Home Arts 11 Fashion Brand Mewah Asal Prancis yang Diidolakan Pencinta Mode

11 Fashion Brand Mewah Asal Prancis yang Diidolakan Pencinta Mode

4. Givenchy

Daftar merek fashion terkenal dunia asal Prancis yang koleksinya selalu update
Fashion brand asal Prancis | Foto: Instagram/@givenchyofficial

Menjual beragam produk fashion mulai dari pakaian hingga parfum, Givenchy berdiri pada tahun 1952. Sang pendiri, Hubert James Taffin de Givenchy telah memulai kariernya sejak umur 17 tahun di mana ia bekerja di sebuah fashion house di kota Paris. Setelah mengenyam pengalaman yang cukup, Givenchy mendirikan toko pertamanya di Rue Afred de Vigny di distrik Paris.

Pada koleksi pertama, Givenchy menerapkan konsep ‘pemisahan’, memadukan kemeja elegan dan celana yang keren, garis yang terstruktur dan kain yang simple. Style-nya yang original tersebut dapat diterima sejak debut pertamanya. Artis Hollywood Audrey Hepburn adalah salah satu orang yang memakai koleksi Givenchy untuk film “Dragon and Phoenix Match”. Sejak itu, Givenchy mulai dikenal di kalangan bintang film. Givenchy pernah bertemu idolanya Critobal Balenciaga yang kemudian berteman dengannya.

5. Céline



Daftar merek fashion terkenal dunia asal Prancis yang koleksinya selalu update
Fashion brand asal Prancis | Foto: Instagram/@celine

Pada tahun 1945, Céline Vipiana dan suaminya membuka butik sepatu anak yang berlokasi di 52 Rue Malte. Dalam perkembangannya, butik tersebut mampu menarik pembeli dan berkembang menjadi beberapa cabang. Kesuksesan bisnis tersebut menjadi landasan bagi Vipiana untuk mengembangkan bisnisnya dengan menjual aneka macam pakaian wanita yang siap pakai (ready-to-wear).

Baca Juga:
7 Fashion Brand Asal Italia yang Paling Berpengaruh di Dunia

Selanjutnya sejak tahun 1960, Céline yang dimiliki oleh LMVH fokus pada produk-produk fashion wanita mulai dari tas, pakaian hingga sepatu. Salah satu desainer ternama yang pernah menjadi Creative Director untuk Céline yakni Phoebe Philio. Kariernya dimulai pada tahun 2008 dan mempersembahkan koleksi pertamanya di Paris Fashion Week 2020. Lalu, posisi Phoebe Philio digantikan oleh Hedi Slimane sebagai Artistic, Creative, dan Image Director.

6. Dior

Daftar merek fashion terkenal dunia asal Prancis yang koleksinya selalu update
Fashion brand asal Prancis | Foto: Instagram/@dior

Ketika Christian Dior memulai bisnisnya pada tahun 1947, ia mempunyai satu fokus, yakni mendefinisikan cara perempuan berpakaian. Pada tanggal 12 Februari 1947, Christian Dior menampilkan koleksi pertamanya sebanyak 90 look di Avenue Montaigne. Di kemudian hari, koleksi Dior tersebut dikenal sebagai “New Look” yang menggambarkan era revolusi pada tahun 40-an. Koleksi Dior lalu disebut-sebut sebagai pembangkit industri fashion di Prancis.

Nama Dior pun mulai dikenal di kalangan aristrokrat di Eropa dan artis-artis Hollywood di Amerika Serikat. Dior lalu melakukan ekspansi ke berbagai negara yang dimulai dari kota New York pada akhir tahun 1949. Koleksi Dior paling ikonik di antaranya yakni tas yang diperuntukkan bagi Puteri Diana dari Inggris. Saking terkenalnya, tas itu dinamai “Lady Dior” yang menjadi koleksi Dior paling dicari oleh fashionista.