Home Arts 11 Fashion Brand Mewah Asal Prancis yang Diidolakan Pencinta Mode

11 Fashion Brand Mewah Asal Prancis yang Diidolakan Pencinta Mode

7. Kenzo

Daftar merek fashion terkenal dunia asal Prancis yang koleksinya selalu update
Fashion brand asal Prancis | Foto: Instagram/@kenzo

Kenzo Takada yang lahir di Jepang pindah ke Paris pada tahun 1964 untuk memulai kariernya di industri fesyen. Pada tahun 1970, Kenzo membuat label fesyen dengan namanya sendiri dan membuka butik pertamanya di Galerie Vivienne. Ketika itu, butiknya yang disebut dengan “Jungle Jap” menjual beragam pakaian dengan ukuran lebar.

Kenzo yang kini berada di bawah naungan perusahaan multinasional LVMH dikenal dengan koleksinya yang memadukan gaya Eropa dan Jepang. Salah satu ciri yang dapat dikenali dari koleksi Kenzo yakni penggunaan warna-warna yang cenderung terang. Selain itu, ada pula koleksi yang lainnya yang menggunakan warna lebih kalem dan netral.

Baca Juga:
Menelusuri Jejak Bisnis Louis Vuitton (LV), Mulai dari Awal Kelahirannya

8. Longchamp

Daftar merek fashion terkenal dunia asal Prancis yang koleksinya selalu update
Fashion brand asal Prancis | Foto: Instagram/@longchamp

Fashion brand mewah asal Prancis, Longchamp didirikan oleh Jean Cassegrain pada tahun 1948. Awalnya, Jean Cassegrain membuat pipa yang dibalut dengan kulit dan selanjutnya memproduksi produk-produk berbahan kulit mulai dari dompet hingga tas. Salah satu inovasi Longchamp pada tahun 1970-an yakni penggunaan kulit dan kain nylon untuk koleksi koper (luggage).

Sejak saat itu, Longchamp yang dikenal dengan logo berbentuk kuda balap mulai fokus pada produksi tas tangan (handbag) dan koper wanita. Koleksi Longchamp yang paling sukses dan populer yakni Le Pliage, tas wanita yang bisa dilipat. Tas yang diproduksi pada tahun 1993 tersebut menampilkan bentuk yang sederhana dan terdiri dari dari beberapa pilihan warna. Selain tas, Longchamp juga menjual berbagai macam produk fashion pria dan wanita mulai dari pakaian hingga sepatu.

9. Balenciaga

Daftar merek fashion terkenal dunia asal Prancis yang koleksinya selalu update
Fashion brand asal Prancis | Foto: Instagram/@balenciaga

Perkenalan Cristóbal Balenciaga pada dunia fashion tak dapat dilepaskan dari ibunya. Di usia yang masih sangat muda, 12 tahun, Balenciaga yang lahir tahun 1895 bekerja di sebuah penjahit. Pada tahun 1917, Balenciaga mendirikan rumah mode pertamanya di San Sebastian, Spanyol, bernama Eisa, diambil dari nama ibunya. Lalu, ia membuka rumah mode di Barcelona dan Madrid sebelum pindah ke Paris.

Bagi Balenciaga, proses desain dimulai dari kain daripada sebuah sketsa. Pengalaman Balenciaga yang dimulai di usia muda membuatnya sangat lihai dari aspek kerajinan mulai dari pattern drafting hingga finishing. Balenciaga dikenal dengan desainnya yang cenderung radikal. Salah satunya adalah ‘sack dress’ yang sangat populer di tahun 1960-an.