
Highlight.ID – Sadar atau tidak, Anda akan melihat copywriting di mana-mana mulai dari postingan media sosial, televisi, billboard, koran hingga majalah. Copywriting bisa berupa headline iklan, informasi kemasan atau brosur, caption media sosial, dan lain-lain. Bukan sekedar tulisan, copywriting umumnya memiliki nilai persuasif yang memikat orang untuk melakukan sesuatu.
Namun, penyalinan tidak selalu merupakan ajakan bertindak (CTA). Bisa jadi, salinan tersebut adalah sebaris frasa atau kalimat yang menjelaskan manfaat produk dan cara penggunaan suatu produk. Nyatanya, copywriting yang baik seringkali tidak dianggap sebagai bahan promosi karena kemampuannya menyampaikan pesan brand secara halus.
Yang membedakan copywriting dengan tulisan biasa adalah tujuannya. Copywriting digunakan untuk tujuan pemasaran, penjualan, promosi, dan periklanan. Sasaran pemasaran dapat dicapai dengan berbagai pendekatan agar audiens lebih mudah menerimanya.
Apa itu Copywriting?
Bisnis perlu menyebarluaskan pesan produk dan layanan kepada khalayak luas melalui berbagai media promosi. Agar pesan dapat diterima dengan baik oleh audiens, Anda perlu menyusun kata atau kalimat persuasif yang dikenal dengan istilah copywriting. Menekankan persuasif, copywriting berguna untuk menyampaikan pesan secara efektif yang mengarah pada tindakan tertentu.
Tindakan yang diharapkan dapat berupa pembelian, pesanan, klik tautan, pendaftaran, atau entri informasi tertentu. Sebagai bagian integral dari elemen pemasaran, penjualan, dan periklanan, copywriting perlu dibuat dengan cermat dengan memperhatikan target audiens tertentu.
Setiap segmen pasar memerlukan pendekatan yang berbeda untuk menyampaikan pesan. Oleh karena itu, copywriting tidak hanya melibatkan keterampilan menulis tetapi juga pengetahuan khusus termasuk komunikasi, sosial, budaya, perilaku konsumen, dan psikologi. Perlu Anda pahami, menyusun kata, frasa, dan kalimat yang mudah dipahami dan diterima membutuhkan beberapa teknik penulisan dan kesenian.
Baca juga:
Pahami Jenis-jenis Iklan Menurut Isi Pesannya
Semua orang bisa menulis tetapi tidak semuanya bisa membuat salinan yang bagus. Untuk itu dibutuhkan copywriter yang handal dan profesional oleh sebuah perusahaan. Mereka memiliki keterampilan yang sangat baik dalam menyusun kalimat dengan pesan merek yang tersirat di dalamnya.
Jenis-jenis Copywriting
Ada beberapa copywriting yang bisa Anda gunakan untuk memaksimalkan strategi pemasaran Anda. Jenis copywiting yang Anda pilih sangat bergantung pada media promosi yang Anda gunakan. Pilihan copywriting untuk mendukung kegiatan pemasaran adalah sebagai berikut:
- Copywriting Iklan,
- Copywriting Humas,
- Copywriting Merek,
- Copywriting Media Sosial,
- Copywriting video,
- Sopywriting website,
- Copywriting SEO,
- Copywriting Tanggapan Langsung,
- Copywriting Email
Manfaat Copywriting
Copywriting adalah salah satu investasi paling berharga dalam semua jenis bisnis. Anda tentu tidak ingin citra merek Anda buruk hanya karena salinan yang buruk. Di sisi lain, copy yang baik akan memberikan berbagai keuntungan yang mempercepat pencapaian return on investment (ROI) pemasaran.
1. Mendorong tindakan
Pada dasarnya, setiap upaya pemasaran mengarah pada satu tujuan, pembelian konsumen. Tapi ini tidak bisa terjadi secara tiba-tiba. Konsumen melalui serangkaian proses sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli suatu produk.
Di sinilah copywriting memainkan peran penting dalam membujuk orang untuk mengambil tindakan, salah satunya adalah pembelian. Selain pembelian, Anda juga bisa mengarahkan konsumen untuk melakukan tindakan nyata lainnya.
2. Membangun citra merek
Kesan pertama yang baik sangat penting dalam menjaga perhatian audiens. Apa yang pertama kali dirasakan seseorang saat melihat salinan Anda akan menentukan apakah mereka akan terus membaca pesan Anda atau tidak.
Melalui salinan yang bagus, Anda dapat memengaruhi cara mereka berpikir tentang merek Anda. Yang terbaik dari semuanya, ini membantu merek mendapatkan kesan positif di benak audiens.
3. Membangun hubungan dengan khalayak
Secara konstan, konsumen mencari informasi apapun untuk memecahkan masalah mereka. Mereka mencari produk dan layanan yang dapat memberikan solusi yang efektif. Ketika konsumen menemukan Anda setelah membaca salinannya, mereka akan berpikir bahwa merek Anda paling cocok. Apalagi jika mereka merasakan manfaat brand Anda untuk diri mereka sendiri.
Ini akan memperkuat hubungan emosional antara merek Anda dan pelanggan yang akan mendorong pembelian berulang. Loyalitas pelanggan, oleh karena itu, dapat terus dipertahankan dengan manfaat ekstra yang Anda tawarkan.
Baca juga:
10 Cara Membuat Judul Iklan (Headline) yang Bagus & Menarik
4. Menonjolkan kepribadian merek
Dengan salinan yang bagus, Anda dapat menonjolkan kepribadian merek Anda. Hal ini akan menjadikan brand seperti ‘mitra’ yang siap memberikan produk dan layanan terbaik. Sertakan beberapa kata sifat positif dalam salinan Anda yang mewakili merek Anda dengan tepat.
5. Membedakan merek dari pesaing
Tidak semua merek unik, terutama merek generik. Ini adalah alasan bagus mengapa Anda membutuhkan copywriting di setiap saluran pemasaran Anda. Copywriting akan terus mengingatkan orang akan keunggulan merek yang mungkin tidak dimiliki pesaing.
6. Memberikan informasi yang persuasif
Konsumen membutuhkan informasi yang cukup dan akurat tentang suatu produk. Mereka bisa mendapatkannya melalui salinan yang dicetak pada kemasan, brosur, poster, posting media sosial, atau situs web. Pastikan Anda menulis salinan yang konsisten antara satu media dan lainnya.
7. Memaksimalkan tujuan pemasaran
Copywriting adalah bagian tak terpisahkan dari upaya pemasaran Anda yang membantu perusahaan mencapai hasil yang terukur. Ini merupakan elemen pemasaran penting yang harus selalu ada di berbagai media promosi pilihan.