Home Arts Pertama di Asia, MODO (Mode Doraemon) Fashion Show 2019

Pertama di Asia, MODO (Mode Doraemon) Fashion Show 2019

event acara kegiatan modo mode doraemon fashion show 2019 grand indonesia koleksi rancangan pakaian baju busana designer terbaru runway
Koleksi Monday to Sunday pada MODO Fashion Week 2019 | Foto: IG/@mondaytosundaylabel

Highlight.ID – Doraemon, tokoh kartun berbentuk kucing menggemaskan yang memiliki kantong ajaib ini disukai oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Kepopuleran tokoh kartun ciptaan Fujiko F. Fujio sudah tak diragukan lagi. Dikenal di seluruh dunia, Doraemon menghiasi layar kaca setiap Minggu pagi di salah satu stasiun televisi swasta Indonesia.




PT Berkat Animasi Internasional Indonesia atau AI, selaku Perwakilan Lisensi Tunggal Doraemon di Indonesia melihat penggemar Doraemon yang sangat banyak sebagai peluang bisnis. Lewat event MODO (Mode Doraemon) 2019 yang digelar di Grand Indonesia, Jakarta penggemar Doraemon bisa melihat lebih dekat pernak pernik yang berhubungan dengan tokoh kartun kesayangannya itu.

Baca juga:

Berlangsung dari tanggal 13 Februari – 3 Maret 2019, MODO 2019 menghadirkan rangkaian acara seperti Fashion Show dan Meet and Greet. Penggemar bisa bertemu dengan Doraemon & Friends setiap akhir pekan, Sabtu dan Minggu. MODO Fashion Show 2019 yang menghadirkan brand-brand lokal itu sendiri dilaksanakan di Main Atrium, East Mall level 1 pada tanggal 13 – 14 Februari 2019.

Pada tanggal 13 Februari 2019, merek lokal yang mengisi acara MODO Fashion Show 2019 yakni Ivan Gunawan, Jil by Gloria Agatha, dan Monday to Sunday. Sedangkan tanggal 14 Februari 2019, brand lokal yang tampil yakni Harajuku x Hannie Hananto, 3Mongkis, dan 3rd Day Apparel. Ditambah lagi, brand-brand lokal lainnya yang juga mengisi MODO Pop Up Store seperti SeasonChic, Staycool, Never Too Old, Tutu Toe, dan Chameo Couture.

event acara kegiatan modo mode doraemon fashion show 2019 grand indonesia koleksi rancangan pakaian baju busana designer terbaru runway
Koleksi Harajuku x Hannie Hananto pada MODO Fashion Week 2019 | Foto: IG/@harajuku_h2t

Helena Irma K. Tegoeh, Direktur Al Indonesia menyatakan komitmennya untuk membawa lebih banyak kejutan untuk penggemar Doraemon Indonesia. Salah satunya yakni lewat pergelaran fashion untuk semakin menumbuhkan rasa cintanya terhadap Doraemon. Karya-karya desainer ternama dengan tema berbeda pada MODO Fashion Show 2019 membuat karakter Doraemon menjadi lebih hidup. Ia menambahkan bahwa pihaknya ingin membawa karakter Doraemon ke pasar high-fashion tahun ini. Tidak hanya terbatas pada pakaian yang casual sporty.

Sebagai pembuka, Ivan Gunawan dengan tema “Kuroba” menghadirkan sebanyak 30 look yang meliputi 25 busana wanita dan 5 pakaian pria. “Doraemon sangat detail, sesuai bentuk dan tidak mau mereka-rela. Di project ini saya menggarap koleksi satu tahun mengeluarkan 30 koleksi namanya Kuroba yang berarti sayap. Pada eranya ia berjaya dengan imajinasi tanpa batas,” ujar Ivan dikutip dari Liputan6.com.

Konsep busana gaun malam yang diusung Ivan tidak lah kartunis melainkan berkesan glamor dan elegan. Adapun warna-warna yang dipilihnya yakni hitam, putih, dan gold. Selain itu, Ivan juga menampilkan koleksinya yang berkesan streetwear untuk membidik kaum muda. Menurutnya, ia membutuhkan waktu kurang lebih 1 tahun untuk menghasilkan ke-30 karya tersebut.

“Pengerjaan koleksi saya cukup lama, satu baju berbulan-bulan mulai dari pemikiran konsep pemilihan warna, detail, dan motif butuh waktu panjang. Saya meletakkan karakter di baju nggak mau kartunis, tidak mau yang terkesan anak-anak,” tambah dia.

Pada MODO Fashion Show 2019, Ivan mempersembahkan 1 buah masterpiece yang diperagakan oleh Jesslyn Lim. “Satu koleksi ini hadir dengan bordie sulam benang emas, karakter Doraemon ada di sana sudah jadi. Ada taburan Swarovski dengan total pembelian hampir Rp 50 juta. Di sela-sela kristal di seluruh baju. Ini masterpiece.”

Ivan mengungkapkan bahwa ia membuat masterpiece itu selama 6 bulan. Ia pun menawarkan koleksi mahakaryanya tersebut senilai Rp 250 juta yang hasilnya akan disumbangkan ke anak-anak Indonesia.



Artikel Menarik:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here