Home Business Pameran IFRA Business Expo 2024 Dorong Bisnis Waralaba Unggul & Beretika

Pameran IFRA Business Expo 2024 Dorong Bisnis Waralaba Unggul & Beretika

Highlight.ID – IFRA Business Expo ke-22 resmi dibuka pada Jumat, 16 Agustus 2024, di Jakarta Convention Center, Senayan. Acara tahunan yang digelar oleh Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) ini kembali bekerja sama dengan Dyandra Promosindo.

Pameran waralaba terkemuka ini berlangsung mulai 16 – 18 Agustus 2024 di JCC Senayan, dan secara daring dari 16 Agustus hingga 16 September 2024 melalui situs www.ifraindonesia.com.

Pembukaan IFRA Business Expo 2024 secara resmi dilakukan oleh Moga Simatupang, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, yang mewakili Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Zulkifli Hasan. Acara tersebut juga dihadiri oleh Azrulnizam Shah, Counsellor (Commercial) Kedutaan Besar Singapura di Jakarta; Anang Sukandar, Ketua Asosiasi Franchise Indonesia; Daswar Marpaung, Presiden Direktur Dyandra Promosindo; Mars Ega Legowo, Direktur Pemasaran Regional Pertamina Patra Niaga; dan Eko Ricky Susanto, VP Retail Fuel Sales Pertamina Patra Niaga.

Pameran ini menampilkan ratusan peluang bisnis franchise, termasuk dari franchise internasional seperti Singapura dan Korea Selatan.

Dalam sambutannya, Moga Simatupang menyoroti kondisi ekonomi Indonesia yang stabil pada triwulan kedua tahun 2024, dengan tingkat inflasi yang rendah dan terkendali sebesar 2,13% pada Juli 2024. Berdasarkan data Kementerian Perdagangan, pertumbuhan waralaba juga meningkat 5% dibandingkan tahun sebelumnya.

“Di sisi lain, lapangan usaha kontribusi utama dalam PDB masih ditopang oleh industri pengolahan yang tumbuh 3,95% year-on-year sedangkan pertumbuhan tertinggi dipelihara oleh sektor akomodasi, makanan, minuman yang tumbuh sebesar 10,17%,” ucap Moga Simatupang.

Dari pertumbuhan perekonomian tersebut, beliau mengapresiasi perhelatan IFRA Business Expo 2024 yang secara konsisten memberikan kontribusi berharga untuk pembangunan nasional khususnya sektor waralaba. Menurutnya, pertumbuhan ini juga didukung oleh adanya penyelenggaraan acara-acara berskala nasional dan internasional. Dengan begitu, beliau berharap kolaborasi nyata pemerintah dan dunia usaha dapat terus berlangsung.

Selanjutnya, Ketua Umum Asosiasi Franchise Indonesia (AFI), Anang Sukandar menyampaikan, “Melalui penyelenggaraan IFRA 2024, kami berharap dapat menciptakan lebih banyak lapangan kerja dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi nasional, juga menjadi jembatan bagi UMKM lokal agar dapat bersaing dengan produk-produk asing dan bisa go international. Di IFRA 2024 menghadirkan business opportunity yang potensial untuk para calon pelaku usaha maupun bagi pengusaha yang ingin mengembangkan bisnisnya menjadi usaha franchise yang unggul dan beretika, sehingga bermanfaat bagi masyarakat dan negara.“

IFRA Business Expo 2024 yang ke-22 mengusung tema “Shaping the Future of Ethical Franchise Business,” dengan komitmen untuk membentuk masa depan bisnis waralaba yang lebih baik. Beragam program menarik telah dirancang dengan cermat untuk memberikan wawasan mendalam, peluang kolaborasi, dan inspirasi bisnis yang bermanfaat.

Program-program tersebut mencakup The 8th IFBCC (IFRApreneur Business Concept Competition), Business Presentation, Celebpreneur Talk Show, Business Classroom, Retirees Seminar, Business Talk Show, Business Matching, Interactive Quiz & Lucky Draw, Meet The Experts, IFRA Awards & Gathering, IFRA Expo, Business Mascot Competition, IFRA Business Podcast, serta program baru tahun ini yaitu IFRA Content Clash, IFRA Poster Competition, dan IFRA Women’s Talk.

Dengan penyelenggaraan ini, diharapkan dapat mendorong pertumbuhan bisnis waralaba yang inovatif, terutama di Indonesia, serta menjadi wadah bagi para pelaku bisnis untuk berkolaborasi dan menemukan peluang pasar yang lebih luas, baik di dalam negeri maupun internasional.

Presiden Direktur Dyandra Promosindo, Daswar Marpaung, menyampaikan “IFRA Business Expo 2024 kembali hadir dan melibatkan 225 perusahaan dengan 325 merek ternama, 70 program pendukung dan menargetkan lebih dari 58.000 pengunjung dalam tiga hari penyelenggaraanya. Dengan berbagai rangkaian acara yang inspiratif, diharapkan dapat membangkitkan semangat kewirausahaan dan mendorong kolaborasi antar pelaku bisnis, baik pada skala lokal maupun global.”

Pameran The 22nd IFRA Business Expo 2024 dibuka dari jam 10:00 – 20:00 WIB. Bagi.pengunjung yang tertarik hadir dapat membeli tiket IFRA tiket senilai Rp60.000 per orang melalui situs www.ifra-indonesia.com/tiket dan pengunjung juga dapat melakukan pembelian tiket secara langsung di Jakarta Convention Center selama acara berlangsung.

Khusus pada tanggal 17 Agustus 2024, dalam rangka memeriahkan HUT RI dan HUT Kompas Gramedia ke-61, IFRA memberikan promo khusus sebesar 61% untuk 610 orang pertama yang membeli tiket secara langsung di JCC.

Untuk informasi lebih lanjut tentang IFRA Business Expo 2024 dan pendaftaran, kunjungi situs resmi IFRA Indonesia di www.ifra-indonesia.com, serta ikuti akun Instagram @ifra_expo.