Home Beauty Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit

Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit

Manfaat olahraga aktivitas fisik untuk kesehatan tubuh dan kulit
Ilustrasi | Foto: Unsplash.com/Chander R

Highlight.ID – Seringkali kita mendengar istilah ‘kulit glowing’ untuk menunjuk pada kulit yang terlihat bersinar. Padahal, dalam dunia medis atau dermatologi, istilah tersebut tidak ada. Istilah medis yang dipakai adalah kulit yang sehat. Hal itu dijelaskan oleh dr. Listya Paramita dalam acara “Wardah Beauty and Wellness” dengan tema “Fresh Skin and Body Workout” tanggal 22 Mei 2021.

“Itu biasanya istilah populer aja untuk menyebut ketika suatu kondisi kulit itu bagus, bercahaya. Dia memantulkan cahaya yang baik jadi kita menyebutnya ‘glowing’,” kata dr. Listya. Menurutnya, kulit tidak bisa memantulkan cahaya yang baik tanpa mendapatkan kulit yang sehat dulu.




Sebagian besar orang hanya fokus pada penggunaan produk perawatan kulit untuk mendapatkan kulit yang sehat. “Tapi kadang-kadang mereka lupa dengan basic needs yang harus dipenuhi oleh tubuh kita. Kalau kita ngomongin kulit yang sehat, harus holistik, semuanya harus benar. Skin care yang dipakai harus benar, sesuai dengan jenis kulit kemudian kita menggunakannya juga konsisten,” jelasnya.

dr. Listya menekankan pentingnya menerapkan pola hidup yang sehat. Karena kalau hanya berorientasi pada pemakaian produk skin care tapi tidak memenuhi kebutuhan dasar yang diperlukan tubuh maka hasil yang optimal tidak bisa didapatkan. Pola hidup sehat yang harus diterapkan yakni mengatur pola makan, istirahat yang cukup, olahraga, dan mengontrol stres.

Pemilihan produk skin care yang sesuai dengan jenis dan kondisi kulit harus selalu diperhatikan. Jika salah memilih produk maka ini akan menimbulkan iritasi ringan hingga berat pada kulit. “Yang pertama adalah selalu gunakan produk-produk, kalo yang dijual bebas di pasaran, harus ada registrasi BPOM-nya. Itu wajib karena BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) ini adalah suatu badan pemerintah yang memang difungsikan untuk melindungi konsumen,” dr. Listya menerangkan.

Baca Juga:
Kiat Tasya Kamila Merawat Kulit dan Kesegaran Tubuhnya di Bulan Puasa

Manfaat olahraga aktivitas fisik untuk kesehatan tubuh dan kulit
“Wardah Beauty and Wellness” dengan tema “Fresh Skin and Body Workout” | Foto: Tangkapan layar

“Yang kedua, selalu pilih produk-produk yang sesuai sama jenis kulit, sesuai sama problem apa yang akan kita beresin di kulit kita. Dan itu benchmark-nya kita sendiri nggak bisa pakai kulit orang lain. Kadang-kadang sebagai gambaran umum bisa tetapi tetap kita harus coba sendiri ke kulit kita. Yang ketiga, step yang basic banget untuk merawat kulit itu sebenarnya sederhana adalah cleansing, moisturizing, protecting,” jelasnya.

Manfaat Olahraga

Ada anggapan di masyarakat bahwa olahraga dapat membuat kulit menjadi sehat. Menurut dr. Listya, olahraga bukan ditujukan untuk membuat kulit menjadi sehat, tapi kesehatan tubuh secara keseluruhan. “Manfaat olahraga itu banyak banget. Ingat, tubuh kita itu satu kesatuan utuh,” dr. Listya menambahkan.

“Olahraga itu supaya badan kita dari ujung rambut sampai ujung kaki itu sehat. Goals-nya sehat. Kulitnya jadi cerah, jadi glowing, jadi awet muda itu bonusnya. Jadi jangan kebalik. Kenapa sih, olahraga ini menjadi sesuatu yang penting. Pertama, dengan olahraga itu aliran darah kita akan lebih lancar. Akitivtas fisik itu akan berguna pada massa otot kita, endurance kita juga akan terlatih,” ucapnya.

Baca Juga:
Wardah Beauty & Wellness: Merawat Kecantikan Kulit di Bulan Puasa

“Kedua, ketika olahraga itu ada hormon endorfin yang akan selalu ada. Hormon endorfin itu penting banget untuk menjaga kita untuk supaya nggak stres,” kata dr. Listya. Menurut penelitian, seperti yang disebutkan dr. Litya, olahraga dan aktivitas fisik secara teratur dapat menunda penuaan.

“Dengan olahraga, kita akan terhindar dari penyakit-penyakit atau gangguan-gangguan degeneratif misalnya hipertensi, diabetes, dan lain-lain. Endurance-nya juga pasti beda, orang yang olahraga dengan yang enggak. Kemudian dari segi imunologi, sistem imunitas tubuh manusia. Orang yang memang aktif secara fisik itu sistem imunnya lebih kuat dibandingkan dengan orang yang mungkin males gerak, males olahraga,” tambahnya.

Lulu Elhasbu yang juga hadir dalam acara “Wardah Beauty and Wellness” mengaku bahwa dengan berolahraga, dirinya merasa mendapatkan energi baru. “Aku ngerasa, kayak mentalnya benar-benar sehat, fisik, bonus awet muda. Kita jadi ngerasa tanggung jawab sama tubuh yang Allah kasih untuk dijaga kesehatannya,” kata dia.