Home Beauty 7 Merek Pakaian Muslimah Indonesia yang Menjadi Favorit Hijabers

7 Merek Pakaian Muslimah Indonesia yang Menjadi Favorit Hijabers

daftar merek pakaian busana muslimah modest weat koleksi model lokal branded indonesia bagus keren cantik keren desainer pashmina jilbab syar'i
Koleksi Shafira pada Muslim Fashion Festival (Muffest) 2017 | Foto: Dok. Highlight.ID

Highlight.ID – Fashion muslim saat ini semakin menggeliat dan memiliki potensi yang sangat besar. Banyaknya fashion brand lokal yang menawarkan beragam koleksi busana muslim adalah salah satu contoh nyata. Apalagi, Indonesia memiliki penduduk yang sebagian besar merupakan muslim. Dengan demikian, fashion brand muslim yang bermunculan mempunyai pasar yang terbuka lebar.

Ditambah lagi, fashion designer yang mampu menunjukkan kebolehannya dalam merancang busana muslim. Kehadiran fashion brand maupun fashion designer perlu disambut dengan baik karena akan menggairahkan perekonomian nasional. Bagi pelaku bisnis fesyen, merancang pakaian muslim memang memiliki tantangan tersendiri. Di satu sisi, pakaian muslim perlu mengikuti perkembangan zaman. Di sisi lain, pakaian muslim yang modern tidak boleh melampaui koridor syar’i.




Mau cari pakaian muslimah yang membuatmu tampil modis dan fashionable? Berikut ini, merek-merek fashion muslim terkenal yang koleksinya bagus-bagus dan sesuai trend masa kini.

Brand Hijab Lokal yang Tawarkan Koleksi Busana Muslimah Terbaru

1. Dian Pelangi

daftar merek pakaian busana muslimah modest weat koleksi model lokal branded indonesia bagus keren cantik keren desainer pashmina jilbab syar'i
IG/@shopdianpelangi

Nama lengkap sesungguhnya ialah Dian Wahyu Utami. Namun fashion designer muslimah Indonesia yang lahir pada tahun 1991 ini lebih dikenal dengan Dian Pelangi. Tak banyak yang tahu, bahwa bisnis Dian Pelangi saat ini sesungguhnya telah dirintis oleh kedua orang tuanya. Nama tersebut dipakai karena pada waktu bisnis mereka sedang berkembang, Dian baru saja lahir. Lalu, kata ‘Pelangi’ dipilih karena di Palembang dikenal dengan kain tie dye yang berwarna warn.i Dari situlah, Dian Pelangi dipakai sebagai nama brand yang masih terus eksis hingga sekrang.

Bakat Dian Pelangi dalam merancang busana telah diakui tak hanya di dalam negeri tapi juga dunia internasional. Dian Pelangi pernah membawakan koleksi-koleksi terbaiknya di ajang mode paling prestisius di kota Paris, London, Praha hingga New York. Selain itu, Dian Pelangi juga sudah melanglang buana hingga di negara-negara Timur Tengah. Selain keterampilannya dalam merancang busana, Dian Pelangi juga melihat berbagai peluang pasar.

Baca juga:

Dalam perkembangannya, Dian Pelangi berupaya memenuhi permintaan pasar dari berbagai kalangan. Dian Pelangi memiliki 4 lini yang terdiri dari Dian Pelangi Nom, Dian Pelangi Nom Prive, Dian Pelangi Krama, dan Dian Pelangi Men. Dian Pelangi Nom dengan pemilihan warna-warna yang cerah diperuntukkan bagi kaum muda muslimah kekinian. Sedangakan Dian Pelangi Prive yang mengedepankan couture fashion dengan warna-warna seperti putih dan gold lebih berkesan eksklusif. Sementara Dian Pelangi Krama memadukan kain-kain tradisional untuk wanita yang lebih dewasa. Terakhir, Dian Pelangi Men untuk pria dengan koleksi yang mengedepankan aspek tekstil dan tekstur.

2. Tuneeca

daftar merek pakaian busana muslimah modest weat koleksi model lokal branded indonesia bagus keren cantik keren desainer pashmina jilbab syar'i
IG/@tuneeca

Mengusung tagline “The First Contemporary Moslem Wear in Indonesia”, Tuneeca merupakan fashion brand muslim yang telah berdiri sejak tahun 2008. Berada di bawah naungan PT Bina Fajar Estetika, Tuneeca menawarkan produk-produk fashion muslim dengan gaya kontemporer. Samira Muhammad Bapagih yang merupakan seorang perancang busana adalah sosok yang berada di balik munculnya Tuneeca.

