Home Arts Dinamika Fashion Show & Elemen-elemen Pendukungnya

Dinamika Fashion Show & Elemen-elemen Pendukungnya

elemen fashion show manfaat tujuan
Fashion show Asia Pacific Rayon (APR) di MUFFEST+ 2022 | Foto: Highlight.ID

Highlight.ID – Platform utama bagi fashion designer untuk memperkenalkan koleksi pakaian terbaru mereka ialah fashion show. Ini memungkinkan desainer untuk memamerkan visi kreatif mereka dan menunjukkan tren terbaru kepada audiens.

Fashion show menjadi tempat di mana tren mode baru diciptakan dan dipopulerkan. Apa yang ditampilkan di runway sering kali mempengaruhi apa yang akan menjadi populer di pasar mode global dalam beberapa bulan ke depan.

Pernahkah kamu menonton fashion show secara langsung? Jika diperhatikan, selain koleksi busana yang ditampilkan di runway, ada beberapa elemen lainnya yang menyokong terselenggaranya acara fashion show.

Elemen Fashion Show

Fashion show melibatkan beberapa elemen utama yang menyusun acara ini dengan baik. Berikut adalah beberapa elemen penting fashion show:

1. Koleksi pakaian

Ini adalah pusat perhatian dari fashion show, yang terdiri dari pakaian-pakaian baru yang dirancang oleh desainer atau rumah mode. Koleksi pakaian yang ditampilkan di fashion show biasanya dirancang untuk menunjukkan kreativitas dan visi desainer.

Berikut adalah beberapa jenis koleksi pakaian yang sering diperagakan:

Haute Couture

Koleksi ini terdiri dari busana mewah dan unik yang dibuat dengan tangan menggunakan teknik tinggi. Haute couture adalah pakaian eksklusif yang dirancang untuk pelanggan tertentu dan sering kali mencerminkan keahlian tertinggi desainer.

Baca Juga:
13 Event Fashion Terbesar di Indonesia yang Paling Dinanti-nanti

Ready-to-Wear (Prêt-à-Porter)

Koleksi ini lebih praktis dan dirancang untuk diproduksi dalam jumlah besar. Ready-to-wear adalah pakaian yang siap dibeli dan dipakai tanpa perlu modifikasi yang signifikan, dan biasanya ditujukan untuk pasar yang lebih luas.

Resort/Cruise Collections

Koleksi ini dirancang untuk musim liburan atau berlibur, sering kali menampilkan pakaian yang cocok untuk cuaca hangat dan destinasi tropis. Mereka biasanya diluncurkan antara koleksi musim semi dan musim gugur.

Pre-Fall & Pre-Spring Collections

Koleksi ini adalah koleksi tambahan yang diluncurkan sebelum musim utama (musim gugur dan musim semi). Mereka menawarkan pilihan tambahan bagi konsumen sebelum koleksi utama dirilis.

elemen fashion show manfaat tujuan
Desainer IFC tampil di JF3 | Foto: Highlight.ID

Capsule Collection

Koleksi ini adalah rangkaian pakaian dengan jumlah terbatas yang dirancang untuk memberikan penawaran yang unik dan eksklusif. Capsule collection sering kali bekerja sama dengan desainer lain atau selebriti.

Menswear, Womenswear, & Kidswear

Fashion show dapat menampilkan koleksi khusus untuk pria (menswear) atau wanita (womenswear), tergantung pada fokus desainer. Beberapa fashion show juga bisa menjadi unisex, menampilkan pakaian yang dapat dipakai oleh kedua gender.

Selain itu, ada pula fashion show yang memperlihatkan aneka koleksi pakaian anak-anak (Kidswear). Meski relatif lebih jarang, fashion show Kidswear menjadi daya tarik tersendiri terutama bagi penonton yang telah memiliki anak.

Modest Fashion

Modest fashion telah menjadi segmen yang semakin menonjol dalam industri mode, dan banyak fashion show kini menampilkan koleksi yang berfokus pada pakaian yang sopan namun tetap stylish.

Modest fashion merujuk pada gaya berpakaian yang menutupi tubuh lebih banyak, sering kali dengan tujuan mematuhi keyakinan agama atau budaya tertentu. Di Indonesia, banyak event fashion week yang memberikan slot khusus bagi modest fashion designer untuk menampilkan karyanya.

Moslemwear

Moslemwear, atau busana Muslim, telah menjadi bagian penting dari fashion show di seluruh dunia, mencerminkan gaya hidup dan nilai-nilai Muslim sambil tetap modis dan trendi. Beberapa elemen kunci dari Moslemwear dalam fashion show termasuk gamis, abaya, baju Koko, jilbab, dan pakaian muslimah syar’i.

