
Highlight.ID – Pameran kerajinan tangan terbesar di Asia Tenggara, The Jakarta International Handicraft Trade Fair (INACRAFT), kembali hadir pada 5-9 Februari 2025 di Jakarta International Convention Center (JICC). Acara ini akan berlangsung di seluruh hall yang mencakup area ± 24.941 m².
Mengusung tema “From Smart Village to Global Market” yang telah konsisten selama 24 edisi, tahun ini INACRAFT terasa lebih istimewa dengan perayaan ulang tahun ke-25 INACRAFT sekaligus 50 tahun ASEPHI.
Acara dibuka secara resmi oleh Ibu Selvi Gibran Rakabuming Raka, istri Wakil Presiden Republik Indonesia, didampingi oleh sejumlah menteri, termasuk Menteri Koperasi Budi Arie Setiadi, Menteri Kebudayaan Fadli Zon, Menteri Perdagangan Budi Santoso, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Arifah Fauzi, serta Menteri UMKM Maman Abdurahman. Mereka turut memberikan sambutan dalam seremoni pembukaan.
Sebagai tanda peresmian, mereka bersama-sama memukul alat musik bonang dalam prosesi pembukaan yang digelar pada Rabu, 5 Februari 2025, pukul 10.00 WIB di Assembly Hall, JICC. Tahun ini, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadi ikon utama, menghadirkan musik dan tarian khas Yogyakarta yang dibawakan oleh Dinas Kebudayaan DIY.
Usai pembukaan, Ibu Selvi Gibran Rakabuming Raka bersama Ketua Umum BPP ASEPHI, Bapak Muchsin Ridjan, melakukan peninjauan pameran didampingi oleh organisasi Seruni (Solidaritas Perempuan untuk Indonesia) Kabinet Merah Putih. Tak lama kemudian, kunjungan ini dilanjutkan oleh Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka.
Sejalan dengan konsep “Sustainability and Collaboration”, INACRAFT menghadirkan berbagai inisiatif kolaboratif, salah satunya proyek “Mbatik 25 Meter” yang merepresentasikan perjalanan 25 tahun INACRAFT. Menteri UMKM Maman Abdurahman bersama Muchsin Ridjan memulai pewarnaan pertama pada kain dengan pewarna alami. Sepanjang pameran, pengunjung juga dapat berpartisipasi dalam menghias kain ini dengan motif perjalanan INACRAFT, yang dipajang di Selasar Main Lobby, JICC.
Demi mendukung keberlanjutan, INACRAFT menggandeng Wastehub sebagai mitra pengelolaan sampah acara. Pengunjung diajak untuk memilah sampah dengan cara yang bertanggung jawab.
Provinsi DIY, yang menjadi ikon utama tahun ini, mengusung sub-tema “The Cosmological Axis of Yogyakarta, Living in Harmony” dan menghadirkan berbagai acara khas Yogyakarta, termasuk Mini Carnaval of Jogja. Dalam karnaval ini, terdapat Gunungan yang menjadi simbol rasa syukur atas terselenggaranya INACRAFT. Gunungan ini berisi berbagai produk kerajinan yang dapat diambil oleh pengunjung setelah diberikan terlebih dahulu kepada Sri Paduka Paku Alam X dan tamu undangan, bersama dengan prosesi Banca’an.
Untuk meningkatkan pengalaman berbelanja, ASEPHI menerapkan sistem zoning product, yang mengelompokkan produk berdasarkan kategori seperti batik, tenun, songket, perhiasan, aksesori, fesyen, fesyen muslim, bordir, ecoprint, perlengkapan rumah tangga, dekorasi, alas kaki, tas, mainan, serta berbagai produk lainnya. Selain itu, tersedia juga area Talam (Kuliner Nusantara) bagi para pengunjung yang ingin menikmati ragam hidangan khas Indonesia.
INACRAFT turut mendapatkan dukungan internasional dari World Craft Council (WCC) dan ASEAN Handicraft Promotion & Development Association (AHPADA) melalui International Pavilion di Assembly Hall.
Sebagai bentuk kontribusi yang semakin luas di tingkat global, ASEPHI kini menjadi salah satu Executive Board (Vice President) World Craft Council Asia Pacific Regions periode 2025-2028. Selain itu, ASEPHI juga ditunjuk sebagai tuan rumah board meeting WCC APR, yang akan dihadiri oleh perwakilan dari 12 negara untuk merancang program kerja bagi masa depan industri kerajinan berkelanjutan.
