Home Arts 15 Nama Perusahaan Top Dunia, Ada Sejarah Unik di Balik Penamaannya

15 Nama Perusahaan Top Dunia, Ada Sejarah Unik di Balik Penamaannya

Sejarah cerita kisah unik di balik nama perusahaan corporate terkenal top dunia beserta makna filosofisnya
Kantor Pusat Toyota di Texas, Amerika Serikat | Foto: austin-ind.com

Highlight.ID – Apa yang pertama kali kamu pikirkan ketika hendak membeli produk? Jika tidak mengenal atau ingat dengan nama merek tentu kamu akan kebingungan saat memutuskan untuk melakukan pembelian. Mengingat pentingnya nama perusahaan yang bagus dan unik, pemilik usaha memilih nama yang cocok untuk bisnisnya dengan merancang sendiri maupun dengan menggunakan jasa konsultasi branding agency yang ahli dalam penamaan perusahaan.

Ide dan inspirasi untuk memberi nama perusahaan bisa datang dan muncul dari mana saja. Sering kita jumpai sang pendiri perusahaan menggunakan namanya sendiri untuk nama perusahaan yang didirikannya. Misalnya IBM yang merupakan akronim dari beberapa frase kata susunan kata. Inspirasi untuk memberi nama perusahaan juga bisa muncul dari kamus, seperti pada Reebok dan Amazon.com atau dari novel seperti pada Starbucks dan Lotte.




Perkembangan bisnis dan perekonomian sangatlah dinamis, susah diprediksi, dan terus saja berubah. Tak terkecuali dalam penamaan perusahaan yang juga mengalami evolusi berupa pergantian nama. Perubahan nama perusahaan tentu ada sebabnya. Misalnya saja adanya penggabungan dua perusahaan atau merger seperti yang terjadi pada Unilever dan Standard Chartered.

Berbagai nama perusahaan yang beredar mungkin saja sudah kamu kenal karena perusahaan tersebut telah memiliki reputasi. Namun apakah kamu tahu sejarah dan arti di baliknya? Jika kita tengok lebih dalam, nama-nama perusahan yang kita kenal memiliki sejarah dan kisahnya yang unik. Selanjutnya, mari kita simak sama-sama di bawah ini.

Baca Juga: Buka Usaha? Ini Cara Memilih Nama Brand yang Bagus Disertai dengan Contoh





Nama-nama Perusahaan Terkenal di Dunia dan Makna Filosofisnya

1. Starbucks

Berdiri pada tahun 1971 di Seattle, Washington, Starbucks telah menjadi jaringan kedai kopi (coffee shop) terbesar di dunia. Menurut situs resminya, Starbucks memiliki 24.000 retail store yang tersebar di 70 negara. Bukan hanya kedai kopi biasa, Starbucks telah menjadi ikon gaya hidup masyarakat urban perkotaan.

Namun pernahkah kamu bertanya-tanya apa arti dan sejarah nama Starbucks? Seperti dituturkan oleh co-founder Starbucks Gordon Bowker, seseorang melihat sebuah peta yang terdapat pertambangan tua bernama Starbo. Saat ia mendengar nama Starbo, ia lalu teringat dengan Starbucks, salah satu karakter dalam sebuah novel populer Moby-Dick, karya dari penulis terkenal Herman Melville. Terinspirasi dari karakter dalam novel itulah, nama Starbucks muncul dan menjadi brand kedai kopi yang populer di seluruh dunia.

2. Nike

Sepatu Nike sudah menjadi merek favorit yang sering dipakai oleh banyak orang mulai dari anak-anak hingga dewasa. Nama Nike diambil dari mitologi Yunani kuno yang merupakan dewi kejayaan dengan simbol “swoosh” yang sangat terkenal itu. Dalam mitologi Yunani, dewi Nike disimbolkan memiliki kemampuan terbang dan berlari. Hal itu selaras dengan perusahaan Nike yang pada awalnya memproduksi sepatu running.

Baca Juga: 6 Tahapan Membuat Nama Brand yang Bakal Diingat Orang

3. Microsoft

Mendengar nama Microsoft, pasti terpikirkan nama Bill Gates. Padahal yang menciptakan nama Microsoft adalah Paul Allen yang juga merupakan pendiri perusahaan software komputer tersebut. Nama Microsoft diambil dari kata “microprocessor” dan “software” yang mencerminkan misi perusahaan untuk menyediakan berbagai macam software atau perangkat lunak untuk komputer.

4. Adidas

Merek sepatu branded ini pasti sudah kamu kenal, Adidas. Sepatu adidas banyak digemari oleh semua kalangan yang menawarkan beragam sepatu olahraga, sepatu sneakers maupun aneka ragam produk fashion seperti jaket, tas, topi hingga parfum.

Apa sih arti nama adidas? Brand sepatu terkenal ini memulai sejarahnya di negara Jerman saat berkecamuk perang dunia ke-2. Saat itu, ada dua orang bersaudara yang bernama Adolf (Adi) Dassler dan Rudolf Dassler. Keduanya lalu merintis bisnis sepatu. Saat bisnis mereka berjalan, keduanya berseteru karena berbeda pendapat soal politik dan Rudolf Dasler akhirnya meninggalkan saudaranya. Adi Dassler tetap di tempat semula dan sepatu produksinya diberi nama Adidas yang merupakan singkatan dari namanya sendiri.

