Home Beauty Cathy Sharon Luncurkan SADA, Brand Makeup untuk Wanita Asia

Cathy Sharon Luncurkan SADA, Brand Makeup untuk Wanita Asia

SADA by Cathy Sharon
Peluncuran SADA by Cathy Sharon | Foto: Instagram/@cathysharon

Highlight.ID – Dua dekade yang lalu, Cathy Sharon yang masih menekuni profesi sebagai model mulai berkenalan dengan dunia kecantikan. Kala itu, ia diharuskan bisa merias wajahnya sendiri ketika hendak tampil. Ia pun belajar makeup dari nol dan mulai ‘tergila-gila’ dengan makeup dan semua hal yang berbau kecantikan.

Meski demikian, ia merasa ada yang kurang suka dengan produk-produk kosmetik yang dipakainya. “Saya suka dengan produk yang ada di pasaran, tetapi semakin ke sini, terkadang ada yang kurang. Misalnya saat mencoba lip matte, saya kurang suka tekstur dan warnanya,” kata Cathy yang juga merupakan seorang aktris dan presenter.

Cathy lantas mencoba peruntungan di bisnis kecantikan dengan meluncurkan produk kosmetik miliknya sendiri, SADA. Sebelum diluncurkan, SADA telah melewati serangkaian pengembangan untuk menciptakan formulasi yang tepat. Prosesnya memakan waktu sekitar 1,5 tahun. “Dalam 1,5 tahun itu banyak sekali trial and error-nya, mungkin ada lebih dari 10 kali. Saya coba ke diri saya dan teman-teman saya, ternyata antusiasmenya oke dan banyak yang suka,” jelasnya.

SADA itu sendiri memiliki makna khusus yang diambil dari berbagai bahasa di dunia. SADA, dalam bahasa Arab berarti ‘beruntung’, dan bahasa Sansekerta artinya ‘sadar’, dan dalam bahasa Jepang bermakna ‘murni’. Bagi Cathy, nama tersebut mempunyai filosofi bahwa perempuan Indonesia sadar dengan kecantikan dan kehebatan yang dimilikinya.

Baca juga:

SADA diharapkan dapat memperlihatkan kecantikan dan keanggunan perempuan Asia. “Aku dan tim ingin menciptakan warna yang cocok bagi kulit wanita Asia, kita mencoba semua produk di kulit kita masing-masing dari Melayu sampai Tionghoa,” papar dia.

Baginya, kecantikan wanita Indonesia tak hanya yang berkulit cerah saja, tapi semua wanita terlihat cantik dengan kulit yang dimilikinya. “Untuk Sada, aku menyediakan pilihan bagi wanita dari lipstick, highlighter, shimmer, blush, eyeliner, browcara atau pun foundation,” imbuhnya.

SADA by Cathy Sharon
Peluncuran SADA by Cathy Sharon | Foto: Instagram/@cathysharon

Setelah merasa mantab, Cathy pun akhirnya mengeluarkan produk pertamanya, lipstik matte bernama Matte Lipcolour. Lipstik seharga Rp180 ribu ini diklaim memiliki tekstur yang ringan dan mampu bertahan sampai 12 jam serta bebas paraben. Terdapat lima varian warna Matte Lipcolour dengan nuansa nude dan pink, yakni Sogan (warm peach), Toba (soft nude pink), Wates (nude pink), Gili (pink), dan Ende (mauve pink). Nama-nama itu diambil dari daera-daerah eksotis di Indonesia.

Selain itu, ada pula Skinny Liquid Penliner, eyeliner dengan warna hitam pekat dengan fomulasi smudge-waterproof dan waterproof. Eyeliner dengan harga Rp195 ribu ini memiliki ujung meruncing dan tipis untuk memberikan goresan presisi.

Lebih dari berjualan produk-produk kosmetik, Cathy juga ingin mempromosilan kebudayaan Asia secara keseluruhan, termasuk Indonesia. Kemasan Matte Lipcolour dengan desain batik Kawung adalah salah satu contohnya.

Cathy berujar, “Saya harap, SADA bisa menjadi dedikasi saya untuk semua perempuan Indonesia dan Asia. Ke depannya, setiap produk yang dirilis pasti memiliki kemasan yang berbeda-beda dengan inspirasi dari budaya Asia yang berbeda.”

Dengan harga mulai dari Rp125 ribu sampai Rp250 ribu, SADA dapat dibeli di Watson Senayan City, Watson Kota Kasablanka, Glow Living Beauty Plaza Indonesia, The Goods Dept Pondok Indah Mall. Selain itu, SADA juga tersedia di official store-nya di situs-situs e-commerce terkemuka.