Selain produk-produk menarik dan berkualitas, INACRAFT menyediakan dua stage dengan berbagai program pendukung (Insight Program) yang berlokasi di Selasar Main Lobby (Icon Stage DIY) dan Hall B. Terdapat Craft Talks, Craft Workshop, INACRAFT Forum, dan Cultural Performance yang menampilkan kesenian Indonesia. Selain itu, juga ada Fashion Show, Business Matching, serta INACRAFT Award, yang merupakan bentuk apresiasi kepada para perajin dan pengusaha Indonesia yang telah menunjukkan keunggulan dan inovasi dalam karya mereka.
Penghargaan ini diberikan kepada produk-produk terbaik yang telah melalui proses seleksi ketat oleh juri profesional sesuai dengan standar World Craft Council. INACRAFT Award akan dilaksanakan dalam acara “The 25th INACRAFT Anniversary – Celebrating 25 Years of Legendary Crafting Experiences”, yang diselenggarakan untuk menyambut tamu VIP, mitra, dan pemangku kepentingan yang berkontribusi dalam kesuksesan INACRAFT. Pada acara spesial ini, INACRAFT juga akan berkolaborasi dengan brand-brand dari mancanegara seperti Uzbekistan, Kazakhstan, Tajikistan, dan Turkmenistan.
Tak ketinggalan, ada Digicraft Lounge yang selalu hadir secara offline maupun online dengan acara Podcraft, bincang-bincang mengenai dunia kerajinan bersama para penggiat kerajinan Indonesia. Tahun ini, pameran INACRAFT akan diikuti oleh total 1.061 stand, terdiri dari:
- Peserta individu: 729 peserta
- Peserta dari Kementerian/Dinas: 199 stand
- Peserta dari BUMN: 25 stand
- Peserta dari luar negeri: 19 stand
- Ikon DIY: 26 island yang diisi oleh beberapa kementerian dan mitra INACRAFT
Peserta Talam (Kuliner Nusantara): 62 peserta
INACRAFT menargetkan 100.000 pengunjung dengan 1.000 buyers dari luar negeri, serta menetapkan target transaksi retail sebesar Rp100 miliar, dengan kontrak dagang yang diharapkan mencapai USD 1,5 juta.
Dukungan dan Kolaborasi
INACRAFT 2025 tidak lepas dari dukungan berbagai pihak, seperti Pertamina, Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (AHU), Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO), serta Shop Tokopedia sebagai sponsor. Tahun ini, INACRAFT juga menjalin kerja sama dengan Bank Mandiri sebagai Official Banking Partner.
Sebagai bagian dari momen bersejarah ini, Bank Mandiri mendukung penyelenggaraan INACRAFT ke-25 sejalan dengan komitmennya dalam mendukung sektor UMKM dan industri kreatif. Bank Mandiri juga menghadirkan berbagai program menarik, mulai dari penukaran Livin’ Poin, cashback spesial, hingga raffle dengan hadiah eksklusif.
Untuk menunjang fasilitas pendukung, INACRAFT bekerja sama dengan beberapa Official Partners, antara lain:
- Official Logistic Partner: Pos Indonesia
- Official Ticket Partner: Doku
- Official Shuttle Partner: Big Bird
- Official Hotel Partner: Mangkuluhur Artotel Suites, Artotel Gelora Senayan, Somerset Sudirman Jakarta, Harris Suites FX Sudirman, dan Best Western Senayan
- Official Mall Partner: Grand Metropolitan Bekasi, Summarecon Mall Serpong, Margo City Depok, dan Emporium Mall Pluit (menyediakan shuttle gratis untuk pengunjung)
- Official Hospital Partner: Eka Hospital (menyediakan tenaga medis untuk penanganan darurat)
- Official Make Up Partner: Wardah
- Official Multimedia Partner: Karindo
Tiket dan Informasi Pameran
Pameran INACRAFT dibuka untuk umum pukul 10:00 – 21:00 WIB, dengan harga tiket masuk Rp35.000. Pengunjung dapat membeli tiket melalui pre-registration di website official INACRAFT (inacraft.co.id) atau secara langsung di ticket box yang tersedia di venue pameran.
Khusus pembayaran menggunakan Bank Mandiri, tersedia diskon harga tiket menjadi Rp25.000 untuk 50 tiket pertama setiap harinya. Pengunjung juga dapat menukarkan 300 poin Livin’ Mandiri untuk mendapatkan 1 tiket INACRAFT, dengan kuota 50 tiket per hari.
Informasi lebih lanjut mengenai agenda kegiatan dapat dilihat melalui:
- Website: www.inacraft.co.id
- Media sosial: Facebook, Instagram, TikTok @weareinacraft
- YouTube Channel: We Are INACRAFT