Baca Juga: Cerita Unik di Balik 17 Nama Merek Terkenal di Dunia

Sejarah cerita kisah unik di balik nama perusahaan corporate terkenal top dunia beserta makna filosofisnya
Kantor Pusat Lego di Billund, Denmark | Foto: travelbaboo.com

5. Lego

Lego adalah jenis permainan yang sangat populer dan akrab terutama bagi anak kecil yang masih suka bermain. Permainannya berupa benda kotak-kotak berwarna warni yang kemudian disusun menjadi aneka macam bentuk yang unik. Bukan cuma untuk bermain, Lego juga bisa merangsang kecerdasan dan kreativitas anak. Nama Lego diambil dari kata Denmark “leg godt” yang berarti “bermain dengan baik”.

6. Samsung

Samsung, merek gadget yang berbasis di Seoul, Korea Selatan ini merajai pasaran handphone dengan sistem operasi android andalannya. Apa arti Samsung? Nama itu merupakan bahasa Korea (hanja) Samsung (三星), dari kata “sam” berarti “tiga” dan “sung” artinya “bintang”. Dari kombinasi kata tersebut, Samsung bisa diartikan sebagai “tiga bintang”. Angka tiga itu sendiri memiliki makna sesuatu yang “besar, banyak, dan ampuh”.

7. Standard Chartered

Pada tahun 1852, Ratu Victoria mempersembahkan Royal Charter kepada James Wilson. Beberapa tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1859, James Wilson mendirikan The Chatered Bank di Mumbai, Kolkata (keduanya di India), dan Shanghai (China). Di waktu dan tempat yang lain, John Paterson mendirikan bank bernama The Standard Bank yang didirikan di London, Inggris dan kemudian beroperasi di Afrika Selatan. Kedua bank tersebut menggabungkan diri atau merger menjadi Standard Chartered.



Baca Juga: Tips Memilih Nama Salon Kecantikan yang Tepat

8. Toyota

Awalnya, mobil yang diproduksi di Jepang ini dinamakan “Toyoda” yang diambil dari nama pendirinya Kiichiro Toyoda. Dalam perkembangannya, nama tersebut diganti menjadi Toyota. Alasannnya, dalam penulisan huruf Jepang, Toyoda (豊田) memiliki 9 strokes sedangkan Toyota (トヨタ) memiliki 8 strokes. Delapan dianggap sebagai angka keberuntungan dalam kebudayaan Jepang. Oleh karena itu, Toyota dipilih sebagai nama perusahaan yang dipakai hingga kini.

9. Reebok

Sejak sekian lama, Reebok menjadi merek sepatu yang populer di dunia. Perusahaan sepatu Reebok didirikan oleh J.W. Foster and Sons sejak tahun 1958 dan menjadi bagian atau anak perusahaan Adidas sejak tahun 2005. Nama Reebok diambil dari kamus Afrika Selatan, setelah cucu sang pendiri menemukan kata “grey-rhebok”, sejenis hewan Afrika bernama antelope.

10. Amazon.com

Amazon.com merupakan situs e-commerce yang paling populer di dunia dan berbasis di Seattle, Washington. Nama Amazon dipilih oleh Jeff Bezos, sang pendiri Amazon.com, setelah ia menemukan kata tersebut dalam kamus yang berarti sebuah tempat yang eksotis dan berbeda. Satu hal lagi, Amazon merupakan sungai terbesar di dunia dan Jeff Bezos ingin menjadikan tokonya sebagai yang terbesar di dunia.

11. Nikon

Merek kamera ini pasti sudah sangat dikenal, yaitu Nikon yang berasal dari Jepang. Sejak tahun 1946, nama Nikon digunakan yang merupakam gabungan dari kata Nippon Kōgaku (日本光学) yang berarti “Japan optical” dan kata “Ikon”.

Baca Juga: 10+ Brand Terkenal yang Berkualitas Internasional Ini Ternyata Buatan Indonesia

12. Subaru

Subaru merupakan brand mobil terkenal asal Jepang yang telah berdiri sejak tahun 1953 dengan kantor pusatnya di Tokyo. Nama Subaru berarti “bersatu” dalam bahasa Jepang dengan simbol enam bintang yang ditampilkan pada logo atau badge-nya. Dalam mitologi Yunani kuno, Subaru dikaitkan sebagai kumpulan enam bintang dalam konstelasi Taurus. Uniknya, Subaru merupakan merek mobil Jepang yang pertama kali menggunakan kata Jepang sebagai nama brand.

13. Unilever

Perusahaan consumer goods yang berbasis di Rotterdam (Belanda) dan London (Inggris) ini memiliki ratusan brand terkenal yang dipasarkan di berbagai supermarket hingga toko-toko kelontong di penjuru dunia. Unilever lahir berkat adanya merger dua perusahaan yaitu Margarine Unie – perusahaan margarin asal Belanda – dan Lever Brothers – perusahaan asal Inggris yang memproduksi sabun.

14. IBM

Perusahaan teknologi komputer yang berbasis di New York ini dulunya bernama “Computing-Tabulating-Recording Company” sebelum akhirnya menjadi IBM. Nama “IBM” merupakan kependekan dari “International Business Machine” yang tentunya lebih familiar dan lebih mudah diingat oleh orang.

15. Uniqlo

Merk pakaian Uniqlo banyak ditemukan di mall-mall terkemuka dan menawarkan beragam model pakaian casual terbaru untuk pria maupun wanita. Seperti namanya, merek pakaian ini juga memiliki sejarah yang unik. Awalnya, nama yang hendak dipatenkan sebagai merek adalah “uni-clo” dari kata “unique clothing”. Namun, pada saat proses administrasi pendaftaran merek tersebut, terjadi kesalahan dari yang seharusnya tertulis huruf “c” menjadi huruf “q”. Sejak saat itulah Uniqlo digunakan menjadi merek fashion yang dikenal di berbagai negara.