Awalnya, Tuneeca mengincar ibu-ibu rumah tangga yang direkrut sebagai agen untuk memasarkan produk-produknya. Ternyata, strategi pemasaran yang diikuti pula dengan word of mouth ternyata membuahkan hasil. Kehadiran Tuneeca di ranah industri mode Tanah Air akhirnya bisa diterima dengan baik oleh khalayak. Hal itu terlihat dengan eksisnya Tuneeca Lovers Community yang telah memiliki 15 ribu anggota.

Tuneeca yang berasal dari Bandung ini konsisten dengan desain-desain pakaian yang original dan inovatif. Koleksi Tuneeca meliputi gamis (long dress), blazer, baju koko (menswear), blouse, short dress, rok, dan kemeja. Ciri khas yang terlihat dari koleksi-koleksi Tuneeca yakni adanya permainan warna yang kontras atau disebut dengan ‘tabrak warna’.

3. Vanilla Hijab

daftar merek pakaian busana muslimah modest weat koleksi model lokal branded indonesia bagus keren cantik keren desainer pashmina jilbab syar'i
IG/@vanillahijab

Siapa sangka, Intan Kusuma Fauzia dan Atina Maulina memulai bisnis hijab tanpa modal. Mereka berdua mengawali bisnisnya dengan pergi ke pusat perbelanjaan kain di Mayestik, Kebayoran Baru, Jakarta. Beragam jenis kain yang menarik dan kiranya bakalan laku difoto lalu diunggah ke Instagram. Jika ada yang tertarik untuk membeli, mereka baru berbelanja kain di Mayestik. Setelahnya, kain yang dibeli tersebut dijahit untuk dibentuk menjadi hijab.

Kini, rintisan usahanya tersebut dikenal dengan nama Vanilla Hijab. Tak hanya menjual hijab semata dan produk fashion muslimah semata, Vanilla Hijab juga mengusung nilai-nilai yang membedakannya dengan yang lain. Nilai-nilai tersebut yakni menyediakan produk yang sesuai dengan trend dan perkembangan zaman. Selain itu, Vanilla Hijab menyediakan produk yang telah melewati proses kontrol dan pemilihan bahan terbaik. Vanilla Hijab juga mengutamakan kenyamanan dan memberikan pelayanan yang ramah untuk memberikan pengalaman berbelanja yang mengesankan.

Produk Vanilla Hijab di antaranya yakni hijab segi 4 dengan bahan voal dan rok dengan bahan Ceruti Premium yang dilapisi furing silk velvet premium. Selain itu, ada pula blouse yang terbuat dari bahan Tory Burch dan tersedia dalam berbagai model dan pilihan warna. Untuk bisa membeli koleksi Vanilla Hijab, pembeli harus terdaftar sebagai member dan membeli pada waktu yang ditentukan. Distribusi penjualannya telah tersebar di hampir seluruh penjuru Indonesia.

4. Elzatta

daftar merek pakaian busana muslimah modest weat koleksi model lokal branded indonesia bagus keren cantik keren desainer pashmina jilbab syar'i
IG/@elzattahijab

Mulanya, Elidawati Alioemar membantu rekannya, Fenny Mustafa membangun brand pakaian muslimah dengan koleksinya yang fashionable. Setelah bekerja sekian lama di PT Shafira Laras Persada, Elidawati yang awalnya tidak mengerti dunia fashion akhirnya memutuskan mendirikan fashion brand miliknya sendiri pada tahun 2012. Dengan nama Elzatta Hijab yang berada di bawah naungan PT Bersama Zatta Mulya, Elidawati melakukan berbagai terobosan untuk memasarkan brand-nya.

Salah satu strategi pemasaran yang dilakukannya yakni mensponsori acara sinetron “Tukang Bubur Naik Haji” yang tayang di televisi swasta. Ternyata, langkah itu terbukti jitu dalam mendongkrak popularitas Elzatta. Dari situlah, mulai banyak mitra yang berdatangan dan tertarik untuk membuka toko. Sekarang, tak kurang dari 250 toko Elzatta yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.


Sekitar 70 persen koleksi Elzatta berupa hijab dengan bahan dari Turki. Selebihnya, koleksi Elzatta berupa busana muslim. Elzatta menawarkan beragam hijab berbahan tipis dengan model yang bervariasi seperti kerudung segi empat, kerudung siap pakai atau bergo, dan selendang panjang. Dengan permainan corak dan motif yang cerah, koleksi Elzatta banyak disukai perempuan berusia 23 – 35 tahun.

5. Shafira

daftar merek pakaian busana muslimah modest weat koleksi model lokal branded indonesia bagus keren cantik keren desainer pashmina jilbab syar'i
IG/@shafiramuslimfashion

Ketika busana muslim masih dianggap ‘kuno’, Feny Mustafa berani meluncurkan Shafira pada pertengahan tahun 1988. Setahun kemudian, Shafira terdaftar secara resmi sebagai perusahaan busana muslim pertama di Indonesia. Hal itu menegaskan pula bahwa Shafira merupakan brand modest fashion terdepan yang koleksi terbarunya selalu dinanti-nanti. Membuka toko pertamanya di Jakarta, Shafira mampu merambah ke kota-kota lainnya di Indonesia.

