Home Beauty Mengenal IPL, Treatment Kecantikan yang Bikin Kulitmu Jadi Mulus

Mengenal IPL, Treatment Kecantikan yang Bikin Kulitmu Jadi Mulus

apa itu pengertian manfaat definisi kelebihan kegunaan kekurangan ipl intense pulse light beauty treatment perawatan klinik dokter kecantikan layanan servis therapist hair removal kulit wajah mulus jerawat

Highlight.ID – Tren kecantikan semakin berkembang berkat dukungan teknologi canggih yang mampu memberikan hasil yang maksimal. Salah satu teknologi yang sering digunakan di klinik kecantikan yakni Intense Pulse Light (IPL). Metode perawatan dengan IPL memiliki kegunaan yang beragam mulai dari perawatan wajah seperti mencerahkan, mengatasi jerawat hingga menghilangkan bulu rambut.

Untuk mengetahui lebih dalam tentang IPL, Highlight.ID menemui dr. Belinda Alvionita PurwitasariDokter Kecantikan Beauty Lux Skin Care. Beauty Lux Skin Care itu sendiri merupakan klinik kecantikan yang buka pada tahun 2018 dan terletak di kawasan Babarsari, Sleman, Yogyakarta. Berikut ini paparan dr. Belinda mengenai IPL.




Apa itu Intense Pulse Light (IPL)?

dr. Belinda menjelaskan bahwa Intense Pulse Light atau sering disebut IPL merupakan suatu treatment kecantikan yang menggunakan teknologi laser. Berbeda dengan tenologi laser lain yang memakai satu gelombang cahaya, IPL menggunakan beberapa gelombang cahaya sekaligus sehingga jangkauan dan fungsinya lebih luas.

Salah satu kelebihannya,  IPL tidak melukai lapisan kulit bagian atas. Yang disasar IPL adalah lapisan kulit bagian bawah sementara lapisan kulit bagian atas tetap aman. IPL memiliki beberapa fungsi di antaranya untuk perawatan wajah dan menghilangkan bulu rambut.

Baca juga:

Lebih lanjut dr. Belinda menjelaskan perbedaan tahapan antara laser dengan IPL. Pada treatment dengan menggunakan laser, wajah pasien akan dianestesi terlebih dahulu dengan mengoleskan krim. Setelah menunggu sekitar 30 menit, baru lah bagian tubuh pasien ditembak dengan laser. Fungsi dari anestesi dengan krim tersebut untuk mengurangi rasa sakit saat laser ditembakkan.

Hal itu berbeda dengan IPL yang tidak terasa sakit namun terasa sedikit panas atau hangat saat digunakan pada bagian tubuh. Sebelum melakukan IPL, bagian tubuh pasien diolesi dengan gel ultrasol.

Fungsi-fungsi IPL

“IPL sendiri memiliki beberapa fungsi, bisa untuk wajah seperti mencerahkan, acne atau jerawat, rejuvenation atau merangsang sel-sel kulit baru, dan bisa juga untuk vaskular atau pembuluh darah,” jelas dr. Belinda.

apa itu pengertian manfaat definisi kelebihan kegunaan kekurangan ipl intense pulse light beauty treatment perawatan klinik dokter kecantikan layanan servis therapist hair removal kulit wajah mulus jerawat
dr. Belinda Alvionita Purwitasari, Dokter Kecantikan Beauty Lux Skin Care | Foto: Dok. Highlight.ID

Ia menambahkan, “Selain untuk wajah, dia (IPL) bisa juga berfungsi untuk hair removal atau menghilangkan bulu-bulu atau rambut-rambut halus di tubuh seperti di underarm, atau mungkin di tangan, kaki, kumis juga bisa.”

IPL untuk Kecantikan Wajah

Acne Therapy

Menurut penjelasan dr. Belinda, tahapan perawatan IPL untuk acne, bagian wajah harus di-cleansing lebih dahulu, lalu diolesi gel ultrasol, baru kemudian ditembak dengan IPL. Fungsi IPL pada jenis treatment ini yaitu untuk mengurangi peradangan pada jerawat. Jadi, jerawat-jerawat yang meradang, berukuran besar bisa cepat kempis dan mengecil.

dr. Belinda mengatakan, “Jerawatnya nanti jadi cepet kering, mengurangi bruntusan, terus membunuh bakteri-bakteri jerawat, mengurangi kadar minyak berlebih, seperti itu.”

Brightening


Fungsi IPL lainnya yaitu untuk mencerahkan (brightening) dan mampu meningkatkan skin tone sedikit. Misalnya untuk mengurangi freckles, bintik-bintik hitam, dan bekas jerawat di wajah.

