Home Business Menjadi Perempuan Indonesia yang Mandiri Lewat Program Miss Cimory

Menjadi Perempuan Indonesia yang Mandiri Lewat Program Miss Cimory

liputan event press conference siaran media press release cimory pt cisarua mountain dairy miss award pemenang anggota bagaimana cara menjadi berapa penghasilan pengalaman sukses berhasil
5th Anniversary Miss Cimory Awards 2019 | Foto: Highlight.ID

Highlight.ID – Perusahaan tidak hanya berorientasi pada keuntungan semata namun juga harus memiliki tanggung jawab terhadap negara maupun masyarakat. Salah satu bentuk perwujudan tanggung jawab sosial tersebut, Cimory yang berada di bawah naungan PT Cisarua Mountain Dairy berupaya menyediakan lapangan pekerjaan.

“Karena dengan demikian, perusahaannya bisa sustainable atau berkelanjutan dan kita juga bisa memberikan kontribusi pendapatan di masyarakat,” ujar Farrel Sutantio, Presiden Direktur PT Cisarua Mountain Dairy pada acara Media Gathering Konvensi Miss Cimory Awards 2019 di Menara 165, Jakarta Selatan, Kamis (11/3).




Farrel menambahkan, “Miss Cimory Awards ini adalah sesuatu yang spesial yang diadakan setiap tahun (oleh) Cimory untuk merayakan banyaknya ibu-ibu, para Miss Cimory, yang telah berjuang untuk mengantarkan Cimory ke para pelanggan.”

Pendapatan yang diberikan Cimory kepada perempuan Indonesia yang bergabung di Miss Cimory lebih dari Rp. 30 miliar dalam satu tahun seperti yang dijelaskan oleh Farrel. Menurutnya, jumlah itu lebih besar dari program-program lainnya seperti corporate social responsibility (CSR) misalnya.

Baca juga:

Acara 5th Anniversary Miss Cimory Awards 2019 tersebut dihadiri oleh 400 Miss Cimory terpilih dan memiliki 100 penghargaan. Beberapa penghargaan untuk Miss Cimory terdiri dari: 11 penghargaan untuk Miss Cimory yang memiliki masa kerja 3 tahun, 1 penghargaan untuk Miss Cimory dengan masa kerja 5 tahun, 29 penghargaan untuk Miss Cimory dengan masa kerja 1 tahun, 52 penghargaan untuk Miss Cimory ideal, 1 penghargaan untuk Miss Cimory dengan masa kerja terlama, 1 penghargaan untuk Miss Cimory terbaik, dan penghargaan untuk 5 karyawan yang berjuang untuk membina Miss Cimory.

Misi Program Miss Cimory

Sementara itu, Hendri Viarta, National Direct Selling Manager Miss Cimory menjelaskan bahwa banyak ibu-ibu di Indonesia yang memilki banyak waktu luang. Menurut Hendri, waktu luang tersebut bisa diisi dan dimanfaatkan dengan kegiatan produktif yang dapat memberikan penghasilan bagi keluarga. Cimory melihat fenomena itu sebagai peluang sehingga lahir lah program Miss Cimory yang memiliki 3 misi besar.

Tiga misi besar program Miss Cimory yakni: pertama, memberikan nutrisi terbaik untuk masyarakat Indonesia melalui produk-produk berkualitas tinggi dari Cimory dan pengantaran langsung ke rumah konsumen. Kedua, membantu para wanita Indonesia untuk menjadi wanita yang mandiri, terutama bagi para ibu rumah tangga agar dapat meningkatkan perekonomian keluarga. Ketiga, mendukung program pemerintah untuk menciptakan masyarakat yang cerdas, mandiri, dan kuat.

Hendri memaparkan bahwa Miss Cimory pada awalnya membutuhkan banyak upaya hingga dapat diterima oleh masyarakat khususnya ibu-ibu. “Perjuangan 2 atau 3 tahun pertama memang sangat berat. (Karena) Kita harus buktikan dulu kepada ibu-ibu rumah tangga bahwa menjadi Miss Cimory itu adalah profesi yang menyenangkan, menjanjikan,” ujarnya.


Keuntungan lainnya, tak hanya mendapatkan penghasilan, anggota Miss Cimory juga bisa mendapatkan teman maupun keluarga. Setelah banyak kisah sukses Miss Cimory yang disebarluaskan, makin banyak ibu-ibu yang tertarik bergabung di Miss Cimory.