Inovasi menjadi kata kunci bagi Leny Mustafa dalam mengembangkan bisnisnya. Tak heran, Shafira lantas memiliki lini bisnis lainnya yakni rumah kerudung bernama Lamara yang kemudian bertransformasi menjadi Zoya. Selain itu, PT Shafira Corporation juga mengembangkan Zoya Cosmetics, Zoya Jeas, Zoya Home, dan Zoya Music. Dengan inovasi pula, Shafira menghadirkan beragam koleksi yang bisa memenuhi selera pasar.

Adapun koleksi hijab terbaru Shafira meliputi scarf, pashmina, dan khimar dengan berbagai macam motif dan warna. Tak hanya itu, ada pula koleksi pakaian wanita seperti dress, blouse hingga outerwear seperti jaket. Shafira juga menyediakan aneka ragam pakaian pria yang bernuansa casual, semi formal, dan ibadah.

6. Meccanism

daftar merek pakaian busana muslimah modest weat koleksi model lokal branded indonesia bagus keren cantik keren desainer pashmina jilbab syar'i
IG/@meccanism.officialshop

Meski sudah terkenal sebagai artis, namun Zaskia Adya Mecca tetap bersemangat dalam memulai bisnis fashion-nya dari awal. Zaskia berdua bersama kakaknya, Tasya Nur Medina, mengembangkan fashion brand muslim yang dinamai Meccanism. Brand yang berdiri sejak awal tahun 2012 ini merupakan bisnis keluarga yang berawal dari online shop. Meccanism diambil dari nama belakang Zaskia dan ditambahi dengan kata ‘nism’ yang berarti ‘komunitas’.

Baca juga:

Selain itu, “Mecca” juga bisa berarti ‘Mekah’ yang memiliki nuansa Islami, selaras dengan produk-produk yang ditawarkan. Keduanya pun masing-masing berbagi peran dan dibantu pula dengan anggota keluarga lainnya. Prinsip yang dipegang Meccanism yakni mengutamakan kualitas dengan harga yang ekonomis.

Target konsumen yang disasar yakni kalangan anak muda sehingga harganya berada di bawah koleksi desainer lainnya. Saat ini, Meccanism telah memiliki lebih dari 10 butik yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

7. SUQMA

daftar merek pakaian busana muslimah modest weat koleksi model lokal branded indonesia bagus keren cantik keren desainer pashmina jilbab syar'i
IG/@suqmaid

SUQMA tergolong brand baru yang diluncurkan oleh Muslimarket , situs e-commerce muslim pada tahun 2017. Peluncuran SUQMA tidak bisa dilepaskan dari kondisi masyarakat Indonesia yang sebagian besar beragama Islam. Hal itu tentu membuka peluang bisnis yang lebar untuk pemasaran produk-produk modest fashion. Berbeda dengan fashion brand muslim yang banyak dijual secara eksklusif di butik-butik, SUQMA memproduksi koleksinya secara masif.

Dengan demikian, konsumen dapat membeli beragam koleksi SUQMA dengan harga yang lebih terjangkau. Untuk memastikan kualitas desain dan produk-produk yang dihasilkan, SUQMA menggandeng fashion designer ternama, Jenahara Nasution sebagai Creative Director. Bagi Jehan, panggilan akrab Jenahara, bergabung di SUQMA memberikannya tantangan tersendiri.

Adapun koleksi pertama SUQMA terinspirasi dari pakaian tradisional masyarakat Maroko. Pakaian yang berupa pakaian yang berlengan panjang dan longgar dapat digunakan untuk sehari-hari. Hadirnya SUQMA semakin menguatkan eksistensi fashion muslim di Indonesia sehingga diharapkan dapat bersaing di kancan internasional.

Koleksi SUQMA terdiri dari pakaian atasan seperti blouse, shirt, dan tshirt. Selain itu, ada juga maxi dress dan midi dress, outerwear seperti cardigan, vest, dan blazer. Tak ketinggalan, ada hijab segi empat dan pashmina dengan ragam motif menarik.

Dengan penduduk mayoritas muslim, tak heran jika Indonesia bercita-cita menjadi kiblat fashion muslim dunia. Satu cita-cita yang dapat tercapai jika ada kerja sama antar berbagai pihak. Tak hanya sinergi dari pelaku industri mode tapi juga dukungan masyarakat. Caranya, yakni dengan membeli dan memakai brand-brand fashion muslim lokal.