Home Beauty Kursus Salon Kecantikan, Materi-materi Apa Saja yang Dipelajari?

Kursus Salon Kecantikan, Materi-materi Apa Saja yang Dipelajari?

Materi pelajaran kursus sekolah lembaga pendidikan salon kecantikan hairdresser hairstylist potong rambut keterampilan
Ilustrasi | Foto: morguefile.com

Highlight.ID – Salon kecantikan merupakan usaha yang selalu diminati karena dapat mengalirkan pundi-pundi uang. Ketertarikan wanita untuk ke salon tidak terlepas dari kebutuhan mereka untuk tampil cantik. Penampilan menjadi semakin penting ketika kaum perempuan harus mengikuti sebuah acara penting seperti pesta atau pertemuan misalnya.

Namun untuk membuka usaha salon kecantikan, seseorang harus mempunyai keterampilan tertentu. Menurut Wempy Kurniawan selaku Owner BelajarSalon atau Yayasan Salon Indonesia, keterampilan dalam menggunakan berbagai macam gunting rambut harus dipunyai sebelum menjalankan bisnis salon kecantikan.

“Yang paling penting, mereka harus bisa menguasai dulu [pemakaian] gunting rambut. Karena gunting rambut adalah basic semua ilmu salon. Dalam paket yang saya kemas selama 2 hari itu dengan biaya [Rp] 5 juta sembilan ratus [ribu], saya ajarin private untuk bisa buka salon,” kata Wempy kepada Highlight.ID.

Umumnya, orang yang belajar menggunting rambut di tempat kursus membutuhkan waktu berbulan-bulan. Berbeda halnya dengan Wempy yang mengatakan bahwa ia mampu mengajarkan orang untuk bisa memotong rambut dengan berbagai jenis gaya rambut hanya dalam waktu 2 hari saja.

Baca juga:

“Kita bikin kursus kecil-kecilan dengan metode yang sudah kami bikin. Metode ini akhirnya saya patenkan ke HaKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual), metode belajar [salon] 2 hari bisa ini. Dalam kurun waktu yang cukup lama, sampai saya mendapatkan sertifikat HaKI pengakuan bahwa memang metode ini milik kami saja. Metode BelajarSalon 2 hari pasti bisa, itu tagline kami yang sampai sekarang kami pakai,” sambung Wempy.

Agar orang yakin dengan metode yang diterapkannya, Wempy menawarkan praktik potong rambut selama 2 jam. “Belajar selama 2 jam untuk belajar gunting rambut. Saya ajarin model rambut shaggy, kalo tidak bisa silakan pulang dan tidak usah bayar sama sekali. Saya tantangin gitu. Dan ternyata benar, tantangan saya selalu disambut dengan baik dan mereka benar-benar datang. Mereka belajar selama 2 jam, akhirnya mereka nambah,” ujarnya.

Lewat tempat kursus yang dikelolanya, Wempy menawarkan paket buka usaha salon. “Di paket ini, saya mengajarkan mereka untuk bagaimana caranya menggunting rambut seperti kelas hairstylist. Kemudian ilmu-ilmu seperti facial, totok wajah, massage, creambath, hair mask, hair spa, pedi-mani, waxing, smoothing, coloring, bleaching, highlight, dan lain-lain.”

Materi pelajaran kursus sekolah lembaga pendidikan salon kecantikan hairdresser hairstylist potong rambut keterampilan
Ilustrasi | Foto: morguefile.com

Tak hanya itu, pria yang hobi menulis ini juga menawarkan paket kursus manajemen salon. “Kalo mereka mau lebih detail untuk mempelajari BelajarSalon silahkan nambah, kurang lebih 4 jam materinya. Itu materi khusus untuk saya jelaskan manajemen salon. Pastinya, mereka dapat materi juga karena saya sudah susun buku manajemen salon, itu lumayan tebal.”

“Metode pengajaran di sini [BelajarSalon] ada 2 macam. Yang pertama, di dalam kelas. Kelas itu saya tidak pernah bikin seminar tetapi kelas kursus. Istilahnya, saya akan touch satu-satu, saya dan trainer-trainer akan [membimbing] mereka satu-satu sampai bisa. Kebetulan saya membuka 2 kelas untuk gunting rambut dan makeup rias pengantin,” tambahnya.

“Yang kedua, [kelas] private. Mereka bikin jadwal sama saya, kapan maunya, mereka tinggal datang ke tempat saya di Bogor. Atau, kami yang datangin ke rumahnya dengan cara 1 guru, 1 murid. Jadi benar-benar fokus, saya akan menghabiskan waktu selama 2 hari itu,” jelas dia. Adapun biaya untuk belajar potong rambut di BelajarSalon selama 2 hari yakni sebesar Rp3,2 juta. Biaya tersebut sudah termasuk penggunaan peralatan untuk memotong rambut.

Bahkan, BelajarSalon siap memberikan tempat penginapan dan fasilitas pejemputan bagi murid-murid yang datang dari luar Bogor. “Prinsip kami adalah kekeluargaan sistemnya. Sampai saat ini, murid saya sudah ribuan semuanya akrab. Mereka ngobrol biasa aja, menganggap saya teman dan saya menganggap teman kepada mereka.”

Tak hanya dapat memperoleh ilmu selama menjalankan masa kursus, murid-murid BelajarSalon juga dapat berkonsultasi seterusnya bahkan setelah mereka lulus. Wempy menuturkan, “Konsultasi selamanya, dibimbing sampai mereka puas dan bosen tanya sama saya karena saya pasti jawab cepat jam berapapun.”

Selain salon dengan layanan pengguntingan rambut, ada pula salon yang menawarkan jasa makeup pengantin. Untuk bisa menjadi makeup artist profesional, maka siswa dikenalkan dengan berbagai macam produk kosmetik. Kemudian, mereka diajarkan untuk bisa mengombinasikan produk-produk tersebut agar bisa menghasilkan riasan yang menawan. “Karena saya tidak terikat pada suatu produk pilihan, sponsor apapun, jadi kami bebas menentukan produk-produk mana yang baik.”

“Kami menentukan, memilih produk-produk yang murah harganya di pasaran dan gampang dicari tapi dengan kombinasi yang kami pilihkan akan membuat makeup itu bagus, awet seharian, dan tahan lama, tidak pecah tentunya. Hari pertama, mereka diajarkan untuk makeup diri sendiri dulu. Seorang makeup artist itu harus cantik dulu sebelum mereka bisa mempercantik orang lain,” Wempy menerangkan.