Modal, Pelatihan, dan Pendampingan

Miss Cimory yang telah dimulai sejak tahun 2013 merupakan program Cimory yang dibangun berdasarkan prinsip-prinsip dan nilai-nilai sosial. Kini, Miss Cimory memiliki 1200 anggota dan 68 Cimory Center yang tersebar di seluruh pulau Jawa, Bali, dan Lampung. Kehadiran Miss Cimory sangat lah penting dalam menunjang pembinaan para anggotanya. Di Cimory Center ini, Miss Cimory dapat saling bertemu dan bertukar pengalaman.

“Program (Miss Cimory) ini sebenarnya sangat unik. Karena kami merekrut ibu-ibu lalu kami berikan pendidikan, training bagaimana cara berjualan, cara berkomunikasi, cara merayu pelanggan. Lalu kita memberikan mereka pelatihan, (itu) yang pertama. Yang kedua, (Cimory) memberikan modal (kepada ibu-ibu) untuk memulai usaha sendiri, mengantar Cimory kepada pelanggan. Tidak hanya memberikan modal dan pelatihan, kita juga memberikan pendampingan,” ujar Farrel.

Pendampingan maupun pelatihan tersebut dilakukan oleh 200-an staff Cimory yang berasal dari perguruan tinggi ternama di Indonesia. Lewat pendampingan dan pelatihan, ibu-ibu anggota Miss Cimory dapat melatih kepercayaan dirinya, menambah pengetahuan serta keterampilan dalam penjualan. Farrel menambahkan, “Kita melakukan skill transfer secara intesif agar ibu-ibu tersebut bisa menjadi Miss Cimory independen, mandiri.”

liputan event press conference siaran media press release cimory pt cisarua mountain dairy miss award pemenang anggota bagaimana cara menjadi berapa penghasilan pengalaman sukses berhasil
(kiri-kanan): Hendri Viarta (National Direct Selling Manager Miss Cimory), Darini (Miss Cimory), dan Choiriyah (Miss Cimory) | Foto: Highlight.ID

Selain berhubungan dengan penjualan, Miss Cimory juga memperoleh pelatihan-pelatihan tentang rumah tangga seperti bagaimana cara mengelola keuangan yang baik. Mereka juga mendapatkan motivasi-motivasi agar terus bersemangat dan konsisten dalam bekerja.

Membantu Peternak Sapi

Kelahiran Cimory di Indonesia tak dapat dilepaskan dari misi sosial yang diembannya. “Cimory sendiri pada awalnya berdiri di tahun 2008 dengan tujuannya satu, untuk membantu para peternak (sapi) di seluruh Indonesia. Kita membantu mulai dari Cisarua (Bogor). Cara kami membantu adalah kami memberikan para peternak kami harga yang lebih tinggi daripada pasar,” kata Farrel.

Ia menjelaskan bahwa dengan memberikan harga 10% lebih dari tinggi daripada harga pasar, keuntungan para peternak sapi bisa lebih besar 2 kali lipat. “Kalau bisa lebih banyak lagi perusahaan Indonesia yang bisa melakukan social entrepreneurship seperti ini, tentunya negara kita bisa lebih maju,” imbuhnya.

Nilai-nilai sosial yang dipegang teguh oleh Cimory tersebut diteruskan dan diterapkan dalam program Miss Cimory. Lewat program Miss Cimory ini, diharapkan perempuan Indonesia dapat lebih produktif, mandiri, dan mampu berkontribusi dalam upaya meningkatkan kesejahteraan keluarganya.

Kisah Sukses Miss Cimory


Pada acara 5th Anniversary Miss Cimory Awards 2019, terpilih lah Choiriyah sebagai Miss Cimory Terbaik 2018. Choiriyah yang telah bergabung sebagai Miss Cimory sejak tahun 2017 mengaku sangat gembira dan tidak menyangka akan mendapatkan penghargaan tersebut. Selain Choiriyah, ada Miss Cimory lainnya yang juga memiliki kisah inspiratif, yakni Darini.

Choiriyah

Pernah berprofesi sebagai ojek online dan membuka usaha warung sembako kecil-kecilan, Choiriyah pada akhirnya tertarik untuk bergabung menjadi anggota Miss Cimory setelah ia mendapatkan informasi dari temannya. Setelah mencari informasi yang lebih lengkap tentang Miss Cimory, tanpa berpikir panjang, ia pun secara resmi bergabung di Miss Cimory sejak tahun 2017.

