Home Beauty Ragam Manfaat Buah Mentimun untuk Kulit yang Lebih Sehat Natural

Ragam Manfaat Buah Mentimun untuk Kulit yang Lebih Sehat Natural

khasiat manfaat fungsi kegunaan khasiat buah mentimun kecantikan kesehatan kulit wajah cara pemakaian masker kandungan bahan produk
Manfaat buah mentimun untuk kecantikan | Foto: medicalnewstoday.com
ISEEFEST 2019

Highlight.ID – Penampilan yang menarik sekarang bukan hanya milik seorang wanita, tapi juga pria. Percuma saja memiliki wajah yang cantik atau tampan jika tidak memiliki kulit cantik dan sehat. Karena itulah kita harus menjaga dan merawat kesehatan kulit terlebih dahulu. Terutama yang harus diperhatikan adalah kulit wajah.

Banyak wanita ataupun pria saat ini, yang kadang mengabaikan pentingnya menjaga dan merawat kulit. Mereka lebih mementingkan makeup sebagai dasar utama untuk menjadikan penampilan terlihat lebih menarik dan sempurna di mata orang lain. Bahkan, mereka rela berbondong-bondong membeli peralatan makeup yang mahal dibanding harus menjaga dan merawat wajah mereka. Padahal, semua penampilan yang sempurna selalu berawal dengan kulit wajah yang sehat.



Kesehatan kulit wajah sangatlah penting. Oleh sebab itu, perawatan wajah jika dihitung-hitung bisa dikatakan lebih mahal dibanding dengan peralatan makeup. Karena memang tidak ada gunanya menggunakan makeup mahal dan tebal jika kulit wajah kita tidak sehat. Memiliki kulit wajah yang sehat adalah awal dari penampilan yang sempurna. Makeup akan dengan mudah dapat menempel secara sempurna pada wajah kita jika kulit wajah kita sehat. Dengan begitu penampilan kita tentu akan terlihat semakin menarik.

Sebenarnya kita tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan terawat. Kita dapat menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar kita. Contohnya saja, kita bisa menggunakan timun untuk perawatan wajah kita. Selain harganya yang murah dan terjangkau, kalian dapat dengan mudah mendapatkan timun di mana dan kapan saja.

Baca juga:

Kita mungkin sudah tahu kalau timun memiliki kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan mata dan tubuh jika dikonsumsi. Apa kalian juga tahu, bahwagkandungan nutrisi yang ada dalam timun juga baik untuk wajah kita? Misalnya saja, silica, salah satu kandungan mineral yang terdapat dalam mentimun ini sangat baik untuk memperkuat jaringan ikatan pada kulit.

Para wanita khususnya, seringkali menggunakan mentimun sebagai masker wajah untuk mendapatkan hasil secara langsung dan nyata. Ingin tahu manfaat timun lainnya untuk wajah beserta tipsnya? Langsung aja simak bahasan berikut ini.

Khasiat Buah Mentimun untuk Kecantikan yang Wajib Kamu Ketahui

1. Menghilangkan lingkaran hitam di sekitar mata

Memiliki lingkaran hitam pada bawah mata tentu saja sangat mengganggu penampilan. Tentu saja kita bisa menggunakan concealer untuk menutupi lingkaran hitam. Tapi apakah concealer cukup ampuh untuk menghilangkan lingkaran hitam bawah mata dalam jangka waktu yang panjang? Concealer hanya membantu menyamarkan lingkar hitam pada bawah mata, bukan untuk menghilangkannya.

Lingkaran mata disebabkan oleh seringnya bergadang dan kurangnya tidur pada malam hari. Salah satu cara aman dan ampuh untuk menghilangkan lingkaran hitam pada bawah mata tanpa operasi, filler, atau menggunakan concealer, adalah dengan cara menggunakan timun sebagai masker mata. Kandungan antioksidan dan mineral silica dalam timun, dipercaya ampuh untuk menghilangkan lingkar hitam pada bawah mata.

Caranya dengan menggunakan 2 potong irisan timun lalu tempelkan ada kedua mata dan tunggu selama sekitar kurang lebih 30 menit. Atau kalian bisa membuat jus timun, lalu tempelkan kapas yang telah kalian celupkan pada jus timun itu terlebih dahulu. Setelah 30 menit, kalian bisa membilasnya dengan air bersih.

Oh ya, kalian bisa mengaplikasikan masker mata setiap hari juga lho! Bukan hanya itu saja, kalian juga bisa mendinginkan timun atau jus timun kalian terlebih dahulu di dalam kulkas untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Tidak hanya lingkar hitam bawah mata, kalian juga bisa mengucapkan selamat tinggal pada mata panda kalian.