Menurut dr. Belinda, berdasarkan pengalaman pasien, efek brightening ini dapat dirasakan setelah 1 kali treatment namun untuk hasil yang lebih maksimal bisa diulang antara 3 – 4 kali treatment. Hal ini juga berlaku untuk treatment-treatment lainnya.

Rejuvenation

Rejuvenation yaitu proses perawatan untuk merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru. Menurut dr. Belinda, proses rejuvenation tak hanya diperuntukkan bagi orang yang sudah tua. Sebaliknya, kulit perlu di-rejuve sejak usia masih muda yaitu sekitar umur 20-an. Semakin dini pertumbuhan dan rangsangan sel-sel kulit baru maka kulit akan menjadi lebih bercahaya, dewy, dan juga sehat.

Berdasarkan pengamatan dr. Belinda, banyak anak-anak remaja yang sudah menggunakan berbagai macam produk makeup yang dapat mengakibatkan terjadinya penumpukan-penumpukan di kulit. Selain itu, polusi udara, paparan sinar matahari merupakan faktor-faktor yang dapat mempercepat proses penuaan kulit. Oleh sebab itu, menurut dr. Belinda, perawatan rejuvenation ini perlu dilakukan agar kulit tetap terjaga kesehatannya.

Vaskular


Pembuluh darah (vaskular) yang kelihatan di bagian muka terutama di sekitar pipi bisa terjadi karena faktor keturunan dan akibat penggunaan produk-produk kosmetik. Apalagi produk kosmetik yang tidak diketahui kandungan bahan dan keamananannya. Bagi sebagian orang, pembuluh darah yang terlihat di wajah tersebut mungkin saja mengganggu. “Pembuluh darah yang kelihatan menunjukkan kalo kulitnya sudah tipis,” ujar dr. Belinda.

Akibatnya, kulit menjadi lebih sensitif, terasa perih, dan kemerahan jika terkena produk-produk kosmetik yang mengandung AHA atau BHA. Dengan IPL, pembuluh darah bisa disamarkan sehingga tidak begitu terlihat.

IPL Hair Removal

IPL Hair Removal berfungsi untuk menghilangkan bulu-bulu atau rambut-rambut halus di bagian tubuh yang tidak diinginkan. “Jadi nanti gelombang cahaya yang ditembakkan itu akan menyerang folicle (akar rambut) sehingga pertumbuhannya lambat nanti itu sampai bulunya tidak tumbuh sama sekali,” papar dr. Belinda.

Sebelum melakukan IPL Hair Removal, bulu rambut yang ingin dihilangkan harus dicukur di klinik. Saran dari dr. Belinda, jangan mencukur rambut atau waxing sendiri di rumah. Apabila melakukan pencukuran sendiri di rumah, hasil IPL Hair Removal menjadi kurang maksimal. Alasannya, akar rambut berpotensi tercabut.

Menurut dr. Belinda, setelah melakukan satu kali treatment IPL Hair Removal, akar rambut masih bisa tumbuh. Oleh karena itu, dr. Belinda menyarankan untuk melakukan treatment beberapa kali.

Lama efek yang dirasakan setelah melakukan beberapa treatment dengan IPL tergantung pada beberapa faktor seperti penggunaan skin care routine yang sering dilakukan di rumah atau jenis makanan yang dikonsumsi. dr Belinda mencontohkan pasien yang telah melakukan treament acne sebanyak 3 – 4 kali, namun masih sering mengonsumsi makanan yang dapat menyebabkan jerawat seperti kuning telur, kacang, dan coklat. Akibatnya, jerawat yang tadinya sudah berkurang setelah treatment akan dapat muncul lagi.

“IPL sendiri lebih cocok untuk orang Asia atau orang kulit putih. Sedangkan untuk orang kulit gelap itu, IPL kurang pas karena sinar IPL itu sensitif dengan warna kulit yang gelap,” terang dr. Belinda.

Setelah melakukan treatment, pasien dianjurkan untuk tidak mengaplikasikan krim malam dulu karena kulit sehabis perawatan masih sensitif dan fungsi exfoliate dari krim malam tersebut. Selain itu, menghindari paparan sinar matahari secara langsung, berjemur (tanning), dan berenang. Agar lebih aman, dr. Belinda menyarankan penggunaan sunblock jika sedang berada di luar ruang supaya kulit tidak menjadi kemerahan.

Untuk mengetahui secara pasti permasalahan, pasien harus menjalani tahapan konsultasi dengan dokter. Selain itu, pasien melewati tahapan dengan skin analyzer untuk mengetahui jenis kulitnya dan perawatan yang paling cocok. Apabila ada pasien mengalami beberapa permasalahan sekaligus, maka yang paling mengganggu lebih diprioritaskan terlebih dahulu.



Artikel Menarik:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here