Kebetulan, Choiriyah memang sudah mengenal dan menyukai Cimory yang berupa produk olahan susu seperti yoghurt. “Sebelum saya gabung di Cimory, saya sudah tahu produk Cimory,” kata Choiriyah.

Pertimbangannya waktu itu, membuka warung sembako membutuhkan modal yang cukup besar. Sedangkan menjadi Miss Cimory tidak membutuhkan modal apapun karena produk beserta perlengkapan lainnya seperti seragam telah disediakan oleh Cimory. Yang dibutuhkan oleh Miss Cimory adalah kemauan yang tinggi untuk maju.

Lalu, setelah bergabung menjadi Miss Cimory, Choiriyah mendapatkan pelatihan selama 2 minggu. Dalam pelatihan itu, Choiriyah memperoleh pengetahuan lebih dalam tentang produk-produk Cimory beserta manfaat nutrisinya dan bagaimana cara berjualan.

Pada awal-awal Choiriyah bekerja, ia mendapatkan penghasilan per bulan sampai Rp. 2 juta. Seiring berjalannya waktu, Choiriyah mampu meningkatkan penghasilannya bahkan hingga Rp. 17 juta dalam satu bulan. Meski demikian, Choiriyah mengaku tidak hanya mengejar uang saja ketika bergabung di Miss Cimory. Menurut Choiriyah, bekerja sebagai Miss Cimory terbilang fleksibel dan tetap bisa mengurusi urusan rumah tangga maupun mengantar anak ke sekolah.

Darini

Sedangkan Darini yang bergabung di Miss Cimory sejak tahun 2015 telah mendapatkan banyak pencapaian. Sebelumnya, Darini pernah berjualan kue dan pakaian. Darini tertarik bergabung di Miss Cimory karena ajakan temannya ketika ia sedang mengantar anaknya ke sekolah.

Baca juga:

Ia pun mendatangi Cimory Center yang berada di wilayah Ciledug, dekat dengan tempat tinggalnya. “Apa aja yang bisa menghasilkan uang asalkan halal, ada yang nawarin (Miss Cimory), saya oke,” kata Darini yang sering disapa Rini.

“Di Cimory itu fleksibel, waktunya tergantung kita aja yang ngatur. Jadi kita mau berangkat jam berapa, yang penting kita udah punya pelanggan,” kata Darini. Menurutnya, ia bekerja selama kurang lebih 5 jam per hari, 3 jam di pagi hari dan 2 jam di sore hari. Darini menjelaskan bahwa semakin banyak penjualan yang didapatkan maka semakin tinggi pula bonus atau pendapatannya.

Awalnya, Darini mengaku hampir menyerah karena berjualan dari pagi hingga sore hari hanya mendapatkan 1 – 2 orang yang membeli produk Cimory. Namun berkat dukungan suami dan anaknya, Darini termotivasi dan terus melanjutkan profesinya sebagai Miss Cimory hingga sekarang.

“Alhamdulillah, gaji, semakin (bertambahnya) bulan dan tahun, ada peningkatan. Dari berjualan produk-produk Cimory, Darini mengaku bisa membeli sawah seluas 3.000 meter dan memiliki deposito senilai Rp. 100 juta di bank.

Selain hal-hal yang menyenangkan, Darini juga mengalami beberapa pengalaman yang tidak mengenakkan seperti misalnya mendapatkan penolakan dari calon konsumen. Selain itu, hujan juga menjadi penghambat bagi Darini untuk berjualan. Meski demikian, Darini menerima semua pengalaman tersebut dan terus menjalankan profesinya sebagai Miss Cimory.

Untuk bergabung sebagai Miss Cimory, caranya yakni dengan mendatangi langsung Cimory Center terdekat. Di sana, pendaftar dapat mengisi formulir yang telah disediakan. Selain itu, informasi tentang Miss Cimory lebih lengkap dapat diakses di situs www.cimory.com, akun Instagram @misscimory.id, akun Facebook Miss Cimory dan YouTube channel Miss Cimory TV. Selain itu, bisa menghubungi call centre Cimory di 0856 9710 4454.



Artikel Menarik:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here