Home Beauty Ragam Perawatan Kecantikan Tradisional di Martha Tilaar Salon & Day Spa

Ragam Perawatan Kecantikan Tradisional di Martha Tilaar Salon & Day Spa

peluang bisnis usaha martha tilaar spa salon kecantikan treatment perawatan therapist franchise pameran ifra layanan jenis macam merek brand makeup kosmetik lokal indonesia
Booth Martha Tilaar Spa di pameran IFRA 2019 | Foto: Highlight.ID
ISEEFEST 2019

Highlight.ID – Brand kosmetik yang telah berdiri lama dan sangat dikenal di Indonesia yakni Martha Tilaar. Sang pendirinya, Martha Tilaar membuka salon pertamanya bernama Martha di kawasan Menteng, Jakarta Pusat pada tahun 1970. Dalam perkembangannya Martha Tilaar Group menaungi beberapa perusahaan, salah satunya yakni PT Cantika Puspa Pesona yang bergerak di bidang jasa spa dan salon.

“Itu awalnya salon kecil di garasi ibu Martha. Kemudian berkembang menjadi salon dan spa itu pada tahun 1990. Jadi tahun 90-an itu sudah sudah jadi salon dan spa dan di-franchise-kan pada tahun ’97,” jelas Dea, Marketing Communication PT Cantika Puspa Pesona kepada Highlight.ID di acara Pameran IFRA 2019.



“Untuk saat ini sudah membuka lebih dari 80 cabang di seluruh Indonesia, dari Aceh hingga Kupang. Kemudian untuk brand Martha Tilaar Spa sendiri ada 2, Martha Tilaar Salon & Day Spa dan Martha Tilaar Spa Express, ada juga Eastern Garden Martha Tilaar Spa. Kita lagi mengembangkan juga spa yang terbaru, konsepnya halal beauty, namanya Sariayu Natural Halal Beauty Center,” tambahnya.

Treatment Kecantikan Tradisional

Martha Tilaar Salon & Day Spa yang menyasar konsumen berusia 25 hingga 50 tahun menawarkan beragam perawatan kecantikan. Di antaranya yakni body treatment, face treatment, hair treatment, hand & foot treatment, makeup dan waxing. Martha Tilaar Salon & Day Spa juga menawarkan Special Package seperti Purity Spa, Sensual Enchanter Spa Package, Body Contouring Spa Package hingga Pre-Wedding Spa Package.

Baca juga:

Selain itu, ada pula Signature Treatment yang terdiri dari Ken Dedes Princess Ritual, Balinese Coconut Body Treatment, dan Batimung Body Treatment. Dea menuturkan, “Kalo yang best-seller itu body spa, ya. Kita punya signature spa dari Indonesia. Ada bakera dari Sulawesi, ada batimung dari Kalimantan, lulur dari Jawa sama boreh dari Bali.”

Perawatan favorit di Martha Tilaar Salon & Day Spa di antaranya yaitu Bio White & Clear Facial, treatment yang menggunakan produk terbuat dari ekstrak mullberry untuk kulit wajah yang lebih bersih dan cerah. Ada juga Derma Bright Facial selama 90 menit, perawatan kulit wajah untuk mencerahkan dan mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini.

peluang bisnis usaha martha tilaar spa salon kecantikan treatment perawatan therapist franchise pameran ifra layanan jenis macam merek brand makeup kosmetik lokal indonesia
Booth Martha Tilaar Spa di pameran IFRA 2019 | Foto: Highlight.ID

Invetasi di Martha Tilaar Spa

Dea mengatakan bahwa kemitraan waralaba Martha Tilaar Salon & Day Spa berlangsung selama 6 tahun. “Memiliki treatment yang lengkap, mulai dari hair, body, facial, hand and foot treatment. Di Salon & Day Spa punya training centre sendiri. Terapis kita dijamin dan investor atau calon franchisee itu tidak perlu khawatir apabila kekurangan terapis ataupun kekurangan produk. Karena kita produksi produk sendiri, Martha Tilaar punya body care, kosmetik, dan skincare. Jadi, franchise Martha Tilaar sudah complete package lah ,” ujar dia.

Menurutnya, investor yang bekerja sama dengan Martha Tilaar harus memiliki passion di bidang kecantikan. Sedangkan lokasi yang diharapkan yakni berada di bangunan ruko seluas 250 meter persegi. “Investor yang punya passion di dunia kecantikan dan passion untuk berbisnis karena bisnis franchise ini tidak bisa autopilot. Owner harus turut andil me-manage bisnis tersebut,” imbuhnya.

Paket waralaba Martha Tilaar Spa ditawarkan dengan nilai investasi sebesar Rp210 juta selama 6 tahun dengan perkiraan BEP pada tahun ke-4. Dea mengatakan bahwa antara pihak Martha Tilaar dengan franchisee sama-sama bertanggung jawab mengelola bisnis. “Misalkan promosi, ada promo yang wajib franchisee ikut. Ada juga franchisee harus turut untuk kreatif bikin promo in-house sendiri, bikin promo-promo yang menarik,” paparnya.


Martha Tilaar memberikan bantuan atau dukungan kepada mitranya lewat serangkaian diskusi dan pelatihan. Menjelang pembukaan outlet, Martha Tilaar memberikan training kepada owner, supervisor, dan seluruh karyawan selama seminggu.

Dea memaparkan, “Di luar itu, ada konsultasi, misalkan ada kendala atau ada yang belum mengerti, kita pasti akan pantau. Selama 1 tahun pertama, pasti kita guide terus, apa yang kurang, apa yang mesti diperbaiki. Martha Tilaar itu selalu berdampingan dengan partner-nya.”

Di tengah berkembangnya teknologi internet, banyak pebisnis yang menawarkan jasa salon panggilan. Namun hingga saat ini, Martha Tilaar Salon & Day Spa belum menerapkan hal tersebut. Meski demikian, Martha Tilaar Salon & Day Spa telah bekerja sama dengan beberapa perusahaan e-commerce dan mengembangkan website untuk booking online. “Kita konsepnya beda, sih. Kita menawarkan experience dan privasi. Customer itu datang ke outlet untuk merasakan ambience-nya. Gimana sih, rasanya (treatment) di spa beneran,” tambahnya.

Suasana atau ambience di Martha Tilaar Salon & Day Spa merupakan perpaduan antara kultur Indonesia dengan sentuhan modern. “Indonesia sendiri kita ada seperti artwork dari Jawa, batik. Kalo dari sisi modern, desainnya lebih bright, yang clean, nggak terlalu banyak (unsur) kayu-kayu. Kita tidak meninggalkan unsur Indonesia-nya,” pungkas Dea.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here