2. Mencerahkan kulit wajah

Percuma saja memiliki wajah putih tapi terlihat kusam. Wajah tentunya akan terlihat tidak menarik! Cara mudah mencerahkan kulit wajah, selain harus menggunakan sunblock atau sunscreen, kalian juga harus memberikan nutrisi pada kulit. Salah satu nutrisi yang terpenting untuk mendapatkan kulit yang cantik dan cerah adalah dengan memberikan nutrisi Vitamin C. Nah, timun sendiri memiliki kandungan vitamin C sehingga dapat mencerahkan kulit wajah secara aman dan alami.


Caranya cukup mudah, kalian bisa mencampurkan jus timun dan perasan jeruk lemon secukupnya, lalu oleskan secara merata pada kulit wajah dan leher. Tunggu selama 30 menit lalu bilas dengan menggunakan air hingga bersih. Kalau kalian menggunakan masker timun dan lemon ini secara rutin, kulit wajah cerah bukan lagi hal yang mustahil!

3. Mengurangi minyak yang berlebihan pada wajah

Minyak berlebihan pada wajah tentu sangat tidah menarik. Selain dapat menyebabkan jerawat, makeup juga tidak dapat menempel dengan sempurna dan tentu saja makeup yang kalian pakai tentu tidak bertahan lama. Kalian bisa mencoba membuat masker dari jus timun yang ditambahkan dengan sedikit air mawar untuk membantu mengurangi minyak yang berlebih pada wajah.

4.Mengecilkan pori-pori

Memiliki pori-pori yang besar, bukan hanya mengganggu penampilan, tapi juga dapat menyebabkan berbagai masalah kulit wajah. Contohnya saja, wajah jadi lebih mudah berjerawat. Jika kalian memiliki pori-pori yang besar, berarti kulit wajah kalian memiliki banyak kotoran yang akhirnya menyumbat dan membuat pori-pori semakin terbuka lebar.

Pori-pori wajah memang tidak bisa sepenuhnya tertutup. Tapi kalian bisa mengecilkan pori-pori kalian agar wajah tempak lebih sehat dan cantik. Selain menggunakan es batu untuk mengecilkan pori-pori, masker timun bisa dijadikan pilihan lain untuk mengecilkan pori-pori wajah.

Caranya, jus atau parut timun dan tomat secara bersamaan. Lalu tambahkan sedikit cuka apel dan lidah buaya. Lalu oleskan secara merata pada wajah dan leher, dan tunggu sekitar 20-30 menit. Setelah itu, bilas dengan air hingga bersih. Kalian bisa menggunakan masker ini 2-3 kali seminggu tergantung kondisi wajah dan aktivitas kalian ya!

5. Mencegah penuaan dini

Timun memiliki kandungan nutrisi vitamin C dan caffeic acid yang cukup tinggi. Kedua kandungan tersebut sangat baik untuk mencegah kulit dari penuaan dini. Bisa dikatakan, kedua kandungan ini efektif untuk menghilangkan keriput, garis halus, dan mengembalikan elastisitas kulit yang rusak akibat paparan sinar matahari.

Baca juga:

Cara mencegah penuaan dini yakni dengan menggunakan timun yang telah dihaluskan dan dicampur dengan dua sendok yogurt. Yogurt sendiri memiliki kandungan lactic acid berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati sekaligus melembabkan wajah secara bersamaan. JIka kalian menggunakan masker ini secara rutin, kalian tidak hanya mencegah penuaan dini, tapi kalian juga akan mendapatkan kulit wajah yang cerah dan lembap.

6. Menghidrasi kulit yang kering

Timun tidak hanya untuk kulit yang berminyak. Kalian bisa menggunakan timun sebagai alternatif masker untuk segala jenis kulit. Dari kulit yang kering sampai kulit yang berminyak. Kalian bahkan dapat menggunakan timun sebagai masker meskipun kalian memiliki jenis kulit sensitif. Kalian tidak perlu khawatir, karena timun memiliki kandungan yang cukup aman untuk segala jenis kulit.

Jika memiliki kulit kering, kalian dapat menggunakan timun untuk menghidrasi kulit. Kandungan antioksidan yang terdapat dalam timun dapat melembapkan kulit yang kering. Kalian juga dapat mencampurkan alpukat, susu bubuk dan putih telur untuk mendapatkan kulit yang lembap secara maksimal.

7. Membantu mengatasi kulit yang terbakar karena sinar matahari

Jika kalian adalah orang-orang yang sering beraktivitas di luar ruangan, tentu saja kalian tidak dapat menghindari paparan sengat sinar matahari secara langsung. Sinar matahari sendiri tidak jarang membuat kulit wajah terbakar akibat terlalu sering atau lama berada di bawah sinar matahari. Untuk itu, kalian dianjurkan menggunakan masker timun yang sangat berguna untuk mendinginkan menyegarkan kulit akibat paparan sinar matahari.

Memiliki kulit yang cantik dan sehat tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam bukan? Asal kalian rajin untuk merawat dan menjaga kulit, kulit impian sudah tidak lagi menjadi impian. Kalian mau mencoba tips masker yang mana dulu nih? Yuk share di kolom komentar! Selamat mencoba ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here