Highlight.ID – TikTok merupakan salah satu platform media sosial yang saat ini banyak digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Menurut data Statista, Indonesia merupakan negara dengan pengguna TikTok terbesar kedua di dunia. Jumlah penggunanya mencapai 99,07 juta pengguna, satu peringkat di bawah Amerika Serikat yang memiliki 136,42 juta pengguna.
Selain untuk media hiburan berbagi foto, video, dan live streaming, TikTok juga bisa dimanfaatkan oleh pemilik bisnis untuk menjual produk ke calon customer. Live streaming TikTok yang bisa komunikasi dua arah membuat calon customer bisa bertanya langsung tentang produk yang dijual dan pemilik bisnis bisa me-review produk yang dijual. Di balik besarnya peluang jualan dari live streaming TikTok, tentu kompetisinya juga cukup tinggi.
Lalu apa yang bisa kamu lakukan agar live streaming TikTok bisa menghasilkan penjualan tinggi dan omset naik? Yuk, simak 3 strategi praktis dari Global Awards Winning Business Coach, Coach Yohanes G. Pauly ini!
Baca juga:
Manfaat TikTok Shop untuk Tingkatkan Penjualan Online
1. Special Offer
Special Offer merupakan strategi di mana kamu sebagai pemilik bisnis memberikan penawaran spesial kepada calon customer, sehingga calon customer menjadi tertarik untuk membeli produk atau jasa yang kamu jual. Perlu diketahui, ini bukan merupakan perang harga melainkan pricing strategy ya!.
Misalnya di bisnis fashion yang menjual blouse crinkle dengan harga normal Rp150.000 namun memberikan special offer senilai Rp75.000 saja. Strategi dengan menerapkan special offer ini bertujuan agar calon customer melihat bahwa ada penawaran spesial yang diberikan sehingga tertarik untuk membeli.
2. Scarcity
Strategi scarcity menekankan agar calon customer membeli produk atau jasa, maka komunikasikan bahwa ada batasan jumlah produk atau jasa yang dijual. Kamu bisa menggabungkan scarcity ini dengan special offer.
Misalnya pada bisnis fashion tadi yang memberikan special offer seharga Rp75.000 dari harga normal Rp150.000, pemilik bisnis memberikan penawaran bahwa blouse crinkle tersebut diproduksi untuk jumlah serta varian warna yang terbatas.
3. Urgency
Urgency atau keterdesakan yang harus dilakukan di saat itu juga. Ada batas waktu yang mendesak membuat seseorang harus mengambil keputusan segera. Gunakan strategi urgency untuk menyempurnakan strategi special offer dan scarcity!
Contohnya adalah di bisnis fashion yang menggabungkan ketiga strategi special offer, scarcity, dan urgency. Ia memberikan special offer seharga Rp75.000 untuk blouse crinkle yang hanya diproduksi dalam jumlah yang terbatas dan hanya bisa didapatkan saat live streaming berlangsung. Sehingga setelah live streaming berakhir, promo tersebut sudah tidak berlaku.
Dampaknya? Dengan menggabungkan ketiga strategi tersebut sangat mendapatkan keuntungan yang besar tanpa harus perang harga dengan kompetitor.