Home Arts 11 Fashion Brand Mewah Asal Prancis yang Diidolakan Pencinta Mode

11 Fashion Brand Mewah Asal Prancis yang Diidolakan Pencinta Mode

Daftar merek fashion terkenal dunia asal Prancis yang koleksinya selalu update
Fashion brand asal Prancis | Foto: Instagram/@dior

Highlight.ID – Sebagai pusat mode dunia, Prancis memiliki deretan desainer papan atas yang mampu melambungkan namanya. Sebut saja Christian Dior hingga Louis Vuitton yang kini menjadi fashion brand ikonik yang koleksinya dinanti-nanti para penggemar fashion.

Setiap merek maupun desainer asal Prancis tak sekejap mata muncul ke permukaan. Bahkan, banyak di antaranya yang telah berusia puluhan hingga ratusan tahun. Eksistensi fashion brand Prancis yang mampu melewati masa tentu bukan lah prestasi yang mudah digapai. Untuk mengetahui lebih jauh tentang merek-merek fashion Prancis, mari kita simak artikel ini sampai tuntas.

Fashion Brand Paling Populer Asal Prancis




1. Louis Vuitton

Daftar merek fashion terkenal dunia asal Prancis yang koleksinya selalu update
Fashion brand asal Prancis | Foto: Instagram/@louisvuitton

Ketika melihat logo monogram LV tentu pemerhati mode akan mengerti sebuah merek fashion populer asal Prancis, Louis Vuitton. Lahir dari keluarga petani, Louis Vuitton terbiasa bekerja keras demi memenuhi kebutuhan hidupnya. Bahkan, pada usia 16 tahun, ia harus berjalan sejauh hampir 300 km dari kampung halamannya ke Paris.

Di sebuah perusahaan penghasil kotak bernama Monsieur Marechal, Louis Vuitton belajar bagaimana membuat kontainer yang tahan lama. Selanjutnya, pada tahun 1854, Louis Vuitton membuka toko pertamanya di Rue Neuve des Capucines. Ia berinovasi dan bereksperimen dengan membuat koper berukuran besar dengan berbagai macam model. Louis Vuitton juga memproduksi banyak tas yang terkenal dari masa ke masa di antaranya yakni Keepall, Speedy, dan Noe.

Baca Juga:
9 Fashion Brand Asal Jerman, Produknya dari Pakaian Hingga Sepatu

2. Maison Margiela

Daftar merek fashion terkenal dunia asal Prancis yang koleksinya selalu update
Fashion brand asal Prancis | Foto: Instagram/@maisonmargiela





Awal karier Martin Margiela bermula pada tahun 1984 di mana ia bekerja di Jean Paul Gaultier sebagai asisten desain. Empat tahun berikutnya, desainer asal Belgia yang belajar fashion di Royal Academy of Antwerp ini mendirikan brand Maison Margiela yang memproduksi koleksi haute couture dan ready-to-wear. Maison Margiela yang dikenal dengan desain dekonstuktif dan avant-garde kerap menggelar live shows di tempat yang tidak biasa seperti di stasiun metro misalnya.

Martin Margiela memang telah pensiun dari jabatannya sebagai Creative Director, namun brand-nya masih tetap eksis. Soal siapa yang menggantikan posisinya adalah hal yang sulit ditebak. Pasalnya, Maison Margiela kini lebih cenderung bekerja dengan tim yang cenderung anonim tanpa ada satu creative director yang menonjol.

Baca Juga:
Hermès, Brand Mendunia yang Berawal dari Industri Perlengkapan Berkuda

3. Saint Laurent

Daftar merek fashion terkenal dunia asal Prancis yang koleksinya selalu update
Fashion brand asal Prancis | Foto: Instagram/@ysl

Yves Saint Laurent dikenal sebagai fashion designer Eropa ternama yang mempunyai banyak pengaruh di dunia mode internasional. Lahir di Aljazair, dia pergi ke Paris untuk bekerja untuk Christian Dior. Lalu pada tahun 1961, Yves Saint Laurent bersama rekannya mendirikan fashion house pertamanya. Pendekatan yang dilakukan oleh Yves Saint Laurent yakni dengan menggabungkan antara fashion pria dan wanita.

Di era 1980-an, Yves Saint Laurent menjadi ikon fashion di mana mereka mulai melakukan ekspansi bisnisnya dengan memproduksi parfum pria dan wanita. Pada tahun 1978, Yves Saint Laurent mulai menjual produk-produk kosmetik. Yves Saint Laurent melakukan rebranding pada koleksi ready-to-wear dengan nama Saint Laurent. Meski demikian, beberapa produk seperti aksesoris fesyen dan produk kecantikan tetap menggunakan nama Yves Saint Laurent dan logo YSL.