Terkadang, moslemwear diidentikkan pula dengan modest fashion. Meskipun ada beberapa kesamaan namun ada perbedaan khusus pada penekanan. Moslemwear biasanya dikhususkan bagi umat muslim sementara modest wear lebih luas pemakaiannya

Sustainable Fashion

Koleksi ini dirancang dengan fokus pada keberlanjutan dan ramah lingkungan. Pakaian dalam koleksi ini sering kali menggunakan bahan daur ulang atau proses produksi yang mengurangi dampak lingkungan.

Avant-Garde

Koleksi ini menampilkan desain yang eksperimental dan inovatif, sering kali menantang norma dan menggabungkan elemen artistik yang tidak biasa. Mereka sering kali lebih konseptual dan tidak selalu praktis untuk dipakai sehari-hari.

Baca Juga:
Cara Memulai Profesi Sebagai Fashion Model Profesional

2. Fashion Model

Model adalah orang-orang yang memperagakan pakaian di atas runway atau catwalk. Mereka harus berjalan dengan percaya diri dan menjaga postur tubuh yang baik untuk menampilkan pakaian dengan cara terbaik.

Model dipilih berdasarkan berbagai kriteria, termasuk tinggi badan, proporsi tubuh, dan kemampuan berjalan di runway. Banyak fashion show kini juga lebih inklusif, memilih model dari berbagai latar belakang, bentuk tubuh, usia, dan etnisitas untuk mencerminkan keragaman masyarakat. Misalmya desainer yang menggandeng artis, selebgram, influencer maupun public figure ternama.

3. Catwalk atau runway

Ini adalah jalur di mana model berjalan sambil memperagakan pakaian. Catwalk biasanya merupakan elemen sentral dari fashion show dan dirancang untuk menyoroti pakaian dengan maksimal.

Catwalk biasanya dirancang untuk memaksimalkan visibilitas pakaian dari berbagai sudut. Ini bisa berbentuk lurus, melingkar, berbentuk huruf T, atau bahkan lebih kompleks, tergantung pada konsep acara dan kreativitas desainer atau penyelenggara acara.

4. Musik & Suasana

Musik dipilih dengan cermat untuk menciptakan atmosfer yang mendukung dan meningkatkan mood dari koleksi yang dipamerkan. Suasana acara, termasuk pencahayaan dan dekorasi, juga penting untuk menciptakan kesan yang sesuai dengan merek dan gaya koleksi.

Musik menentukan ritme berjalan model di catwalk. Kecepatan dan beat musik mempengaruhi cara model berjalan, apakah itu langkah yang cepat dan energik atau lambat dan elegan. Selain itu, musik dipilih untuk mencerminkan tema atau mood koleksi yang ditampilkan.

5. Makeup & rambut

Makeup artist dan hair stylist bekerja sama dengan desainer untuk menciptakan tampilan yang sesuai dengan tema dan konsep koleksi. Tampilan ini menambahkan dimensi artistik pada presentasi pakaian.

Fashion show sering menjadi platform untuk memperkenalkan dan mempopulerkan tren makeup baru. Ini bisa mencakup warna-warna berani, desain artistik, atau teknik aplikasi inovatif.

Baca Juga:
Mau Jadi Model Fashion Show? Ini Kriteria yang Harus Dimiliki

Makeup artist dan hair stylist sering kali diberikan kebebasan untuk bereksperimen dan menampilkan kreativitas mereka. Ini bisa menghasilkan tampilan yang unik dan inovatif, memberikan kesan artistik pada fashion show.

6. Aksesori

Aksesori seperti sepatu, tas, perhiasan, dan lainnya juga merupakan bagian penting dari setiap fashion show. Mereka dipilih dengan cermat untuk melengkapi dan menambahkan nilai estetika pada pakaian.

Desainer sering kali menggunakan aksesori sebagai medium untuk menunjukkan kreativitas dan inovasi mereka. Ini bisa berupa aksesori yang unik dan tidak biasa, seperti topeng artistik, perhiasan skulptural, atau sepatu dengan desain eksperimental.

7. Penonton & atmosfer

Reaksi penonton, yang meliputi pembeli potensial, media, selebriti, dan industri mode lainnya, dapat memberikan umpan balik langsung kepada desainer tentang koleksi yang dipamerkan. Umpan balik langsung penonton bisa berupa tepuk tangan, sorakan, atau bahkan keheningan, memberikan indikasi awal tentang bagaimana koleksi diterima.

Dekorasi dan pengaturan ruang dibuat untuk menciptakan suasana yang sesuai dengan tema acara. Ini bisa mencakup pencahayaan khusus, set panggung, dan elemen dekoratif lainnya.

Dengan menggabungkan semua elemen ini dengan baik, fashion show dapat menjadi platform yang kuat untuk memperkenalkan dan mempromosikan karya desainer serta mempengaruhi tren dalam industri mode.