
Highlight.ID – YouTube merupakan platform berupa website dan aplikasi yang digunakan untuk berbagi dan menonton video. Konten-konten video yang ada di YouTube dipublikasikan sendiri oleh para penggunanya. Bagi mereka yang gemar membuat video atau beraksi di depan kamera, YouTube bisa menjadi ajang untuk mengungkapkan kreativitasnya. Motivasi mereka bermacam-macam. ada yang memang hobi atau sekadar iseng, ada pula yang benar-benar serius mengelola akun YouTube.
Pengguna YouTube pun semakin meningkat dari waktu ke waktu. Pada saat yang bersamaan, kebanyakan orang lebih memilih menonton video daripada membaca artikel. Hal ini memberikan peluang tersendiri di mana YouTube bisa menjadi alat pemasaran yang ampuh. Itu bisa terlihat dari makin banyaknya pemilik brand yang memasang iklan di YouTube. Buat kamu yang sedang menjalankan bisnis dan mencari media promosi online yang tepat dan efekif, YouTube layak masuk dalam pertimbangan.
Apa Saja Manfaat YouTube untuk Bisnis?
1. Mendemonstrasikan produk atau jasa
Sebagai media promosi, YouTube menghadirkan beragam fasilitas yang memudahkan pemakainya untuk memaksimalkan konten yang ada. Yang pertama kali kamu lakukan yakni membuat kanal YouTube lewat akun Gmail yang kalian miliki. Setelah membuat kanal, kamu perlu menyusun konten yang sekiranya menarik audiens.
Pada dasarnya, video yang diunggah bisa dalam bentuk apapun mulai dari demonsteasi produk atau jasa yang ditawarkan hingga konten yang lebih menghibur seperti talkshow atau podcast misalnya. Dalam hal mengelola kanal YouTube, tantangan yang pengguna hadapi yakni bagaimana agar penonton selalu merasa tertarik untuk menyimak setiap konten yang diunggah. Oleh sebab itu, kamu perlu membuat video-video demonstrasi produk yang lebih variatif.
Baca juga:
5 Manfaat Utama Pinterest untuk Mendukung Pemasaran Digital
2. Membentuk komunitas
Lewat YouTube, kamu bisa dengan mudah menemukan orang-orang dengan kecintaan atau hobi yang sama. Sebagai contoh, mereka yang mencintai otomotif cenderung akan mencari video-video yang sesuai dengan hobinya di YouTube. Ketika mereka menemukan channel yang selaras dengan hobinya, mereka bisa berkomunikasi dengan para pencinta otomotif lainnya.
Membangun komunitas merupakan cara efektif untuk memasarkan produk atau jasa yang kamu miliki. Komunitas itu akan terbentuk ketika pengguna membagikan konten-konten bermanfaat yang sesuai dengan minat segmen yang spesifik. Pada awalnya, seseorang mungkin tidak langsung membeli produk pada saat itu juga. Tapi mereka bisa jadi akan jadi konsumen yang potensial.
3. Menunjukkan keahlian
Durasi video YouTube yang panjang dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk kepentingan pemasaran. Video yang bisa berupa tips-tips atau pengetahuan tentang penggunaan produk. Kamu juga bisa membuat video yang memberikan solusi atas suatu permasalahan.
Dengan demikian, penonton akan memandang bahwa kamu memang mempunyai keahlian yang dibutuhkan oleh orang lain. Ketika orang lain memandangmu sebagai seorang yang ahli pada bidang tertentu, itu artinya mereka menaruh kepercayaan kepada mu. Ketika waktunya tepat, mereka akan membeli produk darimu.

4. Menyediakan format iklan
YouTube yang terintegrasi dengan layanan Google lainnya memungkinkan penggunanya untuk memasang iklan dengan berbagai format. Iklan yang kamu pasang di YouTube bisa muncul di bagian beranda atau di bagian halaman video. Kamu bisa menentukan target audience yang sesuai dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan. Dengan memasang iklan, potensi produkmu untuk dilihat orang banyak akan semakin meningkat.
