Home Fashion Hijab Traveler Tampil Stylish Saat Liburan, Ini Dia Rahasianya

Hijab Traveler Tampil Stylish Saat Liburan, Ini Dia Rahasianya

outfit of the day ootd hijab fashion traveler blogger keren gaya kece kekinian ngehits trendy
Gambar: Instagram @indahnadapuspita

Highlight.ID – What we wear defines what we are. Hal ini juga berlaku saat sedang traveling, tentu perlu outfit yang nyaman agar tidak mengganggu mobilitas selama sedang menjelajah destinasi tujuan. Termasuk bagi para hijab traveler, tentu penting untuk tahu pakaian untuk traveling dengan tetap menutup aurat tanpa mengesampingkan kenyamanan.

Dua hal yang pasti saat sedang traveling adalah mobilitas dari satu tempat ke tempat lain, dan kebutuhan untuk merekam momen dan mengabadikannya dengan foto! Tentu penting dong untuk update media sosial kita dengan foto-foto saat sedang berlibur.





So, itu artinya OOTD bagi hijab traveler adalah hal yang penting! Nah, artikel Highlights.id kali ini siap memaparkan untuk kamu aksesoris dan pakaian untuk traveling bagi hijab traveler, lengkap dengan beberapa tip mix and match! Here we go!

Outfit Untuk Hijab Traveler Saat Bepergian

1. Shawl Motif Kekinian

Belakangan, kian populer shawl atau jilbab segi empat yang dicetak dengan motif menarik, tak hanya jilbab yang polos saja. Shawl berbahan voal atau cotton nyaman untuk dikenakan karena bisa menyerap keringat dan tidak membuat gerah. Motif dalam hijab kamu bukan hanya pelengkap pakaian untuk traveling saja loh, justru motif itu bisa membuat kamu tampil standout jika motifnya menarik.

Tip: Pilih motif yang bersifat compliment dengan wajah kamu, entah itu warna pastel atau justru gelap. Ada begitu banyak shawl bermotif yang dijual eksklusif sehingga motifnya tidak pasaran. Terakhir, padukan dengan outfit kamu ya!

Baca juga:

2. Ke Pantai? Gunakan Warna Cerah

Kadang berlibur ke pantai membuat para hijab traveler “mati gaya” karena tetap harus menutup penampilan sementara pengunjung pantai lainnya menggunakan pakaian renang yang relatif terbuka. But worry not, kamu tetap bisa bergaya kok dengan pakaian hijaber yang tepat!

Gunakan warna cerah untuk membuat penampilan kamu senada dengan suasana pantai yang cerah, serta butiran pasir putih. Perpaduan sempurna untuk sebuah foto OOTD, bukan? Pilih atasan dengan warna seperti putih, kuning, atau bermotif yang cerah. Untuk bawahan kamu bisa memilih yang lebih gelap.

Atau, agar lebih terasa suasana di pantainya, gunakan long dress sebagai pakaian untuk traveling kamu di pantai. Kamu juga bisa memilih atasan dengan aksen fringe yang sangat cocok dengan tema pantai!

Tip: Padukan long dress atau pakaian cerah kamu dengan kacamata hitam (but not too big, please) dan topi untuk melindungi wajah dari sinar UV. Untuk bawahan, hindari warna transparan seperti putih atau warna muda lain tanpa motif karena saat terkena air, bisa membuat bagian tubuh terlihat.


3. Monochrome Never Goes Out of Style

Ke mana rencana itinerary liburan kamu hari ini? Explore kota dan segala landmark di dalamnya? Maka outfit dengan nuansa warna monochrome layak jadi pilihan. Warna hitam, putih, dan abu tidak akan pernah lekang oleh waktu, dan tampak netral jauh dari kesan berlebihan.

Pastikan kamu mengenakan pakaian yang nyaman karena tentu perlu waktu seharian untuk keliling kota tanpa sempat berganti baju. Bahan cotton bisa jadi pilihan tepat. Jangan ragu untuk mengenakan celana yang loose seperti kulot untuk membuatmu nyaman.

Tip: Untuk menambah statement dari pakaian untuk traveling kamu, gunakan jilbab, sepatu, atau tas dengan warna yang bukan monochrome.

