dalam kurma bervariasi tergantung pada tingkat kematangannya. Sebagai contoh, kurma kering memiliki kandungan gula dan kalori yang lebih banyak daripada kurma segar. Di sisi lain, kurma segar mempunyai kandungan air dan protein yang lebih banyak. Selain enak untuk dikonsumsi, kurma juga mempunyai beragam manfaat untuk kecantikan kulit dan rambut.

Baca Juga:
9 Manfaat Stroberi untuk Kecantikan, Bisa Mencegah Jerawat!

Kegunaan Kurma untuk Kesehatan




Kurma yang sering disebut-sebut sebagai ‘buah nabi’ mempunyai kandungan serat yang tidak mudah larut. Serat ini berguna untuk memadatkan feses dan melancarkan pencernaan. Kurma juga diyakini dapat mencegah sembelit dan diare serta membersihkan usus.

Kandungan kalori dalam kurma dalam bentuk karbohidrat termasuk tinggi karena telah dikeringkan. Sehingga dengan mengonsumsi buah kurma secara rutin, kebutuhan kamu akan kalori dan gizi dapat tercukupi. Kurma yang dapat dikonsumsi secara langsung juga dapat menjadi pengganti gula putih dan menu diet yang menyehatkan.

Kadar potasium yang tersimpan dalam kurma mampu menggantikan elektrolit tubuh yang hilang. Manfaat ini seperti halnya ketika kamu mengonsumsi air kelapa. Lebih dari itu, kurma juga dipercaya dapat membantu menguatkan otot dalam tubuh.

Baca Juga:
Yuk, Intip 7 Manfaat Buah Alpukat untuk Kecantikan Wajahmu

Kesuburan pada pria maupun wanita dapat ditingkatkan berkat kandungan asam amino dan seng dalam kurma. Khasiat ini tentu menjadi kabar baik bagi pasangan suami istri. Serbuk sari kurma bahkan sering dijadikan bahan obat-obatan untuk mengatasi masalah ketidaksuburan pada pria.

Agar kesehatan tulang terjaga, ia membutuhkan zat-zat yang bisa diperoleh dari buah kurma. Beberapa kandungan dalam kurma seperti magnesium, tembaga, selenium dan mangan membantu menguatkan tulang sekaligus mencegah osteoporosis.

Khasiat Kurma untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

1. Membantu mengurangi peradangan

Kaya akan antioksidan terutama tanin, kurma dapat mencegah kerusakan sel dan oksidasi serta mengurangi inflamasi atau peradangan. Tak hanya itu, kurma juga diyakini dapat mengatasi alergi kulit yang dapat terjadi pada tubuh.

2. Meningkatkan elastisisitas kulit



Kulit yang menua dapat berkurang elastisitasnya. Akibatnya, kulit akan mengendur dan memperlihatkan garis-garis halus dan kerutan di wajah. Berkat kandungan vitamin C dan D, kurma dipercaya dapat meningatkan produksi kolagen, membantu mengembalikan kekencangan kulit. Selain itu, kurma memiliki kandungan anti penuaan yang dapat mencegah akumulasi melanin.

3. Mencerahkan kulit

Kandungan antioksidan dalan kurma juga berguna untuk mengindari efek radikal bebas yang berbahaya. Ia juga dapat menunda munculnya garis halus dan kerutan berkat asupan nutrisi yang mampu meningatkan kekuatan jaringan subkutan. Sementara asam pantotenat mampu memperbaiki kulit dari dalam, membuatnya lebih bercahaya. Kamu juga dapat menjadikan kurma sebagai masker wajah agar kulitmu terlihat lebih halus dan bebas kusam.

4. Menguatkan rambut dan mencegah kerontokan

Mengonsumsi buah kurma sebanyak 2 hingga 3 kali dalam sehari dapat membuat rambut lebih kuat dalan waktu yang relatif singkat. Khasiat ini diperoleh dari zat besi yang mampu meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala. Pertumbuhan rambut dapat ditingkatkan karena oksigen tersebar dengan baik ke seluruh tubuh. Pada akhirnya, kerontokan rambut dapat dicegah karena folikel dan akar rambut yang telah dikuatkan.

5. Menyehatkan kulit kepala

Vitamin B memiliki berbagai manfaat, salah satunya untuk membantu pembentukan sel darah merah. Darah dapat mengangkat oksigen ke seluruh tubuh termasuk bagian kulit kepala. Proses ini mendukung pertumbuhan rambut dapat berjalan sempurna.