5. Memancing interaksi dengan audiens
YouTube memberikan kesempatan bagi pemilik kanal untuk berinteraksi dengan audiens salah satunya lewat kolom komentar. Untuk meningkatkan engagement dengan penonton, kamu juga dapat memanfaatkan fitur live streaming yang tersedia. Selain itu, kamu juga harus rajin meng-upload video secara teratur sehingga penonton akan selalu merasa penasaran.
Sebagai variasi, kamu bisa membuat video Q & A, atau video yang di-request oleh penonton. Cara ini efektif untuk menunjukkan bahwa kamu mempunyai perhatian terhadap pelanggan. Lewat pertanyaan yang kamu ajukan, kamu akan mengetahui lebih dalam apa yang menjadi kebutuhan mereka.
6. Menjangkau pasar yang lebih luas
Untuk memasarkan produk secara online, adan tidak cukup hanya dengan menampilkan gambar statis saja. Penggunaan video menjadi salah satu cara pemasaran yang efektif untuk menarik perhatian konsumen. Dalam hal ini, YouTube merupakan platform yang tepat bagimu untuk menampilkan video-video tentang produk yang ditawarkan.
Lewat video di YouTube, produkmu berpotensi makin dikenal khalayak luas karena penggunanya yang terus bertambah dari waktu ke waktu. Kamu bisa menjangkau pasar yang mungkin tidak terjangkau oleh media-media promosi lainnya. Untuk itu, mulai saat ini pikirkan untuk mengelola akun YouTube secara konsisten.
7. SEO
Mengoptimalkan penggunaan youtube bisa dilakukan dengan menerapkan teknik-teknik search engine optimization (SEO). Salah satu caranya yakni dengan menyertakan deskripsi produk dan keywords tertentu pada video. Sehingga, video produk atau jasa yang kamu unggah ke YouTube kemungkinan bisa muncul di mesin pencari.
Dengan demikian, itu akan memudahkan pelanggan untuk segara menemukan video bisnis produk atau jasa. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan fitur tag atau hashtag untuk lebih meningkatkan potensi produk untuk ditemukan.
Cara Maksimalkan YouTube untuk Pemasaran
1. Memahami target pasar
Hal yang harus diperhatikan pertama kali ketika ingin membangun bisnis dengan menggunakan media sosial, maka kita harus menganalisa kecenderungan pasar saat ini. Ketika sudah mengetahui jenis produk apa yang akan dipasarkan, langkah selanjutnya yakni menentukan segmen konsumen.
Setelah kamu memahami siapa yang ingin disasar, maka langkah selanjutnya yakni memulai membuat video promosi yang sesuai dengan minat mereka. Kesesuaian minat ini perlu dipertimbangkan dengan baik karena akan menentukan efektivitas video.
2. Menggunakan call to action
Call to action ini dapat digunakan agar penonton atau calon konsumen termotivasi untuk melakukan sesuatu sebagai bentuk interaksi. Salah satu contoh call to action paling umum yakni mengajak pemirsa untuk berlangganan kanal dan membagikan video ke orang-orang.
Untuk mendorong terjadinya pembelian, kamu bisa menawarkan mereka giveaway, voucher, diskon atau hadiah agar orang lebih termotivasi lagi. Penonton akan mendapatkan manfaat setelah mereka mengikuti ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan. Cara terbukti efektif untuk meningkatkan penjualan dalam waktu yang relatif singkat.
3. Mempercantik desain channel
Tips selanjutnya adalah dengan mempercantik tampilan channel YouTube untuk menarik orang. Desain channel yang bagus dapat mempengaruhi persepsi orang dan meningkatkan kredibilitasmu di mata mereka. Cara paling mudah yang bisa kamu lakukan yakni dengan membuat banner header yang bagus.
