
Highlight.ID – Beragam cara bisa dilakukan untuk memperoleh penghasilan lewat media sosial. Semakin banyaknya platform media sosial juga memudahkan siapapun untuk mempublikasikan aneka macam konten mulai dari foto hingga video. Munculnya aplikasi ediiting foto, video, dan suara mendorong siapa saja untuk membuat konten ternasuk yang berkaitan dengan makanan.
Berawal dari hobi makan, Johana Ariel Suhendra tertarik untuk me-review ragam makanan yang ditawarkan warung makan atau restoran. Tak berhenti sampai di situ, wanita yang dikenal di dunia maya dengan nama Nanashu mendokumentasikan setiap kegiatan mengulas makanan.
Dalam hal mengulas makanan, Johana mengaku tak terlalu membatasi jenis makanan yang ingin ia cicipi. Menurutnya, setiap makanan enak dan punya ciri khasnya masing-masing. Apalagi di Indonesia. ada banyak sekali jenis-jenis makanan tradisional di setiap daerah.

Awalnya, Johana yang juga menyukai fashion dan musik tidak memerlukan modal banyak ketika memulai profesi sebagai food vlogger. Selain peralatan yang dimiliki, Johana hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp10 ribu untuk bensin motor. Untuk mencicipi makanan di tempat makan, ia juga tak perlu membayar. Itu karena Johana bersama timnya menerapkan sistem barter dalam aktivitas review makanan.
Dengan kata lain, ia bekerja sama dengan pihak tempat makan untuk di-review makananannya. Seiring berjalannya waktu, popularitas Johana semakin menanjak. Itu terlihat dari jumlah pengikutnya di akun Instagram @nanashukulinerbdg yang telah mencapai 280 ribu hingga saat ini.
Baca Juga:
5 Comfort Food Favorit untuk Menemanimu di Rumah
Karena sudah punya banyak followers, Johana kemudian menetapkan tarif tertentu untuk setiap makanan yang di-review. Johana kini telah mempunyai tim sendiri termasuk videografer dan anggota lainnya yang bekerja di belakang layar.
Selain di Instagram, Johana juga aktif di medsos lainnya seperti TikTok yang akunnya sudah terverifikasi. Baginya, menjadi food influencer adalah sesuatu yang menarik karena selain bisa mencoba ragam makanan, ia juga bisa bertemu dengan banyak orang yang bisa menjadi relasi dan mendukung kariernya.
Bahkan, Johana mengaku bahwa food influencer sudah menjadi profesi utamanya sampai sekarang. Ia pun berharap untuk bisa terus eksis dan makin dikenal oleh lebih banyak orang.
Menurut Johana, siapapun yang ingin menjadi content creator untuk konsisten dalam menghasilkan karya-karya terbaiknya. Selain itu, selalu aktif di media sosial juga menjadi penentu kesuksesan seorang content creator.