Home Business 5 Manfaat Utama Pinterest untuk Mendukung Pemasaran Digital

5 Manfaat Utama Pinterest untuk Mendukung Pemasaran Digital

pinterest business manfaat kegunaan bisnis digital marketing online branding

Highlight.ID – Kebanyakan orang mengenal Pinterest sebagai salah satu media sosial populer yang memungkinkan penggunanya membuat pin dan papan, mengunggah gambar, mengumpulkan ide sesuai tema tertentu, dan membagikannya kepada orang lain. Namun, mungkin lebih sedikit orang yang memahami bagaimana Pinterest digunakan untuk tujuan bisnis.

Umumnya, Pinterest sering digunakan untuk mencari ide berdasarkan minat tertentu daripada produk. Karena meningkatnya penggunanya dari waktu ke waktu, Pinterest telah menjadi alat pemasaran. Salah satu fitur Pinterest yang kuat adalah profil bisnis yang memungkinkan pemasar meningkatkan kehadiran online mereka.

Perlu kamu pahami, profil pribadi pada dasarnya berbeda dengan akun Pinterest for Business meski sekilas terlihat sama. Kamu akan melihat banyak fitur bermanfaat dari Pinterest untuk Bisnis yang dapat mendorong keterlibatan dengan pengguna. Profil bisnis memberimu akses luas ke iklan, perdagangan online, dan analitik statistik.

Selain membuat profil bisnis dari awal, kamu juga bisa mengonversi akun pribadi menjadi akun bisnis. Yang perlu kamu ketahui, akun bisnis harus didaftarkan oleh perusahaan berlisensi yang memenuhi ketentuan penggunaan Pinterest.

1. Memperkuat otoritas merek

Setelah kamu membuat akun bisnis, tantangan yang kamu hadapi adalah bagaimana menumbuhkan minat audiens terhadap merekmu. Cara termudah yang bisa kamu lakukan adalah dengan memaksimalkan fitur Pinterest yang tersedia. Misalnya, kamu dapat menyematkan kontenmu sendiri dan menambahkan pin dari sumber luar.

Seperti media sosial pada umumnya, saat kamu membagikan informasi yang bermanfaat kepada audiens, Kamu memberi mereka nilai. Ini pada gilirannya akan membangun kepercayaan audiens dan memperkuat otoritas merekmu.

Baca juga:
Manfaat & Cara Maksimalkan YouTube untuk Penjualan Online

2. Menemukan tren terbaru

Pengguna biasanya menggunakan Pinterest untuk berbagi informasi, ide, tren, dan hal menarik apa pun yang mereka sukai. Oleh karena itu, bisnismu perlu hadir secara aktif di Pinterest agar eksposur online meningkat. Pada saat yang sama, kamu bisa mendapatkan basis pelanggan yang lebih luas.

Kamu dapat mengamati tren terkini dalam kategori bisnis tanpa harus mengikuti pengguna lain. Secara teratur, Pinterest mengumpulkan kategori konten populer berdasarkan pencarian pengguna. Dengan mengikuti tren yang sedang berkembang, kamu dapat mengetahui dengan tepat apa yang diminati orang. Wawasan ini pada akhirnya bermanfaat bagi bisnis untuk merancang produk dan layanan yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan.

Saat kamu terbiasa dengan Pinterest untuk Bisnis, kamu akan menemukan cara baru yang mungkin lebih efektif untuk menyampaikan pesan merekmu. Pada dasarnya, semakin kamu mengenali karakteristik pengguna Pinterest, semakin mudah pesanmu diterima oleh mereka.

3. Meningkatkan lalu lintas situs web

Pinterest adalah media sosial yang lebih mengedepankan visual. Oleh karena itu, kamu harus menampilkan gambar berkualitas tinggi untuk menarik perhatian pemirsa. Setiap kali kamu membuat Pin yang menyertakan gambar dan tautan yang menarik, orang memiliki kesempatan untuk mengunjungi situs web. Ini berfungsi sama baiknya dengan halaman arahan.

pinterest business manfaat kegunaan bisnis digital marketing online branding

Pinterest dapat memberikan lalu lintas yang besar melalui tautan masuk. Terlebih lagi, Pinterest adalah media sosial dengan otoritas domain yang tinggi. Dari segi SEO (search engine optimization), website lebih mudah terindeks oleh mesin pencari.

Dibandingkan dengan platform media sosial lainnya, Pinterest memiliki lalu lintas rujukan yang lebih tinggi. Banyak hasil pencarian di search engine berupa teks dan gambar yang bersumber dari Pinterst.

4. Menghasilkan konversi

Perlu kamu ingat, Pinterest adalah media sosial berbasis minat. Jadi, dengan Pinterest, kamu memiliki peluang untuk mengubah audiens menjadi pelanggan setia. Pengguna Pinterest umumnya sudah tahu lebih banyak tentang apa yang mereka cari dan sukai.

Saat mereka menemukanmu di Pinterest melalui kategori konten populer atau fitur pencarian, kemungkinan besar mereka akan tertarik dengan kontenmu. Semakin banyak orang menyematkan kontenmu, semakin tinggi eksposur merek. Dengan begitu, orang yang menyukai konten berpotensi menjadi pelanggan di masa mendatang.

5. Meningkatkan visibilitas online

Orang mencari ide dan informasi di Pinterest melalui kata kunci, minat, dan papan. Konten yang dioptimalkan meningkatkan kemungkinan ditemukan secara organik. Ketika konten dibagikan berulang kali, konten akan memiliki tingkat visibilitas yang tinggi.

Pengguna menyematkan konten dengan maksud agar dapat dilihat lagi di lain waktu. Semakin banyak pengguna yang menyematkan konten , semakin mudah orang menemukan bisnismu.