Baca Juga:
Bikin Konten Video? Ini 8 Perlengkapan untuk Vlogger di YouTube
Selain itu, kamu bisa membuat thumbnail yang menarik orang untuk mengklik lalu kemudian menontonnya. Karena kamu menggunakan YouTube untuk kepentingan bisnis, maka pastikan penggunaan warna desain seperti banner atau thumbnail sesuai dengan identitas perusahaanmu.
4. Tampilkan informasi channel dengan detail
Penjelasan yang rinci dan detail pada channel bisnis dapat membantu para pengunjung untuk mendapatkan informasi secepat mungkin. Biasanya, pengguna memberikan informasi yang lebih detail lewat deskripsi yang letaknya berada di bawah video. Sementara untuk memberikan informasi tentang channel, kamu bisa menambahkan deskripsi perusahaan di bagian profil.
Jangan lupa pula untuk menambahkan tautan yang mengarah ke akun-akun media sosial yang kamu miliki. Tujuannya yakni agar pengguna YouTube bisa beralih ke aplikasi lainnya dengan mudah. Ini juga cara untuk meningkatkan interaksi dengan audiens karena mereka bisa menghubungimu lewat kontak atau akun media sosial yang kamu tampilkan.
5. Mengolah feedback
Adanya kolom komentar dan pemberian rating video merupakan salah satu cara agar pemilik channel bisa beriteraksi langsung dengan audiens. Hal ini dapat menjadi kekuatan bagi pebisnis karena mereka bisa memperoleh umpan balik (feedback) dari audiens lewat saran atau pertanyaan yang mereka ajukan.
Satu hal yang harus diingat, feedback ini jangan terlalu lama dibiarkan tanpa ada tanggapan darimu. Jika dibiarkan, maka orang bisa saja akan berpikir bahwa perusahaanmu tidak profesional. Oleh sebab itu, jika ingin mengelola akun YouTube dengan serius, kamu harus memiliki tim yang solid dan kuat.
6. Memperkuat brand
Brand (merek) merupakan hal yang sangat penting agar audiens selalu mengingatnya dalam pikiran mereka. Oleh sebab itu, perlu dilakukan pencantuman logo brand kita pada awal video dimulai dan pada akhir tayangan video. Selain itu, lewat YouTube, konsumen bisa mengetahui secara lebih dalam tentang brand.
Baca Juga:
5 Manfaat Live Streaming bagi Content Creator & Pemilik Bisnis
Adanya kanal YouTube juga membuktikan bahwa perusahaan mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman. YouTube juga memungkinkan brand untuk menjangkau khalayak lebih luas. Visibilitas brand-mu secara online akan semakin meningkat.
7. Menjelaskan produk dengan detail
Kelebihan YouTube, salah satunya yakni memungkinkan penggunanya untuk mendemonstrasikan produk secara visual dan interaktif. Lewat video pula, audiens tak hanya bisa melihat produk tapi juga pembawa acara yang berbicara langsung di depan kamera. Apabila penyampaiannya bagus, maka audiens berpotensi untuk terus menyimak video hingga detik terakhir.
8. Menampilkan testimoni pelanggan
Salah satu cara agar calon pembeli semakin yakin dengan produkmu yakni dengan menampilkan testimoni dari pelanggan yang pernah membeli atau menggunakan produk. Testimoni yang berupa video akan memiliki kekuatan yang lebih jika dibandingkan dengan testimoni yang hanya menggunakan tulisan saja .
9. Mengoptimalkan SEO
Selanjutnya untuk memperluas tersebarnya video, maka kamu perlu untuk melakukan embedding video ke dalam website. Apabila seseorang melakukan pencarian tentang sesuatu yang berhubungan dengan bisnis, maka videomu kemungkinan besar dapat muncul di halaman pencarian Google.
Cara yang bisa kamu lakukan yakni memberikan tag dan menggunakan keywords tertentu. Keyword inilah yang akan digunakan oleh orang ketika ingin mencari informasi yang berkenaan dengan bisnis di YouTube.