4. Vest Atau Outer

Jika salah satu tujuan liburan kamu mengharuskan untuk tampil sedikit formal sementara pakaian untuk traveling kamu cenderung casual, cukup tambahkan vest atau outer. Dan voila, kamu akan mendapatkan penampilan yang cukup “rapi” tanpa effort berlebihan. Pilih warna yang netral seperti hitam, hijau army atau beige sehingga bisa dipadupadankan dengan pakaian apapun.

Instagram @luluelhasbu

Tip: Saat mengenakan vest atau outer, gunakan atasan yang sudah berlengan panjang. Jangan menggunakan atasan pendek yang masih mengharuskan kamu mengenakan jaket atau cardigan, ditumpuk lagi dengan vest atau outer. Selain itu, untuk menambah kesan formal kamu juga bisa menggunakan celana suit trousers kotak-kotak yang belakangan sedang hits!

5. Stylish Saat Hiking? Bukan Masalah!

Ternyata agenda liburan kamu adalah mendaki gunung! Pilihan pakaian hijaber untuk hiking tentu tidak sebanyak pakaian untuk traveling ke destinasi lainnya. Biasanya, perpaduan atasan windproof dan celana cargo sudah dirasa cocok.

Namun bagi hijab traveler, ini saatnya mengenakan pakaian yang nyaman dan bergaya boyish. Coba perpaduan kaos dengan manset yang menyerap keringat, dengan celana gunung dengan ukuran slim fit. Kamu juga bisa mengenakan jaket windproof dipadukan dengan celana cargo. Jilbab pun sebaiknya pilih yang segiempat agar tidak menuntut kamu untuk membetulkan jilbab terus menerus.

Tip: Jika pakaian untuk hiking kamu cenderung berwarna plain seperti coklat muda dan hitam, tambahkan aksesoris seperti tas atau sepatu dengan warna terang namun tetap earth tone. Warna seperti mustard bisa jadi pilihan.

6. Saat Traveling di Musim Dingin…

…maka ini saatnya menunjukkan bahwa hijab traveler pun bisa tampil stylish! Jika negara yang kamu tuju sedang bersalju, pastikan membawa sepatu boots. Sepatu yang satu ini selain melindungi kamu dari dingin, juga menambah kesan elegan berkali-kali lipat! Selain itu, coat tebal dan syal juga wajib ada dalam koper kamu.

Jangan berlebihan dengan menggabungkan lebih dari 3 palet warna dalam satu penampilan kamu. Gunakan warna yang senada dan beri statement lewat shawl berwarna terang atau sweater berwarna vibrant.

Tip: Saat traveling di musim dingin, kuncinya adalah mengenakan pakaian berlapis di dalam sehingga bisa menghangatkan. Tapi saat difoto untuk OOTD, yang terlihat hanyalah bagian yang terluar. Untuk menghemat space di koper, kamu sebaiknya memilih luaran yang berbeda-beda, sementara dalaman bisa dicuci dan dipakai kembali. Atau kamu bisa membeli coat di negara tujuan, it will be way cheaper!

Baca juga:

7. Pakaian Earthy Tone

Ide OOTD untuk hijab traveler berikutnya juga layak diperhitungkan. Gunakan warna bernuansa earthy tone terutama jika itinerary liburan kamu hari ini bersentuhan dengan alam seperti taman, perkebunan, atau wisata alam lainnya! Warna earthy tone seperti apa? Seperti yang ada di bumi, mulai dari coklat, hijau pupus, oranye bata, abu, dan tentu saja coklat. Pakaian earthy tone tak pernah ketinggalan zaman dan selalu terlihat menarik!

Tip: Jangan lupa padukan jilbab dengan nuansa earthy tone, plus pakai kacamata hitam saat explore alam di siang hari ya!

8. Celana Kulot dan Rok

Tanpa usaha berlebihan, mengenakan celana kulot atau loose pants akan menjadi bagian dari pakaian hijaber yang menarik. Celana dengan aksen seperti pleat pants juga bisa dipilih bagi kamu yang bosan dengan celana polos. Ingin menggunakan rok? Bisa juga. Padukan saja dengan atasan yang tidak terlalu penuh agar penampilan kamu terasa pas.

Tip: Mengenakan celana panjang loose akan cocok dipadukan dengan sneakers. Saat mengenakan rok, pilih bahan yang nyaman dan sesuai dengan postur tubuh kamu.

So, sudah siap untuk traveling? Setelah membaca beberapa referensi di atas, tak perlu lagi bingung dengan pakaian mana yang harus masuk di koper atau backpack kamu. Book your ticket and leave!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here